Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita CiamisGenjot Budaya Literasi, Bupati Serahkan Bantuan Kolecer untuk 6 Kecamatan di Ciamis

Genjot Budaya Literasi, Bupati Serahkan Bantuan Kolecer untuk 6 Kecamatan di Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dalam upaya meningkatkan budaya literasi dan minat baca di masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar, memberikan bantuan 6 unit Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) dan motor baca untuk menjangkau akses para pembaca.

Perhatian khsusus Pemprov Jabar terhadap program literasi di daerah, didasarkan pada hasil survey minat baca masyarakat Indonesi, yang tergolong masih sangat rendah. Indeks membaca masyarakat di Indonesia hanya 0,001. Itu berarti dari 1.000 orang Indonesia hanya ada satu orang yang memiliki minat membaca buku.

Berdasarkan data dari Unesco dan hasil survey Central Connecticut State University di New Britain di sebuah media nasional, menempatkan Indonesia diperingkat ke 60 dari 61 negara terkait minat baca.

Di Ciamis, bantuan 6 buah kolecer (Kotak Literasi Cerdas) dan 1 buah motor baca itu diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis, kepada Camat yang dipilih untuk mengelola kolecer. Penyerahan dilakukan usai upacara kesadaran nasional di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Senin (17/02/2020), pagi.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berterimakasih kepada Pemprov Jabar yang telah memberikan bantuan kolecer dan motor baca tersebut. Langkah tersebut sejalan dengan program Pemkab Ciamis dalam upaya meningkatkan minat baca dan budaya literasi di setiap wilayah di Kabupaten Ciamis.

“Kolecer menjadi salah satu opsi terbaik dalam menghadirkan perpustakaan umum ukuran mini, yang bisa diakses oleh masyarakat sesuai kebutuhan bacanya,” ujar Herdiat.

Pihaknya berharap, bagi Kecamatan yang mendapat bantuan kolecer ini, agar memelihara dan menjalankan aktifitas kolecer di daerahnya, sehingga masyarakat tahu dan dan dapat mengaksesnya dengan mudah. Dengan begitu, minat dan budaya literasi masyarakat Ciamis akan meningkat.

“Sesuai dengan salah satu visi dan misi kami yang tertuang pada RPJMD yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang pandai dengan Indek Pembangunan Masayarakat (IPM) yang baik tentunya,” jelas Herdiat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis, Tini Nurmasari meyebut, bantuan 6 kolecer dan 1 motor baca ini diserahkan ke Kecamatan Banjarsari, Kawali, Lakbok, Rajadesa, Panumbangan dan Rancah.

“Sementara motor baca ini akan digunakan Dinas Perpustakaan Ciamis bersama dengan penggiat TBM (Taman Baca Masyarakat). Bagi masyarakat yang membutuhkan motor baca ini juga bisa menghubungi Dinas Perpustakaan Ciamis,” katanya.

Lanjut Tini, saat ini Kolecer (Kota Literasi Cerdas) baru dimiliki 6 kecamatan saja. Kedepan, pihaknya berharap semua kecamatan di Ciamis bisa memiliki Kolecer, sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

“Sekarang masih ada 21 kecamatan yang belum memiliki kolecer ini, mudah-mudahan kedepan masih ada bantuan Kolecer untuk Pemkab Ciamis, dan akan kita serahkan ke kecamatan yang belum menerima,” jelas Tini.

Dengan kehadiran kolecer dan motor baca ini, pihaknya mengajak masyarakat Kabupaten Ciamis untuk lebih rajin membaca buku, karena akses mendapatkan buku saat ini lebih mudah. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -