Cara Membersihkan Layar TV LED, Ingat Jangan Asal!

Cara Membersihkan Layar TV LED

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Cara Membersihkan Layar TV LED, Ingat Jangan Asal!. Membersihkan layar TV LED tampaknya menjadi hal sederhana dan remeh untuk sebagian besar orang.

Memang, tidak perlu tindakan khusus untuk bisa menghilangkan debu halus yang berada pada layar TV. Namun jika Anda menggunakan cara yang tepat, tentu akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Cara Membersihkan Layar TV LED

Matikan Layar

Saat Anda menonton tv dan layar dalam keadaan hidup, biasanya itu menyebabkan jadi panas. Nah, saat Anda ingin membersihkan layar TV, sebaiknya tunggu beberapa saat setelah dimatikan dan suhu lebih dingin.

Ketika dalam keadaan dingin, listrik statis sudah berkurang dari TV dan membersihkan debu yang menempel jadi lebih mudah dilakukan.

Gunakan Kain Mikrofiber Kering

Ambil kain mikrofiber kering sebagai alat pertama membersihkan layar TV. Gosok pelan dari atas ke bawah dan bentuk lingkaran.

Biasanya, kain satu ini ampuh untuk angkat debu dan minyak, tapi jika dirasakan kurang optimal, Anda bisa celupkan kain ke air untuk melakukan pembersihan.

Jika Anda ingin menggunkan air untuk membersihkannya, jangan sampai basah karena bisa menyebabkan jamur dan layar jadi basah.

Hindari juga menyemprot air secara langsung ke arah TV karena air bisa membasahi seluruh komponen pada tv tersebut.

Hindari membersihkan dengan menekan terlalu keras, karena layar LED sesungguhnya sangat sensitif dan jika ditekan terlalu keras bisa menyebabkan retak.

Juga jangan gunakan tissue atau pembersih berbahan kertas lain, sebab ini bisa membuat layar tergores.

Baca Juga: Perbedaan TV LCD dan TV LED, Ternyata Begini!

Membersihkan Layar dengan Sabun Cuci Piring

Cara Membersihkan Layar TV LED tadi ternyata belum bisa menghilangkan noda membandel.

Jika demikan, coba campurkan dua tetes sabun cuci piring ke dalam sebuah gelas kecil yang sebelumnya sudah diisi air. Aduk sampai kedua cairan itu tercampur, masukkan kain halus ke dalamnya.

Bersihkan area yang kotor dengan kain yang sudah basah tadi dengan perlahan. Kemudian, bilas bagian tadi dengan kain basah tanpa sabun dan keringkan.

Baca Juga: TV LED Terbaru, Spesifikasi dan Harganya

Pakai Cutton Bud untuk Bersihkan Bagian yang Tidak Terjangkau

Dalam sebuah layar TV, biasanya ada bagian atau sudut-sudut yang sulit untuk dibersihkan dengan kain dan jari tangan.

Untuk menyiasatinya, gunakan cutton bud yang sudah dibasahi sebagai solusi. Namun jika tidak kunjung bersih, tambahkan sedikit sabun cuci piring dan gosok pelan dengan cutton budnya.

Oia, hindari menggunakan sabun pembersih kaca untuk membersihkan layar TV, apalagi jika menggunakan LED screen.

Seperti yang sudah disampaikan, layar LED cukup sensitif dan kandungan sabun pembersih kaca terlalu kuat dan bisa merusak bagian terdepan layar.

Nah, itulah Cara Membersihkan Layar TV LED yang cukup sederhana dan bisa Anda langsung praktekkan di rumah. Selamat mencoba! (Deni/R4/HR-Online)

Loading...