Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisDinkes Ciamis Imbau Masyarakat Antisipasi Penyebaran Penyakit di Musim Pancaroba

Dinkes Ciamis Imbau Masyarakat Antisipasi Penyebaran Penyakit di Musim Pancaroba

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis memberikan imbauan kepada seluruh warga masyarakat di musim pancaroba ini untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, di musim pancaroba rentan terhadap penyebaran penyakit.

Sekretaris Dinkes Ciamis, Maman, ketika ditemui HR, Selasa (18/02/2020), mengatakan, biasanya kalau pergantian musim pasti banyak sekali penyebaran penyakit dari mulai DBD, Demam dan Diare. Penyebaran penyakit tersebut harus bisa diantisipasi sebelum terjadi.

“Sesuai dengan himbauan Bupati Ciamis, maka kami langsung memberikan himbauan kepada seluruh Puskesmas supaya selalu melakukan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat, terlebih sekarang musim pacaroba,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Maman, setiap kali pergantian musim, pasti pihaknya tidak henti melakukan himbauan dari mulai tanggap bencana alam dan penyebaran penyakit.

Bahkan, kata Maman, setiap hari pihaknya selalu meminta laporan kepada Puskesmas terkait penanganan penyakit di daerah masing-masing. Hal tersebut supaya penanganan dan pencegahan dapat dilakukan sesegera mungkin.

“Artinya kita tidak menunggu ada kasus baru kita tangani. Kalau musim pancaroba seperti sekarang ini, kami menghimbau kepada seluruh Puskesmas selain tanggap penyakit juga menekankan tanggap bencana alam,” katanya.

Maman menambahkan, untuk pencegahan penyakit DBD sendiri, pihaknya sudah melaksanakan program jumantik. Artinya program tersebut untuk memberantas sarang nyamuk di wilayah endemik yang sekarang sudah tersebar di seluruh kecamatan.

“Karena foging tidak memberantas nyamuk, hanya mengusir, maka dengan program jumantik inilah nyamuk penyebab DBD bisa diberantas, karena membunuh langsung jentik sehingga tidak bisa berkembang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cidolog, H. Tenten, mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Piahknya juga bekerjasama dengam pengurus Posyandu dan pemerintah desa.

“Pemberitahuan masalah kesehatan memang perlu terus dilakukan. Karena masih banyak warga yang tidak mengetahui arti pentingnya kesehatan, sehingga mereka nantinya bisa menjaga kesehatan lingkungan agar terhindar dari panyakit,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Tenten, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh warga apabila mengalami keluhan masalah kesehatan, lebih baik segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat. (ES/Koran HR)

- Advertisment -