Hobi Menulis Sejak SMP, Mahasiswa Pangandaran Ini Terbitkan 7 Novel Cinta

Mahasiswa Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Jienita Klistina, salah seorang mahasiswa Pangandaran, memang masih berusia 19 tahun, tapi hobi menulisnya telah membuatnya berhasil menelurkan 7 novel bertema Cinta.

Jienita yang masih duduk sebagai mahasiswa Universitas Padjajaran (UNPAD) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Pangandaran ini telah menulis novel sejak masih bersekolah di SMA.

Kini Jienita duduk di semester IV Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD Pangandaran. Putri dari Suryajie dan Eni Jie ini mengaku menulis novel hanya sekedar hobi.

“Tapi saya berpikir daripada tulisan yang sudah saya buat itu malah dibuang ke tempat sampah, ya saya kirim saja ke penerbit,” ujar Jienita, Senin (24/2/2020).

Rupanya Jienita telah menekuni hobi menulisnya sejak kelas 1 SMP. Saat dia duduk di kelas 1 SMK, dia sudah berhasil menulis novel pertamanya berjudul ‘Berhenti Berharap’.

“Semua novel yang saya tulis temanya tentang cinta. Inspirasinya dari pengalaman sendiri sampai cerita-cerita dari teman atau kerabat,” katanya.

Jienita menggandeng penerbit Guepedia untuk menerbitkan novel-novelnya. Itu dilakukan sejak novel pertamanya yang terbit saat dirinya masih duduk di kelas 1 SMK.

Uniknya, Jienita mengaku royalti dari novelnya disumbangkan untuk membangun sarana keagamaan, mulai royalti dari novel pertama sampai novel ketujuh.

“Kalau ada yang punya hobi menulis, ya harus terus ditingkatkan. Kalau karya kita dibaca sama orang lain itu pasti ada kebanggaan tersendiri. Selain itu tulisan kita juga bisa jadi inspirasi bagi yang lain,” ungkapnya.

Mahasiswa Pangandaran ini juga mengajak untuk membudayakan budaya menulis, karena menurutnya, tulisan itu akan abadi dan bisa terus dibaca.

Novel yang sudah ditulis Jienita sejak kelas 1 SMK, terdiri dari Berhenti Berharap, Aku Cinta Dia, Hijrahku, Love Quotes, Masih Menuggu, Bintang Jatuh, Cinta Dalam Diam, dan Then Came You. (Ceng2/R7/HR-Online)

Loading...