Hewan Purba yang Belum Punah Sampai Sekarang, Apa Saja?

hewan purba yang belum punah
Salah satu hewan purba yang belum punah sampai sekarang. Foto: Ist/Net

Meski hidup berdampingan dengan dinosaurus, namun nyatanya ada beberapa jenis hewan purba yang belum punah sampai sekarang.

Fakta ini cukup mengejutkan. Sebagaimana yang kita tahu, hewan raksasa dinosaurus sudah hidup sejak puluhan juta tahun yang lalu.

Lebih mengejutkan lagi karena sebagian hewan tersebut sudah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu. Hal ini berarti ada hewan purba yang sudah hidup jauh sebelum dinosaurus muncul.

Hewan Purba yang Belum Punah Sampai Sekarang

Seperti yang diketahui, kepunahan dinosaurus disebabkan oleh hantaman asteroid, adanya perubahan iklim, hingga bencana alam. Fenomena tersebut membuat dinosaurus hilang dari peradaban dalam waktu sekejap.

Tak heran jika ditemukannya fakta mengenai beberapa hewan yang bisa selamat dan bertahan hidup sampai sekarang sangat mencuri perhatian.

Hanya saja, ukuran tubuh hewan purba yang ditemukan di era sekarang sangat berbeda dengan hewan prasejarah terdahulu. Ukurannya tak lagi raksasa.

Lantas apa saja hewan purba yang belum punah sampai sekarang? Jika anda sudah mulai penasaran, anda langsung saja simak ulasan berikut.

Ular

Hewan melata yang satu ini ternyata pernah hidup berdampingan dengan dinosaurus. Bahkan diketahui telah ada sejak 140 sampai 167 juta tahun yang lalu sebelum dinosaurus ada.

Baca Juga: Penemuan Ular Purba Berkaki di Argentina, Usianya Hampir 100 Juta Tahun

Keberadaan spesies ular hingga sekarang menunjukkan bahwa reptil ini adalah sosok yang tangguh. Ular bisa berevolusi dengan baik tanpa terpengaruh kondisi lingkungan yang tak bersahabat kala itu.

Belangkas

Selain ular, belangkas juga termasuk hewan prasejarah yang masih bisa dijumpai hingga kini. Belangkas sendiri adalah jenis artopoda yang mendiami perairan dangkal.

Tak hanya itu, kadang belangkas ini juga bisa ditemukan di area mangrove. Sekilas, hewan purba yang belum punah sampai sekarang ini mengingatkan kita dengan ladam kuda berekor dan bahkan kepiting.

Mengenai masa hidupnya, belangkas bisa dibilang sebagai hewan purba tanpa perubahan bentuk yang berarti. Dimana diketahui belangkas sudah ada sejak 400-250 juta tahun lalu di masa Devon.

Dengan kurun waktu tersebut, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi belangkas karena masih bisa dilihat di masa modern sekarang ini.

Hiu Goblin

Hewan prasejarah lainnya yang juga masih hidup sampai sekarang yaitu hiu goblin. Jenis hewan yang satu ini sudah ada sejak 120 juta tahun yang lalu.

Saat ini, hiu goblin menjadi salah satu jenis hewan yang sangat ditakuti. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan penampilannya yang menyeramkan.

Walau demikian, nyatanya hiu goblin ini tidaklah membahayakan manusia. Hal ini seakan memberikan pelajaran bagi kita untuk tak menilai sesuatu dari penampilannya saja.

Platipus

Bukan rahasia lagi jika platipus masih bisa ditemui sampai sekarang. Namun tahukah anda bahwa hewan ini ternyata sudah hidup sejak 122 juta tahun lalu?

Fakta hewan purba yang belum punah sampai sekarang ini diungkapkan oleh Tim Rowe selaku ahli paleontologi University of Texas pada tahun 2008 setelah berhasil menganalisis tulang rahang milik Teinolophos.

Buaya

Jika dibandingkan dengan dinosaurus, ternyata umur buaya jauh lebih tua. Hal ini dikarenakan spesies buaya sudah muncul sejak 240 juta tahun yang lalu, sementara dinosaurus baru ada sekitar 99 juta tahun lalu.

Sekilas untuk diketahui, di masa prasejarah, tepatnya pada periode Creataceous, spesies buaya dengan ukuran raksasa sudah sangat beragam. Mulai dari Sarcosuchus, Deinosuchus, Dryosaurus, dan Shieldcroc.

Penyu Belimbing

Jenis penyu terbesar ini juga hidup berdampingan dengan dinosaurus. Penyu ini telah ada sejak 100 juta tahun yang lalu.

Dengan berat bisa mencapai 900 kg dan panjang hingga 2 meter, jenis penyu ini tak seperti penyu lainnya. Penyu ini tak mempunyai karapan keras dan hanya makan ubur-ubur.

Ikan

Perlu untuk anda ketahui, ada banyak jenis ikan yang ternyata termasuk hewan purba yang belum punah sampai sekarang. Adapun beberapa diantaranya yaitu ikan pari air tawar raksasa, lamprey, dan coelacanth.

Nautilus

Sudah ada sejak 500 juta tahun yang lalu, nyatanya nautilus masih bisa bertahan hidup sampai sekarang. Keberadaannya saat ini tentu saja sangat mengejutkan karena bisa hidup selama itu.

Namun sayangnya, spesies hewan yang satu ini terancam punah. Oleh karenanya, keberadaan nautilus sangat penting untuk dilindungi.

Lebah

Pada zaman purba dahulu, ternyata juga sudah ada lebah, tepatnya pada periode Cretaceous. Dimana waktu ini bersamaan dengan era tanaman berbunga mulai tumbuh.

Fakta yang mengejutkan tentang hewan purba yang belum punah sampai sekarang ini berhasil diungkap melalui studi pada tahun 2013. Studi ini meneliti lebah kayu yang berhasil lolos dari kepunahan massal kala itu. (R10/HR-Online)

Loading...