Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita CiamisHilangkan Predikat Kota Pensiun, Ciamis Harus Bangkitkan Sektor Pariwisata

Hilangkan Predikat Kota Pensiun, Ciamis Harus Bangkitkan Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Untuk menghilangkan predikat Ciamis sebagai Kota Pensiun, pegiat pariwisata Ciamis, Jawa Barat, Endang Haris Juandana, mendorong pemkab Ciamis serius membangkitkan pariwisata di Kabupaten Ciamis.

“Ciamis harus mampu berbenah, sektor pariwisata di Ciamis harus bangkit, agar Ciamis tak lagi disebut Kota Pensiun,” ujar Endang, seusai menggelar audiensi pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis, bersama Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di ruang Opproom Pendopo Ciamis, Kamis (6/2/2020) lalu.

Selepas Pangandaran lepas dari Kabupaten Ciamis, Ciamis kehilangan salah satu objek wisata penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar. Tak lagi memiliki objek wisata andalan, Endang menilai Kabupaten Ciamis perlu membentuk BPPD.

Menurutnya, selain merupakan amanat Undang-undang, keberadaan BPPD diyakini mampu membantu Pemda, dalam mengoptimalkan tata kelola dan sumber daya manusia (SDM) bidang kepariwisataan.

“Makanya kita mencoba membuat sebuah wadah yang terstruktur, yakni BPPD bersama dengan rencana kerja yang akan dilaksanakan. Tadi saat audiensi dengan pak Bupati, beliau merespon pembentukan BPPD dan akan secepatnya di SK-kan,” kata Endang, yang juga merupakan Akademisi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) itu.

Lebih lanjut Endang mengatakan, BPPD akan menjadi lembaga yang fokus pada peningkatan sektor pariwisata dan bersifat mandiri di bawah Dinas Pariwisata Ciamis.

Dengan kehadiran BPPD, diharapkan citra kepariwisataan di Ciamis akan lebih maju dan meningkat. “Selain dai APBD Ciamis, kita BPPD juga akan menggalang pendanaan dari luar, untuk membangkitkan pariwisata di Ciamis, agar lebih maju lagi dan menjadi pariwisata yang berdaya saing,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -