Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisDisdik Ciamis Akui Tahun 2021 Ujian Nasional Dihapus

Disdik Ciamis Akui Tahun 2021 Ujian Nasional Dihapus

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Tahun 2021, Ujian Nasional (UN) nampaknya bakal dihapus di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kepala Seksi Kurikulum dan Penilain SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Lili Abdullah, membenarkan rencana penghapusan UN tersebut.

“Tahun 2020 ini adalah UN terakhir, karena nanti 2021 sudah diganti sistemnya, sesuai keputusan dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim,” ujar Lili kepada HR Online, belum lama ini.

Menurut dia, Ujian Nasional akan digantikan dengan penilaian asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Lili menjelaskan, assesment kompetensi tersebut tidak akan digelar di ujung jenjang atau kelas akhir layakna UN, namun assesnment kompetensi akan dilaksanakan saat anak memasuki pertengahan jenjang.

“Kalau tadinya SD melaksanakan USBN kelas 6, nanti dilaksanakan antara kelas 4 atau kelas 5. Kalau SMP yang biasanya kelas 9, akan dilaksanakan kelas 8,” jelasnya.

Rencana penggantian UN menjadi assesment kompetensi disambut baik pemerintah daerah. “Kita ikuti aturan yang dikeluarkan Kementerian, mudah-mudahan membawa perubahan ke arah yang lebih baik,” ungkap Lili.

100 Persen SMP di Ciamis Gelar UNBK

Lebih lanjut Lili mengatakan, tahun 2020 ini semua SMP baik negeri atau swasta di Kabupaten Ciamis, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Kata dia, ada 126 SMP di Kabupaten Ciamis yang akan mengikuti UNBK. Rinciannya sebanyak 80 SMP berstatus Negeri dan sisanya 46 SMP swasta.

“Untuk yang SMP Negeri semuanya menjadi sekolah pelaksana (SP) UNBK, sementara ada beberapa SMP swasta yang UNBKnya ikut gabung dengan SMP lain,”  ujar Lili.

Lili mengatakan, SMP yang UNBK nya ikut gabung dengan sekolah lain lantaran ketersediaan perangkat komputer dan lain sebagainya tidak memadai.

Kendati tidak 100 persen SMP di Ciamis menjadi sekolah penyelenggara (SP) UNBK, namun pihaknya meyakini UNBK tahun 2020 akan berjalan lancar dan semua peserta lulus.

“UNBK tahun 2020 ini adalah yang keempat kalinya diikuti semua SMP di Ciamis sejak tahun 2017, oleh karena itu kami yakin UNBK di Ciamis tanpa kendala,” katanya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -