Gejala Paru-Paru Basah, Kenali Sebelum Terlambat

gejala paru-paru basah
Ilustrasi Paru-paru. Foto: Ist/Net

Tak sedikit orang yang kesulitan mengenali gejala paru-paru basah. Apalagi tanda yang diperlihatkan penyakit paru-paru basah mirip dengan sakit batuk atau pusing biasa, sehingga seringkali disepelekan begitu saja.

Paru-paru basah atau populer disebut pneumonia adalah sebuah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri, jamur atau virus di dalam paru paru. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan pada paru-paru.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Radang Paru-paru Basah, Kenali Agar Bisa Dihindari

Gelembung udara yang berada di dalam paru paru kemudian akan membengkak dan berisi cairan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan semakin parah dan bisa menyebabkan kematian.

Mengenali gejala paru-paru basah sangatlah penting sebelum terlambat. Apalagi penyakit ini termasuk penyakit yang menyebabkan banyak kematian. Anak anak dan orang lanjut usia atau manula termasuk yang banyak terserang penyakit ini.

Gejala ParuParu Basah

Bukanlah hal yang mudah untuk mengenali serangan penyakit paru-paru basah. Tak sedikit pengobatan yang diberikan terbilang terlambat. Karena itu cermati berbagai gejala paru-paru basah berikut ini sebelum terlambat memberikan penanganan.

Batuk

Batuk merupakan gangguan yang umum dan sebagian orang menganggapnya sebagai penyakit musiman. Banyak yang beranggapan batuk adalah penyakit sepele yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun anda juga harus waspada karena batuk juga termasuk gejala awal penyakit paru paru basah. Batuk yang tak kunjung sembuh meski sudah diberikan pengobatan bisa jadi merupakan gejala dari penyakit paru paru basah.

Dada Terasa Sakit

Gejala paru-paru basah lainnya yang perlu dicermati adalah rasa sakit di sekitar dada. Penderita umumnya akan mengalami rasa sakit pada dada baik saat bernafas, disentuh, ataupun tidak disentuh.

Berkurangnya Nafsu Makan

Orang yang menderita paru-paru basah juga akan mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan. Menariknya, sebagian besar dari mereka tidak menyadari tentang hal itu dan menganggapnya sebagai hal lumrah.

Sesak Nafas

Sesak nafas sudah pasti berkaitan dengan gangguan pada paru paru. Rasa sesak dan sulit untuk bernafas, nafasnya pendek-pendek merupakan gejala paru-paru basah. Gangguan ini menyebabkan paru kekurangan oksigen dan sulit bernafas.

Keringat Dingin

Ciri-ciri gangguan paru-paru basah selanjutnya adalah keluarnya keringat dingin pada malam hari dan basah pada pergelangan tangan dan kaki. Gejala ini bukan karena cuaca panas ataupun olahraga namun karena respon dari tubuh.

Sakit kepala dan kelelahan

Gejala paru-paru basah juga ditandai dengan rasa sakit kepala ringan. Sakit kepala ini disebabkan kurangnya oksigen pada paru paru. Penderita juga akan merasakan kelelahan yang terus menerus walaupun tidak beraktivitas fisik.

Pengobatan Paru Paru Basah

Setelah mengetahui ciri-ciri gangguan pada paru-paru ini, untuk penangannya dapat dilakukan di rumah.

Diantaranya Anda bisa dengan memberikan antibiotik untuk diminumkan. Selain itu perbanyaklah meminum air putih.

Pengobatan paru-paru basah salah satunya bisa dilakukan dengan mengurangi batuk yang membuat dada penderita sakit. Anda bisa meminum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan tubuh terhadap cairan.

Anda juga dapat menggunakan beberapa tanaman herbal untuk membantu mengurangi sakit. Misalkan daun ciplukan, bunga sepatu, dan tanaman lainnya yang mengandung antibiotik alami.

Disarankan juga bagi penderita untuk sering jalan-jalan pagi di lingkungan hijau agar bisa menghirup udara segar yang kaya oksigen. Namun bila kondisi sakitnya sudah semakin parah sebaiknya dilakukan perawatan di rumah sakit.

Langkah Pencegahan Penyakit Paru-Paru Basah

Mengenali gejala paru-paru basah bukan saja penting agar dapat memberikan pengobatan yang tepat namun juga bisa untuk pencegahan. Nah, berikut ini beberapa tindakan yang dapat anda lakukan agar terhindar dari penyakit paru-paru basah.

  • Berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.
  • Menjaga kebersihan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Makanlah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Hindari merokok dan asap rokok karena para perokok ada kemungkinan menderita gangguan pada paru parunya.
  • Vaksinasi influenza dan PVC.
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Jangan terlalu sering tidur di depan kipas angin.

Itulah sejumlah ciri-ciri dan gejala paru-paru basah yang sebaiknya diwaspadai. Meskipun penyakit ini bisa disembuhkan namun menurut kata bijak, lebih baik mencegah daripada mengobati. (R9/HR-Online)