Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita BanjarDPRD Ajak Masyarakat Benahi Kota Banjar Menjadi Lebih Baik

DPRD Ajak Masyarakat Benahi Kota Banjar Menjadi Lebih Baik

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- DPRD Kota Banjar mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah bersama-sama membangun dan memajukan Kota Banjar. Di hari jadi ke-17 Kota Banjar ini, DPRD juga mengajak untuk membenahi Kota Banjar agar menjadi lebih baik dan tetap menjaga kondusifitas.

Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si., mengatakan, rentang sejarah 17 tahun Pemerintahan Kota Banjar, diawali oleh tekad tokoh peningkatan status untuk mewujudkan Kota Banjar yang mandiri, maka sudah seharusnya cita-cita itu dilanjutkan oleh pimpinan daerah terpilih dan didukung oleh masyarakat Banjar.

“Kita harus patut berbangga terhadap mereka yang telah mencurahkan segalanya hingga Kota Banjar bisa menjadi seperti sekarang ini. Kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian para tokoh-tokoh yang berjuang demi pembangunan di Kota Banjar,” kata Dadang, kepada Koran HR, Selasa (18/02/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa, perjuangan para tokoh tersebut diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat dalam meneruskan cita-cita agar menjadi lebih baik.

Dalam menata Kota Banjar, memang penuh dengan tantangan, rintangan, dan juga peluang. Maka dari itu, sinergitas semua pihak sangat dibutuhkan agar proses pembangunan sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui tema Hari Jadi ke-17 Kota Banjar “Kolaborasi dan Inovasi Menuju Banjar Berseri dan Barokah”, DPRD mengajak momen ini menjadi wahana reflektif melakukan evaluasi apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Kepekaan kita juga dituntut bisa membaca berbagai persoalan strategis yang dialami daerah. Ini menjadi patokan untuk pembangunan Kota Banjar ke depannya,” tandasnya.

Berkaitan dengan kelembagaan DPRD, lanjut Dadang, di tahun 2019 anggota DPRD Kota Banjar bertambah, dari sebelumnya 25 anggota menjadi 30 anggota, sebagaimana hasil Pemilu beberapa waktu lalu.

Sebagai lembaga representasi rakyat, DPRD sudah tentu dituntut agar lebih peka terhadap apa yang diinginkan masyarakat, dan dituangkan dalam kerja nyata bersama eksekutif.

Sebagaimana fungsi DPRD di bidang pembentukan Perda, maka DPRD Kota Banjar terus melakukan upaya melahirkan Perda yang aspiratif dan responsif. Hal ini juga dituangkan bersama Pemkot Banjar dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2020.

Sementara dalam hal fungsi penganggaran, DPRD juga terlibat dalam berbagai perencanaan pembangunan, seperti kunjungan ke lapangan, monitoring pelaksaan program di OPD, maupun Musrenbang di tingkat desa hingga kota.

Tentu saja dalam masalah ini tiada lain semuanya bermuara agar kemandirian ekonomi masyarakat, penciptaan lapangan kerja, serta peningkatan kualitas pelayanan dasar dapat terwujud.

Sedangkan dalam bidang pengawasan, melalui alat kelengkapan DPRD diharapkan bisa mengawal pelaksanaan program yang sudah digulirkan, agar bisa berjalan dengan optimal dan tepat sasaran.

“Di Hari Jadi ke-17 Kota Banjar ini, kita berharap agar DPRD maupun Pemkot Banjar diberikan kekuatan dalam melaksanakan tugas konstitusional, serta dijauhkan dari segala cobaan dan musibah,” pungkas Dadang. (Adv)

- Advertisment -