Desain Bangunan Tahan Gempa Untuk Hunian yang Aman

Desain Bangunan Tahan Gempa
Desain Bangunan Tahan Gempa. Foto: Net/Ist

Desain bangunan tahan gempa perlu diterapkan pada hunian yang ditempati. Meskipun kawasan atau hunian yang dimiliki terlihat kuat dan tahan gempa.

Dalam beberapa tahun terakhir ini juga telah terjadi gempa yang cukup hebat. Kerusakan yang langsung dirasakan adalah hunian yang ditempati.

Hampir semua peristiwa gempa selalu meninggalkan kerusakan. Apalagi gempa yang berpotensi tsunami.

Oleh karena itu, anda juga bisa mengantisipasi kerusakan yang terjadi jika ada gempa. Anda bisa mendesain rumah yang tahan dengan gempa.

Desain Bangunan Tahan Gempa yang Aman

Bangunan tidak hanya sekedar hunian atau rumah saja, tetapi ada beberapa hunian yang lainnya. Seperti gedung kantor, hotel, restoran, dan yang lainnya.

Ada beberapa hal penting sebelum membangun gedung yang tahan dengan gempa. Diantaranya adalah tanah atau lahan yang akan didirikan bangunan. Tanah tersebut harus berkualitas dan tidak akan membahayakan bangunan di atasnya.

Tanah tersebut harus memiliki kepadatan yang stabil. Sehingga tidak akan mudah longsor apalagi terjadi sinkhole.

Tanah yang akan didirikan bangunan tentunya akan mempengaruhi bangunannya. Sehingga desain bangunan tahan gempa akan percuma jika tanahnya bermasalah.

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan dan material. Penggunaan bahan dan material tersebut sangat mempengaruhi kekuatan bangunan. Terkadang masalah kerusakan pada bangunan juga dikarenakan oleh penggunaan material.

Selain beberapa hal diatas, anda juga perlu menerapkan desain bangunan yang tahan gempa. Sehingga akan ada keseimbangan antara bangunan dan beberapa hal penting diatas.

TCL

Ide Desain Bangunan Tahan Gempa

Berikut ini beberapa desain rumah yang tahan gempa. Ide desain ini juga bisa anda terapkan pada hunian yang ditempati.

1. Desain Bangunan Growing House

Ide yang pertama adalah menggunakan desain Growing House. Desain bangunan Growing House bisa diterapkan pada hunian atau rumah.

Apabila anda khawatir dengan potensi gempa di kawasan anda, maka desain ini bisa menjadi solusi.

Growing House ini merupakan desain rumah yang tahan gempa karya mahasiswa UGM. Selain tahan gempa, desain ini juga bisa mengantisipasi jika terjadi bencana lain berupa banjir.

Desain bangunan tahan gempa ini memiliki beberapa ruangan tambahan. Namun penambahan ini tidak membuat bangunan kehilangan fungsi aslinya.

Hunian yang menggunakan desain ini tentunya akan tampil lebih unik. Sebab, desain atap Growing House ini dibentuk seperti Joglo.

Desain atap tersebut juga diberi penambahan berupa panel surya. Kemudian memiliki tingkat keamanan yang baik pula.

2. Desain Rumah Barrataga

Barrataga sendiri merupakan istilah Bangunan Rakyat Tahan Gempa. Desain ini juga bisa anda gunakan untuk mengantisipasi terjadinya gempa.

Desain bangunan Barrataga ini mengedepankan kerangka beton kolom. Mulai dari balok bawah, balok lantai, hingga balok tepi atas.

Beberapa balok tersebut disambungkan dengan simpul. Tujuannya agar tidak mudah patah ketika terjadi gempa. Desain bangunan tahan gempa ini bisa anda terapkan pada hunian atau bangunan lainnya.

3. Desain Rumah Instan Beton

Ide selanjutnya tidak kalah menarik dari yang sebelumnya. Anda bisa menggunakan desain rumah instan beton yang sederhana.

Desain bangunan yang satu ini dikatakan sederhana karena tidak menggunakan semen atau bata. Tetapi menggunakan beton yang bisa dibongkar pasang.

Desain bangunan tahan gempa ini bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Selain bisa menahan gempa, desain bangunan ini juga tampil menarik.

Bangunan juga tidak akan kehilangan fungsinya sebagai hunian atau rumah. Desain ini juga bisa diterapkan untuk membangun rumah darurat ketika terjadi gempa.

4. Desain Rumah Dengan Sistem Panel

Ide selanjutnya adalah menggunakan desain bangunan dengan sistem panel. Desain ini tentunya lebih unggul dibandingkan dengan desain rumah menggunakan beton.

Penggunaan sistem panel ini menjadi satu hal yang baru pada desain bangunan. Desain ruspin ini juga sudah diuji kekuatannya.

Desain bangunan yang menggunakan sistem ruspin tidak akan mudah roboh ketika ada gempa. Komponen yang ada di dalam rumah juga lebih kokoh.

Rumah dengan desain ruspin ini juga bisa digunakan sebagai pengungsian. Sebab, rumah ini juga akan memudahkan proses evakuasi.

Desain bangunan tahan gempa ini sangat direkomendasikan terlebih lagi jika diterapkan. Bencana gempa seringkali datang dengan tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, anda perlu mendesain rumah dengan desain tahan gempa. (R10/HR-Online)

Loading...