Dua Rumah di Panawangan Ciamis Rusak Berat Tertimbun Longsor

rumah Rusak Berat Tertimbun Longsor
Salah satu rumah warga Dusun Puhun, Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang rusak berat tertimbun longsor, Rabu (19/2/2020).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dua unit rumah warga di Dusun Puhun, Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak berat tertimbun longsor, Rabu (19/2/2020).

Kepala Desa Sagalaherang, Latin Yutra Sutarman mengatakan, hujan deras yang terjadi sore hari itu mengakibatkan tebing yang berada di wilayah Dusun Puhun longsor.

“Akibatnya, dua rumah warga mengalami rusak berat tertimbun material tanah dari tebing yang longsor itu,” katanya kepada HR Online.

Ketua BPD Desa Sagalaherang, Rusmana, menambahkan, material longsor tersebut menghantam bagian ruangan kamar tidur, kamar mandi dan ruangan lainnya.

“Dua rumah yang rusak berat akibat dihantam longsor itu adalah milik Rasnen dan Toha,” terangnya.

Menurut keterangan dari keluarga korban, katanya, saat terjadi longsor semua orang sedang berada di dalam rumah.

“Mereka terkejut ketika mendengar suara keras dan gemuruh dari belakang rumah. Ternyata tebing di belakang rumah longsor dan telah menjebol rumah,” ucapnya.

Rusmana menuturkan, daerah Dusun Puhun memang terbilang rawan longsor. Meski demikian, bukan berarti di wilayah dusun lainnya aman dari bencana.

“Terlebih dalam cuaca ektrem seperti ini perlu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi rumah yang posisinya ada di bawah tebing,” katanya.

Meski, tidak ada korban jiwa, namun rumah milik Rasnen dan Toha mengalami rusak berat. Diperkirakan Rasnen mengalami kerugian sekitar 20 juta rupiah, sedangkan Toha mengalami kerugian sekitar 25 juta rupiah. (Edji/R5/HR-Online)