Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisCegah Banjir dan Tanah Longsor, Ketua DPRD Ciamis Tanam Pohon Kawung

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Ketua DPRD Ciamis Tanam Pohon Kawung

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, H. Nanang Permana SH,  bersama masyarakat melakukan kegiatan penanaman pohon kawung di Camping Groud Batu Datar, Dusun Bangbayang Kidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Selasa (04/02/2020).

Rudi Hendra, tokoh masyarakat setempat mengatakan, penanaman pohon kawung yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Ciamis merupakan penanaman lanjutan setelah melakukan penanaman di Desa Sukawening.

“Langkah yang dilakukan oleh Ketua DPRD bersama masyarakat merupakan bukti tanggung jawab dan wujud keprihatinan terhadap lingkungan, dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ungkap Rudi.

Rudi mengapresiasi penanaman pohon kawung yang dilakukan Ketua DPRD Ciamis bersama masyarakat. Selain pohon kawung, masyarakat bersama Ketua DPRD Ciamis juga menanam pohon picung dan pete.

“Apa yang dilakukan oleh Ketua DPRD patut diapresiasi, sebab dengan melakukan penanaman pohon dapat menghijaukan hutan, sekaligus dapat meningkatkan daya tarik wisata ke Camping Groud Batu Datar,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, H Nanang Permana SH, mengatakan, penanaman pohon tersebut merupakan penanaman lanjutan. Tujuannya untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor.

“Melalui penanaman pohon akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim penghujan serta menjaga alam agar tetap lestari,” katanya.

Lanjut Nanang melalui penghijauan juga dapat memperbaiki kualitas air tanah serta bermanfaat untuk lingkungan.

“Pohon kawung, picung dan pete yang ditanam, hendaknya dirawat dan dipelihara dengan baik agar bermanfaat,” tambahnya.

Bahkan, kata dia, tidak menutup kemungkinan, dengan ditanamnya tiga jenis pohon tersebut, ke depannya Bangbayang jadi sentra penghasil gula kawung, picung dan pete. “Itu bukan sesuatu yang mustahil,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online)

- Advertisment -