Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Wajib Diketahui Sebelum Terlambat

gejala awal penyakit ginjal
Ilustrasi gejala awal penyakit ginjal. Foto: Istimewa

Gejala awal penyakit ginjal sering tidak diprediksi sebelumnya oleh si penderitanya. Seperti dalam banyak kasus, penyakit ginjal umumnya baru diketahui setelah kondisinya memasuki kondisi parah. Akibatnya, pengobatan maupun penanganannya menjadi sulit.

Penyakit ginjal terjadi karena terganggunya tugas ginjal dalam mencuci darah maupun fungsi lainnya. Fungsi ginjal diantaranya menyaring zat racun dalam darah, menjaga dan mengontrol kadar garam, cairan serta asam dalam darah.

Ginjal juga berperan penting dalam memproduksi hormon eritropoetin, renin dan senyawa aktif vitamin D yang menguatkan tulang. Eritropoetin berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan renin mengatur tekanan darah.

Baca juga: Hati-hati! 7 Gaya Hidup Ini dapat Merusak Ginjal

Gejala awal penyakit ginjal sebenarnya bisa dikenali dari akibat gangguan fungsinya tersebut. Gangguan ini akan menyebabkan zat-zat sampah menumpuk di dalam tubuh yang menimbulkan sejumlah gejala.

Telah kita ketahui bahwa fungsi dari ginjal yaitu sebagai organ ekskresi dan akan terganggu bila penyakit ini tidak segera diatasi. Namun tahukah anda bahwa gejala-gejala apa saja yang timbul ketika akan terserang sakit ginjal?

Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Dicermati

Sakit ginjal umumnya tidak dikenali dan tidak terlihat gejalanya. Apalagi gejala ini bersifat umum dari gangguan penyakit. Nah, berikut ini sejumlah gejala yang perlu dicermati dan dikenali sebelum terlambat.

Rasa Gatal Berlebih

Ginjal yang terganggu atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya akan menyebabkan terjadinya penumpukan sisa metabolisme atau kotoran di dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh terasa gatal secara berlebihan

Baca juga: Makanan Penyebab Sakit Ginjal ini Biasa Dikonsumsi

Timbulnya rasa gatal ini agak berbeda dengan gatal biasa. Bahkan tak jarang rasa gatal ini akan disertai timbulnya pembengkan di bagian tubuh seperti pada tangan, pergelangan tangan dan kaki atau bagian kulit lainnya yang sensitif.

Sesak Nafas

Gejala awal penyakit ginjal lainnya adalah terjadinya sesak nafas. Kondisi ini karena ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya yang mengakibatkan cairan yang berlebihan menutup paru-paru.  Hal inilah yang bisa menimbulkan sesak nafas.

Selain itu, sesak nafas juga terjadi karena kurangnya pasokan oksigen pembawa sel-sel darah merah Anda. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tubuh akan kekurangan oksigen dan kehabisan nafas.

Tubuh Terasa Dingin

Gejala awal penyakit ginjal lainnya yang perlu diwaspadai adalah timbulnya rasa dingin pada tubuh. Gejala ini bisa berkaitan dengan anemia yang dialami penderita. Meskipun anemia lebih sering terjadi pada sakit ginjal kronis.

Baca juga: Hai! Ternyata Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Tubuh yang merasa dingin ini bisa terjadi sepanjang waktu meskipun cuaca sedang panas. Sedangkan pada penderita yang telah mengalami anemia akan merasakan dingin yang sangat, bahkan sering menggigil saat tengah malam.

Gangguan Hormon

Gejala penyakit ini juga bisa dikenali dari produksi hormon secara berlebihan akibat gangguan tersebut. Dampaknya, hormon tekanan darah akan meningkat yang bisa memicu hipertensi.

Sebaliknya, hormon lainnya justru akan berkurang produksinya. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lemah, kekurangan darah dan tulang pun menjadi rapuh. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya anemia.

Kepala Pusing dan Sulit Berkonsentrasi

Gejala awal penyakit ginjal yang juga perlu dikenali adalah timbulnya rasa pusing kepala yang tak kunjung sembuh. Terganggunya ginjal akan menyebabkan otak tidak memperoleh pasokan oksigen yang memadai.

Baca juga: Hati-hati! Sering Begadang Bisa Merusak Ginjal

Kondisi inilah yang menyebabkan kepala terasa pusing serta kesulitan berkonsentrasi terhadap pekerjaan anda. Apalagi jika Anda sudah terkena anemia, maka rasa pusing yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan hingga sulit berjalan.

Itulah sejumlah gejala awal penyakit ginjal yang perlu dicermati dan dikenali dengan baik. Saat gejala ini muncul lakukan penanganan dengan segera, termasuk dengan memeriksakan ke dokter. (R9/HR-Online)