Fakta Penyakit Kanker, Penyakit Paling Mematikan

Fakta Penyakit Kanker, Penyakit Paling Mematikan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Fakta Penyakit Kanker, korelasinya dengan daging olahan. Daging Olahan memang nikmat disantap, namun ada penelitian yang menemukan bahwa daging olahan berkaitan dengan peningkatan resiko kanker.

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dalam tubuh. Dan kanker salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta tentang kanker yang perlu Anda ketahui.

Fakta Penyakit Kanker

Penyakit Paling Mematikan

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Berdasarkan data dari WHO, pada akhir 2018, jumlah penderita kanker terus meningkat dengan angka kematian yang mencapai 10 juta jiwa.

Meskipun telah dilakukan beragam edukasi dan sosialisasi terkait dengan penyakit kanker kepada masyarakat, akan tetapi angka kematian akibat penyakit ini masih terus meningkat.

Salah satu penyebab penyakit kanker sebenarnya adalah terletak pada sulitnya mendeteksi gejala kanker sejak dini.

Baca Juga: Manfaat Berjemur Pagi Hari, Bisa Cegah Kanker Lho!

Disebabkan Oleh Virus

Fakta penyakit kanker selanjutnya adalah bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus yang didukung oleh beberapa faktor tertentu.

Meskipun yang banyak diketahui orang penyebab penyakit ini adalah radiasi atau pola hidup yang tidak sehat. Padahal virus juga merupakan salah satu penyebab kanker.

Virus menyebabkan munculnya penyakit kanker pada tubuh seseorang. Hal ini juga dipicu oleh faktor genetik, sehingga bagi Anda yang memiliki keturunan kanker, sebaiknya segera melakukan pencegahan.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa sebanyak 15 persen dari 20 persen total kasus kanker yang ada di dunia itu penyebabnya adalah virus.

Baca Juga: Makanan Penyebab Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

Daging Olahan

Fakta penyakit kanker selanjutnya adalah daging olahan. Seorang peneliti Kesehatan Masyarakat, Jeannette Schenk mengatakan, ada beragam studi epitemologi yang menemukan hubungan antara mengonsumsi daging olahan dan daging merah dengan meningkatnya penyakit kanker dan kematian.

Berdasarkan penjelasan dari ahli gizi, Cathy Leman, daging merah terdiri dari daging sapi, babi, domba, dan kambing.

Sedangkan yang termasuk dalam daging olahan adalah daging yang telah difermentasikan, diasinkan, diasapi, ataupun melalui proses yang lain untuk meningkatkan cita rasanya, termasuk daging yang diawetkan.

Berdasarkan penelitian yang membuktikan bahwa daging olahan dapat menyebabkan dan meningkatkan resiko kanker. Mengonsumsi 50 gram daging olahan per hari, dapat meningkatkan resiko kanker hingga 18 persen.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Manfaat Kencur Bisa Cegah Kanker Lambung Lho!

Alkohol

Fakta penyakit kanker selanjutnya adalah alcohol. Mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Seperti yang telah disebutkan oleh Schenk, bahwa alkohol merupakan faktor risiko yang berkaitan dengan kanker mulut, kerongkongan, hati, payudara, hingga pankreas.

Meskipun begitu, belum diketahui secara jelas bagaimana tepatnya pengaruh alkohol dalam meningkatkan kanker.

Namun Schenk meyakini bahwa hal ini ada kaitannya dengan kerusakaan DNA yang disebabkan oleh sel-sel yang telah terkena alkohol. Sehingga, untuk menghindari hal ini, Anda harus membatasi konsumsi alkohol.

Itulah beberapa Fakta Penyakit Kanker, yakni penyakit yang dianggap paling mematikan di seluruh dunia. (Deni/R4/HR-Online)  

Loading...