Dadi Haryadi, Calon Kades Jalatrang Ciamis Siap Bangun Perekonomian Masyarakat

Dadi Haryadi, Calon Kades Jalatrang Ciamis Siap Bangun Perekonomian Masyarakat
Dadi Haryadi, calon Kades Jalatrang Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, siap membangun perekonomian masyarakat. Foto:Dokpri

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pilkades serentak tahun 2020 di Kabupaten Ciamis didominasi kalangan pemuda. Salah satu calon Kades dari kalangan pemuda, Dadi Haryadi yang mencalonkan diri menjadi calon Kepala Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku.

Berangkat dari keinginannya untuk memajukan perekonomian masyarakat Desa Jalatrang, Asdad (sapaan Dadi Haryadi), bulat mencalonkan diri menjadi calon Kades Jalatrang bersama satu orang calon lainnya.

Pria kelahiran Ciamis, 16 April 1978 itu sebelumnya menjabat Kepala Dusun Cimanggu, salah satu Dusun yang ada di Desa Jalatrang. “Berkat dorongan dari masyarakat, saya sepenuh hati mencalonkan diri menjadi calon Kades Jalatrang, dengan niat ingin membangun Desa Jalatrang lebih baik lagi dalam berbagai bidang,” ujarnya, kepada HR Online Senin (24/2/2020).

Visi yang dibawa Dadi yakni Bersinergi menuju Desa Jalatrang “Creative, Energik, religius, Damai, Adil, Sejahtera (Cerdas)”.

Kata dia, banyak potensi yang ada di Desa Jalatrang yang perlu digali, seperti potensi home industri, wisata, pertanian dan perikanan. Potensi-potensi tersebut mesti dikembangkan dengan baik, dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Potensi di bidang home industri di Jalatrang diantaranya keripik singkong, pabrik tahu bulat, pabrik tahu dan tempe, pabrik sotong dan pabrik kerupuk kulit.

Adapun potensi di bidang perikanan, pertanian dan peternakan harus di kelola dengan baik, sehingga akan mempengaruhi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara di bidang wisata adanya Waterboom Sumber Jaya Cipangalun dan wisata edukasi Jati Sewu Cibungbang menjadi potensi untuk mendatangkan wisatawan ke desa Jalatrang. Dirinya bertekad, menjadikan desa Jalatrang menjadi desa wisata, dengan memperhatikan norma agama dan adat istiadat masyarakat Jalatrang.

“Potensi ini harus kita maksimalkan, dengan keberadaan sejumlah objek wisata di Jalatrang tentu akan meningkatkan geliat ekonomi masyarakat, masyarakat bisa menjual hasil olahannya menjadi oleh-oleh untuk wisatawan,” kata mantan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cipaku ini.

Dirinya pun akan melaksanakan program sesuai dengan misi yang diemban. Salah satunya melaksanakan pemerintah desa yang berazaskan kepentigan umum, transparansi, proporsional, profesional, akuntabilitas, efektifitas, efisiensi, kearifan lokal, keberagaman dan partisipatif. Dia pun berjanji, jika terpilih, bakal melaksanakan pembangun desa secara merata, terencana dan berkelanjutan.

“Dengan Dana Desa yang nilainya cukup besar, saya juga ingin meningkatkan semangat bekerja, semangat membangun, semangat gotong royong, demi tercapainya tujuan pembangunan Desa yang maksimal,” ungkap Dadi Haryadi.

Dadi pun bertekad untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat agar selalu berinovasi dalam berbagai bidang. Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa, Dadi pun akan melaksanakan berbagai pelatihan kerja dengan kelompok usaha yang ada di desa Jalatrang.

“Saya juga punya misi untuk terus menumbuh kembangkan Bumdes Jalatrang yang merupakan sokoguru perekonomian desa,” jelasnya.

Dalam bidang keagamaan, Dadi juga akan meningkatkan kegiatan keagamaan bekerjasama dengan ulama demi tercapainya “Baldatun Thoyyibatun wa Rabbhun Ghaffur”.  Pengajian rutin bulanan desa akan terus ditingkatkan, pun dengan Peringatan Hari Besar Islam terus digebyarkan.

Gema Sholawat yang biasa dilaksanakan di Sumber Jaya Cipangalun dapat diintegrasikan menjadi program keagamaan Desa. “Termasuk kultum di internal pemerintah Desa tiap hari Senin pagi di balai desa, akan terus ditingkatkan,” ungkap Asdad.

Sementara di bidang kesehatan, Dadi akan meningkatkan peran Poskesdes, Posyandu dan Posbindu sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar masyarakat.

“Untuk program kepemudaan, saya akan meningkatkan sarana dan prasana olahraga, serta program generasi muda melalui Karang Taruna,” tandas mantan Ketua KSTI Kecamatan Cipaku ini. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...