Debit Air Naik, Warga Pangandaran di Sekitar Sungai Citanduy Diminta Waspada

debit air sungai citanduy
Debit air Sungai Citanduy yang berada di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, terus naik. Foto : Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Hujan yang terus mengguyur dalam beberapa hari ini, mengakibatkan debit air Sungai Citanduy yang berada di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, terus naik.

“Seiring hujan yang terus menguyur di berbagai wilayah Priangan Timur saat ini, berdampak pada meningkatnya debit air Sungai Citanduy,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena kepada HR Online, Rabu (19/2/2020).

Belum lagi ditambah air dari beberapa anak sungai yang bermuara ke Sungai Citanduy, seperti Sungai Ciseel dan sungai-sungai lainnya.

“Ya, saat ini Ssungai Citanduy debit air berlipat ganda. Hal tersebut akibat di hulu sungai hujan deras mengguyur setiap harinya, belum lagi ditambah dari beberapa anak sungai,” tuturnya.

Untuk itu, pihak BPBD Kabupaten Pangandaran mengimbau kepada warga Pangandaran terutama yang tidak jauh dari Sungai Citanduy, agar tetap waspada bencana banjir.

“Kami imbau agar warga masyarakat waspada, dan segera melaporkan ke BPBD jika terjadi sesuatu hal,” pungkasnya. 

Sementara itu, Camat Kalipucang, Nana Sukarna mengatakan, bahwa pihak Muspika telah menghubungi beberapa desa untuk tetap waspada. Terutama desa-desa yang selalu kebanjiran akibat sungai meluap. Seperti Desa Tunggilis, Cibuluh, Kalipucang dan Desa Pamotan.

“Untuk desa-desa tersebut agar stand by, mengingat saat ini hujan terus mengguyur,” katanya. (Ntang/R5/HR-Online)

Loading...