Cara Membedakan Kampas Rem Ori dan KW yang Perlu Diketahui

cara membedakan kampas rem ori
Perbedaan kampas rem ori dan kw bisa dilihat dengan jelas. Foto: Ist/Net

Cara membedakan kampas rem ori dan kw tidaklah sulit untuk dilakukan. Pasalnya, perbedaannya dapat dilihat secara langsung dengan jelas.

Mengingat fungsi penting kampas rem dalam keamanan saat berkendara, maka cara  membedakan mana yang ori dengan kw perlu untuk diketahui.

Cara Membedakan Kampas Rem Ori dan KW

Membeli kampas rem, memang tidak harus selalu dilakukan di toko resmi. Anda dapat membelinya di tempat-tempat terdekat yang menyediakannya.

Namun kendalanya, terkadang tak semua penjual berlaku jujur. Menukar kampas rem ori dengan yang palsu atau kw sering terjadi.

Itulah alasannya mengapa penting mengetahui kampas rem yang asli dengan yang palsu. Tujuannya agar kita tidak merasa dirugikan.

Baca Juga: Rem Cakram Mobil Seperti Berkarat, Atasi dengan Trik Jitu Ini

Selain itu, penggunaan kampas rem yang kw dapat mengganggu kinerja motor. Terutama bisa membuat pengereman tidak pakem dan merusak disc brakenya.

Sebagai pembeli dan pengguna yang teliti dan jeli, gunakan cara membedakan kampas rem ori dan kw berikut ini.

Kemasan yang Aneh

Cara yang dapat dilakukan untuk membedakan kampas rem ori dengan kw pertama kali dapat dilihat pada kemasannya. Melalui kemasan ini, akan tampak terlihat perbedaannya.

Untuk lebih mudah melakukan pengamatan, terdapat indikator yang dapat diperhatikan. Misalnya hologram yang disertai logo perusahaan.

Kemasan kampas rem yang ori memiliki stiker hologram dengan logo perusahaannya. Sedangkan kemasan kampas rem kw dilengkapi pula dengan hologram, tetapi tidak menyertakan logo perusahaan tertentu.

Cara ini memang membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Jika tidak dicek dengan seksama, perbedaan ini tidak dapat terlihat dengan pasti.

Selain itu, cara lebih mudah dalam melihat kemasannya, ada atau tidaknya alamat pabrik pembuatannya.

Pada kemasan kampas rem ori, jelas tertera alamat pabrikannya. Sedangkan kemasan kampas rem yang kw hanya menyertakan logo tanpa adanya alamat.

Harga Miring

Cara membedakan kampas rem ori dan kw selanjutnya, terlihat dari harga murah yang ditawarkan. Mungkin sebagian orang tergiur dengan penawaran ini.

Namun harus diwaspadai, betul asli atau malah justru palsu. Perlu untuk selalu diingat, kampas rem asli dengan yang kw memiliki jarak harga yang jauh.

Sehingga dalam membedakannya pun lebih mudah. Kampas rem yang asli selalu memiliki harga standar di pasaran.

Jika anda menemukan produk yang sama tetapi harganya lebih murah, patut untuk dicurigai. Jangan-jangan kampas rem yang ditawarkan memang palsu.

Meskipun tidak semua kampas rem murah itu kw. Hal semacam ini tidak ada salahnya untuk diperhatikan.

Kondisi Kampas Rem

Cara membedakan kampas rem ori dan kw berikutnya, juga dapat dilihat dari kondisinya. Dilihat sekilas, mungkin akan tampak sama.

Namun jika dipegang dan diamati akan terlihat perbedaannya. Kampas rem ori, saat dipegang terasa lebih empuk.

Kondisi kampas yang demikian memiliki kualitas yang bagus. Saat terpapar suhu mesin yang panas, kampas rem asli kuat dan juga pakem.

Sedangkan kampas rem yang kw cenderung lebih keras. Saat terkena suhu panas justru malah memakan permukaan cakram.

Adanya Kode Produksi

Cara ini sama halnya dengan melihat pada kemasan kampas remnya. Setiap perusahaan dengan lisensi yang baik akan selalu memberikan kode produksi di kemasannya.

Kampas rem yang ori, di kemasannya terdapat kode produksi dari perusahaan terkait. Biasanya tertulis dalam bentuk angka, huruf, atau angka dan huruf.

Sedangkan kampas rem kw, di kemasan tidak ada kode produksinya. Cara membedakan kampas rem ori dan kw yang satu ini cukup mudah dilakukan. Setidaknya hanya berbekal kecermatan dan ketelitian.

Kemampuan Saat Digunakan

Cara yang terakhir ini, terlihat ketika anda sudah terlanjur menggunakannya. Kampas rem yang dipasang pada motor kemudian digunakan, secara otomatis akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Dengan kata lain kampas rem sesuai dan juga pakem. Ini berlaku bagi kampas rem yang ori. Untuk kampas rem KW, tidak demikian. Saat dipasang dan digunakan, justru tidak terlalu pakem.

Kampas rem ori tidak akan mudah aus dan rontok. Karena bahannya yang terbuat dari non asbestos serta diberi tambahan tembaga.

Inilah yang kemudian membuat kampas rem ori semakin kuat. Kampas rem kw hanya terbuat dari asbestos tanpa imbuhan tembaga.

Dengan bahan pembuatannya, kampas rem kw akan cepat aus dan kurun waktu penggunaannya hanya sebentar.

Demikianlah cara membedakan kampas rem ori dan kw yang dapat anda lakukan sendiri. Jadilah pembeli dan pengguna yang cerdas sehingga tidak akan dirugikan. (R10/HR-Online)