Rabu, Mei 25, 2022
BerandaArtikelFungsi Fitur Cruise Control dan Cara Penggunaannya

Fungsi Fitur Cruise Control dan Cara Penggunaannya

Fungsi fitur Cruise Control merupakan bukti dari adanya teknologi yang semakin canggih. Terutama di dunia otomotif seperti sekarang ini.

Cruise Control dapat kita temukan di mobil-mobil keluaran terbaru. Fitur ini disematkan tidak lain dengan tujuan meningkatkan keamanan pengguna kendaraan roda empat.

Fungsi Fitur Cruise Control

Cruise Control dipasang di bagian roda kemudi mobil. Di berbagai brand mobil terkenal, Cruise Control memiliki sebutannya sendiri.

Seperti Dinamic Radar Cruise Control, Intelligent Cruise Control, Smart Cruise Control, Active Cruise Control, Speed Control, Autocruise, dan Distronic Plus. Apapun namanya, sistem kerjanya tetaplah sama.

Selain meningkatkan keamanan, fitur ini juga mendukung kenyamanan dalam berkendara. Mau tahu lebih detail kegunaan dari fitur Cruise Control? Simak ulasan berikut ini.

Menjaga Kecepatan Mobil Stabil

Fungsi utama dari Cruise Control adalah mengatur kecepatan mobil saat melaju. Kecepatan akan berada di titik stabil meskipun tanpa menginjak pedal gas secara terus menerus.

Fungsi fitur Cruise Control ini sangat menguntungkan bagi para pengemudi mobil. Pasalnya, mereka tidak dibuat lelah demi menjaga kecepatan mobil tetap stabil.

Sangat berbeda dengan mobil tanpa adanya Cruise Control di dalamnya. Untuk menjaga agar kecepatan tetap stabil, pengendalian pedal gas harus selalu diperhatikan.

Pada dasarnya, fitur Cruise Control dirancang sebagai fitur keamanan pada mobil.  Selain itu, mobil dengan dilengkapi Cruise Control cocok dikendarai dalam jarak jauh.

Penggunaan Konsumsi Bahan Bakar Efisien

Fungsi selanjutnya berkaitan dengan penggunaan konsumsi bahan bakar. Secara tidak langsung, Cruise Control berpengaruh pada jumlah konsumsi bahan bakar yang digunakan.

Fungsi ini tak terlepas dari kaitannya dengan fungsi sebelumnya. Ketika putaran mesin yang konstan, maka secara otomatis konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Hasil dari proses pembakaran bahan bakar akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk energi mesin. Sehingga tidak ada yang terbuang percuma.

Berkat adanya fungsi fitur Cruise Control yang satu ini, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan hemat. Anda pun dibuat untung.

Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan

Sudah jelas, tingginya tingkat keamanan dan kenyamanan diperoleh dari Cruise Control ini. Bagaimana tidak? Kecepatan mobil yang konstan membuat anda sampai pada tempat tujuan dengan lebih cepat.

Waktu yang dimiliki menjadi lebih efisien. Adanya Cruise Control, tenaga yang dibutuhkan untuk mengemudikan mobil menjadi berkurang.

Pengemudi pun tidak akan dibuat lelah. Hal ini berkaitan erat dengan keselamatan dalam berkendara.

Jika pengemudi selalu dalam keadaan fit sepanjang perjalanan, tentu saja mobil akan terkendali dengan baik.

Sebagian orang merasa terganggu dengan kecepatan mobil yang awalnya cepat dan kemudian melambat secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang pasti. 

Hal semacam ini tidak akan dirasakan jika mobil menggunakan fungsi fitur Cruise Control. Anda pun akan dibuat lebih nyaman saat berkendara.

Penggunaan Fitur Cruise Control

Fungsi-fungsi yang telah disebutkan tadi akan anda dapatkan jika Cruise Control digunakan dengan tepat. Jika sebaliknya, justru kerugian yang akan dialami, bahkan dapat menimbulkan kecelakaan.

Maka sebab itulah, prosedur penggunaan fitur Cruise Control penting untuk diketahui. Sejatinya, Cruise Control hanya diperuntukkan saat berkendara di jalan tol.

Pada kecepatan kurang dari 40 km/jam, fitur ini tidak akan merespon sebagaimana mestinya saat dinyalakan.

Cruise Control sangat tidak dianjurkan digunakan pada jalanan ramai, macet, menikung, terjal, dan juga tanjakan.

Apabila pengemudi memaksakan menggunakan Cruise Control pada kondisi jalan semacam itu, akan rentan terjadinya tabrakan.

Selain fungsi fitur Cruise Control yang menguntungkan, dari segi penggunaan, fitur ini cukup mudah. Pertama, anda hanya perlu menentukan kecepatan yang hendak digunakan.

Katakanlah, mengambil kecepatan 65 km/jam. Selanjutnya cukup dengan tekan tombol Cruise Control.

Setelah ditekan tombol fitur tersebut, di layar MID akan tampak logo Cruise Control. Pilih tombol SET, lalu aktifkan.

Mobil akan melaju dengan kecepatan terakhir sebelum Cruise Control dinyalakan. Jika dirasa aman untuk menambah kecepatan, maka tinggal menekan tombol tambah pada Cruise Control.

Semisal pengemudi merasa kewalahan dalam mengendalikan mobil, langsung bisa mengurangi kecepatan dengan menekan tombol kurang.

Untuk mengakhiri penggunaan Cruise Control, cukup dengan menginjakkan kaki pada pedal remnya. Secara otomatis Cruise Control akan berhenti aktif.

Fitur Cruise Control juga dilengkapi dengan sensor untuk memprediksi jarak dengan kendaraan lain. Dengan adanya sensor ini, fungsi fitur Cruise Control semakin mudah didapatkan oleh setiap penggunanya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -