Desain Taman Kering Minimalis, Inspirasi Untuk Hunian Nyaman

desain taman kering minimalis
Salah satu contoh desain taman kering minimalis. Foto: Ist/Net

Desain taman kering minimalis saat ini banyak diterapkan oleh orang yang menginginkan kenyamanan meski lahannya hanya sempit. Sebab, setiap orang pastinya menginginkan rumahnya terkesan simpel dan elegan.

Untuk menciptakan taman kering yang elegan dan berkesan, ternyata tidak harus dengan lahan yang luas. Akan tetapi, di lahan yang sempit pun taman kering bisa tercipta dengan kesan elegan.

Jadi, untuk anda semuanya yang memiliki rumah dengan lahan yang sempit mulai saat ini tidak perlu khawatir lagi.  Semua tetap bisa tercipta seperti yang anda inginkan.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Full Kaca dan Keunggulannya

Komponen taman kering ini juga bisa terbilang cukup sederhana, karena komponennya hanya didominasi dengan batu koral, berbagai macam tanaman perdu, dan juga tanaman semak.

Dengan komponennya yang mudah, maka dalam membuat taman kering ini tidak membutuhkan biaya yang besar.

Desain Taman Kering Minimalis

Taman kering memang tidak menggunakan tanaman hijau maupun pepohonan yang ukurannya lumayan besar. Sehingga, taman ini bisa diaplikasikan pada lahan yang luasnya terbatas.

Anda hanya memerlukan sepetak tanah kecil saja dengan inspirasi desain taman kering yang memukau. Lalu, seperti apakah desain taman kering yang bisa diterapkan? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Taman Kering Jalan Setapak

Desain taman kering minimalis yang pertama yang bisa anda coba yaitu taman kering dengan jalan setapak. Anda bisa menerapkannya pada jalan setapak yang telah anda bangun sebagai jalan menuju pintu depan rumah.

Nah, pada bagian samping jalan setapak tersebut bisa anda manfaatkan untuk taman kering depan rumah anda. Anda bisa mengisinya dengan bebatuan kecil dan juga tanaman perdu yang indah.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa membenamkan lampu tanam dengan cahaya yang berwarna kuning di sepanjang taman kering tersebut. Sehingga, saat malam hari taman ini akan tampak indah.

Kemudian di bagian taman juga bisa anda lapisi dengan batu koral yang bisa anda manfaatkan sebagai sarana refleksi kaki anda.

Desain taman kering di jalan setapak depan rumah ini terlihat sangat elegan dan pastinya bisa menarik perhatian orang yang datang ke rumah anda.

2. Taman Kering Belakang Rumah

Taman kering minimalis juga bisa anda terapkan di belakang rumah jika ada lahan yang tersisa.

Jangan membiarkan lahan belakang yang tersisa dalam keadaan kosong tak terawat. Sebab, anda bisa memanfaatkannya menjadi lahan taman kering.

Desain taman kering minimalis ini bisa anda buat dengan diberi batu-batuan yang ukurannya sedang.

Atau anda juga bisa menggunakan pasir atau batu alam yang terkesan natural. Agar tetap terlihat asri dan alami, anda bisa menambahkan sedikit pepohonan yang hijau.

3. Desain Bambu Untuk Taman Kering

Jenis tanaman yang ideal dan cocok digunakan untuk taman kering minimalis di hunian yang sempit yaitu bambu. Tanaman bambu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk desain taman kering ini.

Sebab, bambu tumbuh vertikal memanjang dan tidak memerlukan tempat yang luas untuk menanamnya. Untuk membuat desain taman ini, anda bisa memanfaatkan sepetak lahan yang kecil saja.

4. Desain Taman Dengan Kolam

Walaupun hanya dibuat dengan bahan yang sederhana, desain taman kering minimalis ternyata juga bisa menghasilkan taman dengan kesan yang mewah.

Agar tampak lebih memukau, anda bisa menambahkan kolam hias pada bagian tengah taman. Di kolam tersebut, anda bisa beri ikan hias.

5. Taman Kering Gaya Jepang

Desain taman kering minimalis gaya Jepang ini bisa anda tempatkan di sudut depan rumah. Karena tidak memerlukan lahan banyak.

Bahkan, untuk lahan dengan ukuran 1 meter saja sudah cukup untuk taman kering. Anda tinggal menambahkan elemen bebatuan dan rumput.

Perlu anda ketahui, jika ukuran lahannya semakin kecil, maka taman kering anda perawatannya juga semakin minim.

Hanya saja, anda perlu menyiram tanaman hijau sekitar 2 sampai 3 kali seminggu. Dengan adanya inspirasi desain taman kering minimalis ini, anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin membuat taman dengan lahan yang sempit.

Selain itu, perawatan taman kering ini juga lebih mudah jika dibandingkan anda harus merawat taman yang luas dengan banyak tanaman hijau. (R10/HR-Online)

Loading...