Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita BanjarCegah Perilaku Menyimpang, IDI Kota Banjar Bina Kalangan Pelajar

Cegah Perilaku Menyimpang, IDI Kota Banjar Bina Kalangan Pelajar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Kota Banjar, Jawa Barat, bersama Dinas Kesehatan Kota Banjar mengadakan sosialisasi dan penyuluhan pencegahan perilaku menyimpang kepada siswa-siswi sekolah di SMPN 1 Kota Banjar, Kamis (27/2/20).

Ketua IDI Kota Banjar, dr. Fuad Hanif, mengatakan, selain program pembinaan dan pengabdian masyarakat, kegiatan penyuluhan tersebut juga untuk mencegah perilaku menyimpang di kalangan pelajar dan usia remaja.

Menurutnya, perubahan perilaku menyimpang pada seseorang itu bisa terjadi sejak mereka berusia dini. sSetelah itu nantinya bisa berkembang menjadi korban dan kemungkinan menjadi predator dengan korbannya juga anak-anak.

“Kami dari IDI ingin memberikan penyuluhan kepada para pelajar baik tingkat SMP atau pun SMA, apalagi sekarang banyak pengaruh media sosial,” kata Fuad kepada awak media.

Dijelaskan Fuad, selain melanggar norma agama lanjut Fuad, perilaku menyimpang tersebut juga sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan seorang anak.

Untuk itu, perlu digalakan upaya pencegahan dengan memberikan wawasan terlebih saat ini pengaruh lingkungan pergaulan dan berkembangnya media sosial sangat besar.

“Rencananya ada beberapa sekolah yang kami kunjungi. Nantinya mereka diberikan edukasi dan pembinaan karakter,” jelasnya.

Sementara itu, Humas SMPN 1 Banjar, Erma Karyanti, menyambut positif agenda tersebut karena menurutnya anak-anak remaja masih tergolong rentan, keingintahuannya tinggi dan selalu ingin coba-coba.

Ia berharap melalui program pembinaan para peserta didik dapat memahami bahaya perilaku menyimpang dan tidak terjerumus pada perilaku negatif yang tidak diinginkan.

“Semoga dengan pembinaan ini bisa menambah wawasan dan menguatkan karakter anak-anak peserta didik semakin baik,” harapnya (Muhlisin/R6/HR-Online)

- Advertisment -