Selasa, Mei 17, 2022
BerandaArtikelCara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru, Berkendara Semakin Nyaman

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru, Berkendara Semakin Nyaman

Cara menghilangkan bau kabin mobil baru cukup menarik untuk dilakukan. Memang sebagian orang merasa terganggu dengan baunya.

Bau yang ditimbulkan dari kabin mobil baru, tidak serta merta ada dengan sendirinya. Biasanya bersumber dari senyawa yang dikeluarkan oleh material bahan pembuatan kabin.

Diantaranya seperti vinil, kulit, plastik, dan bahan lainnya. Sebenarnya bau yang ditimbulkan ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Meskipun demikian, tidak ada salahnya menghilangkan sumber bau demi kenyamanan dalam berkendara.

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru

Sejatinya, tidak semua orang merasa terganggu dengan bau kabin mobil yang masih baru. Ada diantara mereka malah menganggap suatu bau yang harum.

Namun, jika ingin dihilangkan pun, caranya cukup mudah dan simpel. Anda salah satu dari mereka yang merasa terganggu dengan bau kabin mobil baru? Inilah cara menghilangkan bau kabin mobil baru.

Mobil Dijemur

Cara yang satu ini memang sedikit unik. Dimana dalam menghilangkan bau kabinnya dengan memanfaatkan panas sinar matahari.

Untuk melakukannya, bawa mobil baru anda ke halaman yang sekiranya luas untuk parkir. Pastikan tempat tersebut terpapar sinar matahari secara langsung.

Jemur mobil selama 5 hingga 10 menit saja. Tak lupa buka seluruh jendela mobil. Hal ini dilakukan agar sinar matahari dapat masuk ke bagian interior mobil.

Saat panas, senyawa yang terkandung di dalam bahan-bahan pembuatan kabin akan menguap. Perlahan-lahan bau akan hilang. Sehingga sedikit demi sedikit baunya berkurang.

Cara menghilangkan bau kabin mobil baru ini praktis bukan? Selain itu, tentunya juga lebih hemat, tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara selanjutnya, terbilang lebih riweh dibandingkan dengan cara sebelumnya, yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Pasalnya, bahan-bahan alami yang dimaksudkan ini jelas mencari dan memprosesnya sendiri.

Bahan alami ini terdiri dari kulit jeruk, lemon, biji kopi dan juga kayu manis. Dilihat dari jenis bahannya saja terbilang sederhana dan mudah didapat.

Sebagai bahan alami, akan mengeluarkan bau yang segar sehingga bau kabin mobil baru dapat dinetralisir.

Penggunaannya pun tidak bisa secara langsung, melainkan harus diproses terlebih dahulu. Kemudian hasilnya nanti dimasukkan ke wadah khusus. Setelah itu, tinggal pasang di interior mobil layaknya pengharum ruangan.

Biji kopi sendiri bisa langsung digunakan. Hanya perlu memasukkannya ke kantong plastik atau wadah yang diberi lubang.

Sedangkan untuk kulit jeruk, kayu manis, dan lemon harus direbus terlebih dahulu. Air hasil rebusan dituang ke dalam wadah dan siap untuk digunakan.

Cara menghilangkan bau kabin mobil baru yang satu ini memang sedikit memakan waktu. Namun efektif menghilangkan sumber bau kabin yang mengganggu.

Gunakan Pewangi Mobil

Beralih ke cara selanjutnya, cara satu ini sama halnya dengan penggunaan bahan-bahan alami sebelumnya. Secara teknis, menggunakan pewangi mobil cukup praktis dan juga mudah.

Pewangi mobil ini tidak perlu kita yang membuatnya sendiri. Di pasaran sudah tersedia dalam kemasan. Hanya perlu untuk membelinya saja.

Aroma dari pewangi mobilnya pun dapat ditentukan sesuai dengan keinginan. Fungsi pewangi mobil ini sama persis dengan penggunaan bahan-bahan alami.

Dapat menetralisir adanya bau dari kabin mobil baru. Letak perbedaannya, pewangi mobil ini jelas terbuat dari bahan-bahan kimia.

Selain itu, demi menjaga kesehatan pengguna, alangkah baiknya memakai pewangi mobil yang aman dan tidak terlalu menyengat.

Menghidupkan Mesin Mobil

Sebelum berlanjut ke cara menghilangkan bau kabin mobil baru berikutnya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menghilangkannya.

Pastikan dengan benar dari mana bau berasal. Dengan mengetahui sumber baunya secara tepat, penanganannya pun tidak akan salah.

Pada dasarnya setiap brand mobil memiliki masalah sumber bau kabin berbeda-beda saat dalam kondisi masih baru. Untuk itulah tidak bisa langsung asal mengambil tindakan.

Agar tidak terganggu dengan baunya, sebelum mobil digunakan nyalakan mesin terlebih dahulu. Lakukan cara ini selama beberapa menit.

Hal ini bertujuan untuk menyalakan AC yang berfungsi sebagai pendingin kabin. Tak lama kemudian bau dengan sendirinya akan hilang.

Anda pun dapat berkendara dengan nyaman tanpa adanya bau yang mengganggu. Cara menghilangkan bau kabin mobil baru satu ini dapat dilakukan setiap hari. Semakin sering mobil digunakan, semakin cepat pula baunya akan hilang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -