Daftar Planet Baru yang Ditemukan NASA

Daftar Planet Baru yang Ditemukan NASA

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Daftar planet baru yang ditemukan NASA. NASA telah resmi mengumumkan penemuan puluhan bahkan ratusan planet baru.

Uniknya, planet-planet tersebut memiliki karakter mirip dengan bumi. Salah satunya adalah adanya sumber air yang memungkinkan adanya kehidupan layaknya di bumi.

Untuk memperluas pengetahuan Anda, mari simak beberapa planet baru yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

Daftar Planet Baru

Planet “Teegarden” B dan C

Ada 2 planet yang dinamai “Teegarden” B dan C. Kedua planet tersebut memiliki garis orbit dan terlihat mengelilingi sebuah bintang. Bintang tersebut juga terlihat sangat mirip dengan matahari.

Aktifitas 2 planet yang mengitari sebuah bintang dinyatakan sangat mirip dengan aktivitas bumi dan planet “tetangga” yang selalu mengitari matahari.

Planet “Proxima Centauri” B

Planet ini juga ditemukan dengan aktivitasnya mengitari sebuah bintang. Planet ini digadang-gadang bisa menjadi “pengganti” bagi bumi.

Karena di dalam planet tersebut terdapat cairan yang bisa menjadi cikal bakal sebuah kehidupan.

Kedepan, para ilmuwan akan meneliti lebih jauh terkait atmosfer yang ada di lapisan planet Proxima B.

Baca Juga: Planet Kesembilan, Ilmuwan Temukan Data Baru

Planet “Trappist” 1-E dan 1-D

Planet “Trappist” 1-E dan 1-D juga termasuk dalam daftar planet baru. Keduanya telah dinyatakan memiliki kemiripan dengan bumi.

Bahkan untuk 1-E, prosentase kemiripannya mencapai 95 persen. Sedangkan untuk 1-D sebesar 89 persen.

Karakter yang membuat kedua planet tersebut mirip dengan bumi adalah adanya atmosfer yang suhunya mirip dengan atmosfer bumi.

Planet “Kepler” 438-B dan 442-B

Para ilmuwan sudah mengamati kedua planet tersebut. Hasilnya, kedua planet itu disebut mirip dengan bumi karena memiliki kandungan air.

Persentase kemiripan untuk 438-B adalah 88 persen. Sedangkan untuk planet 422-B mencapai 84 persen.

Namun sayangnya, setiap 100 hari kedua planet ini selalu terpapar radiasi yang tinggi dari bintangnya, sehingga mungkin tidak akan layak huni.

Baca Juga: Fakta Menarik Planet Mars, Menakjubkan!

Planet “Ross” 128-B

Planet baru selanjutnya adalah Planet Ross 128-B. Planet Ross 128-B merupakan salah satu planet yang berjarak paling dekat dengan tata surya.

Planet ini mengitari bintangnya yang berwarna merah dan bergerak secara tenang.

Para ilmuwan juga menjadikan planet ini “kandidat” terbaik untuk menggantikan posisi bumi sebagai tempat kehidupan. Presentase kemiripannya dengan planet bumi bisa mencapai 86 persen.

Planet GJ 257d

Planet ini ditemukan oleh para ilmuwan dengan ciri-ciri mirip dengan bumi. Di dalamnya terdapat bebatuan, serta suhu yang cukup hangat untuk sebuah planet.

Suhunya yang hangat mencapai sekitar -53 derajat celcius. Suhu ini berpotensi menciptakan cairan yang bisa menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Ukuran planet GJ 257d juga dinilai sangat serupa dengan ukuran bumi.

Semoga temuan-temuan ini bisa semakin diperjelas dengan disusul penelitian yang lebih mendalam.

Dan itulah beberapa daftar planet baru yang telah ditemukan oleh para ilmuwan beberapa tahun belakangan. Semua planet tersebut terpantau dari satelit-satelit yang diluncurkan oleh NASA. (Deni/R4/HR-Online)