Senin, Oktober 18, 2021
BerandaArtikelFujifilm XT-4 Terbaru Segera Meluncur, Kamera Mirrorless Berbekal IBIS

Fujifilm XT-4 Terbaru Segera Meluncur, Kamera Mirrorless Berbekal IBIS

Fujifilm XT-4 terbaru merupakan kamera pabrikan asal Jepang. Produk tersebut dihadirkan untuk pasar kelas atas atau flagship.

Kini giliran Fujifilm akan meluncurkan kamera terbarunya, yakni XT-4 pada akhir tahun ini. Perangkat ini merupakan upgrade dari generasi sebelumnya, yakni XT-3 yang dirilis tahun 2018.

Fujifilm XT-3 merupakan versi terbaru dari XT-2. Hal tersebut berdasarkan lansiran dari laman Ubergizmo. Dikabarkan jika XT-4 menghadirkan beberapa perbaikan dari versi sebelumnya.

Namun ada beberapa fitur yang belum disematkan, diharapkan fitur tersebut dapat melengkapi hadirnya perangkat XT-.

Spesifikasi Fujifilm XT-4 Terbaru dengan Stabilisasi IBIS

Fuji Rumours melaporkan jika mereka telah menerbitkan beberapa fitur pada XT-4. Fitur tersebut merupakan fitur andalan yang dapat meningkatkan performa.

Kamera yang diklaim akan diluncurkan pada akhir tahun 2020 ini, akan membawa perubahan besar dengan stabilisasi IBIS.

Kinerja IBIS akan menggerakkan sensor yang ada di dalam kamera Fujifilm XT-4 terbaru. Tujuannya adalah untuk mengimbangi pergerakan kamera.

Kamera pada XT-4 mempunyai accelerometer bawaan yang berfungsi untuk mengukur gerakan lateral dan juga mengoreksi sensor cukup dengan menggerakkannya ke kiri atau kanan serta atas atau bawah.

Kamera juga dibekali dengan giroskop built-in yang berfungsi untuk mendeteksi gerakan rotasi. Mempunyai stabilitas gambar hingga 5 sumbu. Diantaranya adalah horizontal, vertikal, yaw, pitch serta roll.

Sebelum itu, Fujifilm telah memperkenalkan IBIS dengan X-H1. Para fotografer pun punya harapan supaya perusahaan akan memperkenalkan fitur yang serupa pada kamera yang lain.

Penggunaan IBIS pada kamera kan jadi inklusi baru. Baik itu untuk aktivitas foto maupun video. Selain itu, IBIS juga mendukung pemotretan handheld yang lebih baik meskipun kondisi cahaya sangat minim.

Dukungan tersebut menjadi hal yang penting bagi Fujifilm XT-4 terbaru karena pada perangkat hanya terdapat satu kamera APSC Fujilm dengan IBIS.

Jika Fuji Rumours ini jadi kenyataan, maka sudah dapat dipastikan bila XT-4 mampu merangkul para pengguna X-H1 dan XT-3.

Pada umumnya kamera Fujifilm X-series belum mempunyai IBIS. Karena pasar yang dituju adalah para fotografer.

Namun jika menambahkan stabilisasi pada body, maka akan memberikan dampak pada bentuk yang lebih besar.

Akan tetapi, adanya pangsa pasar video yang lebih diutamakan pada jajaran XT membuat sistem IBIS lebih kecil. Seperti pada inklusi di kamera XT-4.

Selain fitur IBIS yang tengah hangat dibicarakan pada situs fujirumors.com, Fujifilm XT-4 terbaru diperkirakan mengalami peningkatan pada ukurannya.

Kemungkinan bodynya lebih tebal dan berat daripada XT-3. Pada situs disebutkan bahwa body mungkin tebalnya 8,5 mm, sementara untuk bobotnya sekitar 150 gram.

Fitur Layar Flip Out XT-4

Fitur-fitur yang disematkan pada Fujifilm XT-4 terbaru salah satunya adalah kemampuan merekam video 6K pada 60 fps. Selain itu, juga terdapat tampilan flip out yang secara keseluruhan mengartikulasi.

Bila anda sedang mencari kamera mirrorless dengan model yang terbaru, XT-4 dapat dijadikan pilihan. Dukungan trend video blogging atau vlog akan semakin memudahkan pengguna saat memakainya.

Layar yang dapat dilipat ke depan menghadap lensa bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan vloging atau selfie.

Konsep flip out pada kamera dapat dimiringkan pada satu arah. Menurut kabar yang beredar, konsep flip out ini juga akan diterapkan pada kamera model lain.

Jadi, sepanjang tahun 2020 ini kemungkinan banyak kamera Fujifilm yang dihadirkan dengan dukungan fitur flip out.

Konsep layar flip out Fujifilm XT-4 telah dikonfirmasi oleh Fujifilm. Jadi bukan rumor lagi, melainkan sudah dapat dipastikan kehadirannya.

Seperti yang telah dikatakan Fuji Rumours, XT-4 yang akan datang akan dibekali dengan baterai baru yang lengkap. Jadi bukan lagi NP-W126, kemungkinan GFX NP-T125.

Harga Fujifilm XT-4 Terbaru

Sebelumnya dikabarkan bahwa kamera terbaru dari Fujifilm rencananya akan meluncur pada akhir tahun 2020. Namun, berdasar Fuji Rumous terbaru, akan ada kemajuan jadwal sekitar 6 bulan dari rencana awal.

Sehingga, kemungkinan peluncuran akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. Meskipun demikian, secara detail harga yang dibanderol pada perangkat XT-4 ini belum dapat dipastikan.

Secara lengkap spesifikasiĀ Fujifilm XT-4 terbaru belum dikabarkan oleh pihak Fujifilm. Sementara ini hanya ada bocoran mengenai peningkatan sistem pada stabilisasi gambar dalam body kamera tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img