Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir, Ini Solusinya

Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir
Ilustrasi ponsel terendam air. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi ponsel terendam banjir menjadi tutorial yang paling banyak dicari. Sebab, kini banjir menjadi masalah utama yang terjadi di perkotaan.

Apalagi saat ini hujan datang tidak menentu. Banyak orang yang merasa kesulitan dengan datangnya banjir. Bahkan ada saja masalah yang datang ketika musim hujan terkait dengan banjir. Apalagi di beberapa kawasan Jabodetabek yang menjadi langganan banjir.

Bagaimana Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir?

Banjir merupakan fenomena yang lazim terjadi di Indonesia. Banjir yang terjadi juga lebih identik dengan kawasan perkotaan.

Masalah banjir yang terjadi di ibu kota kini menjadi fokus utama. Bahkan sudah menjadi viral. Sebab, hampir setiap turun hujan selalu terjadi banjir.

Banjir yang terjadi di kawasan Jabodetabek memang sudah mendapat penanganan. Namun sampai saat ini banjirnya cukup parah.

Baca Juga: Penyebab HP Cepat Panas dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Salah satu masalah yang seringkali terjadi adalah kesehatan. Kemudian terendamnya beberapa alat-alat elektronik dan peralatan lainnya.

Ponsel yang terendam banjir juga menjadi salah satu masalah yang dirasakan banyak orang. Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengatasi ponsel terendam banjir. Sebab, ponsel yang terendam banjir kemungkinan mati.

Begitupun dengan alat-alat elektronik yang lainnya. Untuk itu, anda harus melakukan beberapa tindakan agar ponsel tetap aman meskipun kemungkinannya sedikit. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa cara di bawah ini.

1. Gunakan Kain Untuk Mengeringkan Ponsel

Pada umumnya, alat elektronik yang terendam banjir akan basah hingga bagian dalam. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengeringkan ponsel menggunakan kain.

Usahakan kain yang digunakan lembut dan tidak merusak ponsel. Cara mengeringkannya juga tidak boleh sembarangan. Sebab, air yang ada di ponsel bisa tersebar ke berbagai celah.

2. Hindari Penggunaan Hair Dryer atau Tiupan

Cara mengatasi ponsel terendam banjir yang selanjutnya adalah menghindari penggunaan hair dryer. Mengapa penggunaan hair dryer tidak diperbolehkan? Sebab, tiupan angin dari hair dryer dapat menambah kerusakan.

Banyak orang mengira bahwa penggunaan hair dryer sangat direkomendasikan. Tetapi hal tersebut sangat dilarang. Hal ini juga ditujukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada ponsel.

3. Matikan Ponsel Segera

Terkadang ada ponsel yang masih hidup ketika sudah terendam air. Namun anda harus segera mematikan ponsel tersebut.

Jika ponsel anda masih hidup, maka segera matikan dan jangan diisi daya. Jangan menggerakkan ponsel seperti menggoyang-goyangkannya,

Anda harus mengambil kain untuk mengeringkannya. Hal yang perlu diingat adalah jangan menekan tombol apapun. Sebab, hal tersebut dapat memperparah kerusakan pada ponsel.

4. Melepas Kartu SIM dan SD Card

Cara mengatasi ponsel terendam banjir yang selanjutnya adalah melepas kartu SIM. Tidak hanya kartu SIM saja, tetapi juga kartu SD. Hal ini dilakukan agar kartu tersebut tidak rusak.

Dengan melepas SD card, maka data yang tersimpan tidak akan hilang. Hal ini perlu anda lakukan untuk mencegah data yang raib.

Terkadang banyak orang yang membiarkan kartu SIMnya masih terpasang. Hingga akhirnya kartu SIM tersebut mengalami eror. Meskipun perangkat ponsel sudah pulih.

5. Coba Nyalakan Setelah Beberapa Hari

Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk menyalakan ponsel. Namun anda harus memastikan bahwa ponsel tersebut benar-benar kering.

Cara mengatasi ponsel terendam banjir ini bisa dilakukan terakhir. Anda bisa memperkirakan waktu hingga ponsel benar-benar kering.

Kurang lebih dua sampai tiga hari saja. Setelah itu, anda bisa menyalakan ponsel tersebut. Jika ponsel kembali menyala, maka masih bisa berfungsi. Begitupun sebaliknya jika tidak bisa dinyalakan.

6. Merendam Ponsel ke Dalam Beras

Cara yang satu ini merupakan alternatif yang sering digunakan oleh beberapa orang. Cara ini memang terdengar tradisional, namun hasilnya memang menakjubkan.

Banyak orang yang sudah membuktikannya sendiri. Hasilnya pun memuaskan, ponsel yang semula mati bisa hidup kembali.

Beras memang ampuh dalam hal menyerap air. Tidak heran jika ponsel cepat kering jika direndam di dalam beras. Cara ini bisa anda terapkan ketika mengetahui bahwa ponsel sudah basah kuyup.

Beberapa cara diatas bisa anda terapkan dengan mudah. Ponsel yang terendam banjir memang rawan rusak dan tidak bisa menyala lagi. Namun anda harus menerapkan cara mengatasi ponsel terendam banjir diatas untuk memastikan. (R10/HR-Online)

Loading...