HP Layar Lipat Termurah di Tahun 2020

Galaxy Z Flip dan Motorola Razr, HP layar lipat termurah di tahun 2020.
Galaxy Z Flip dan Motorola Razr, HP layar lipat termurah di tahun 2020. Photo: Net/Ist.

HP layar lipat termurah di tahun 2020 ini datang dari vendor ponsel asal Korea Selatan dan Amerika Serikat. Samsung Galaxy Z Flip menjadi HP layar lipat termurah buatan Korea Selatan, sedangkan buatan Amerika adalah Motorola Razr.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/02/2020), harga smartphone layar lipat dikabarkan tahun ini bakal lebih murah dibanding tahun sebelumnya.

Untuk sekarang ini, Galaxy Z Flip dan Motorola Razr kemunginan akan menjadi smartphone dengan layar lipat yang dibandrol harga paling murah.

Samsung Galaxy Z Flip dibandrol harga USD1.380 atau sekitar Rp 18,8 jutaan, sedangkan Motorola Razr dijual seharga USD1499 atau sekitar Rp 21 jutaan.

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip. Photo: Net/Ist.

Perangkat ini menjadi ponsel layar lipat kedua dari Samsung, setelah sebelumnya  di tahun 2019 lalu Samsung meluncurkan Galaxy Fold.

Galaxy Z Flip diprediksi akan menjadi salah satu smartphone layar lipat paling populer dan termurah di tahun 2020 ini.

Desain

Berbeda dengan Galaxy Fold sebagai pendahulunya, karena untuk Galaxy Z Flip sebagai smartphone layar lipat terbarunya, Samsung mengusung desain clamshell.

Desain yang diusungnya itu membuat Galaxy Z Flip bisa dilipatkan dengan sumbu horizontal, serta Infinix Flex.

Layar

Samsung Galaxy Z Flip sebagai HP layar lipat termurah ini dibekali layar Super AMOLED beresolusi Full HD Plus dengan dukungan HDR Plus.

Selain itu, pada bagian cangkangnya terdapat layar kecil 1,06 inci yang posisinya berada di samping dua kamera.

Untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya, layar kecil tersebut mendukung fitur Always-on display.

Kemudian, panel di bagian depan juga sudah dilapisi oleh pelindung Corning Gorilla Glass 6 yang pinggirannya didesain melengkung.

Kamera

Kebutuhan fotografinya dibekali dual kamera di belakang masing-masing beresolusi 12 MP untuk kamera dual pixel AF, dan 12 MP lensa ultra-wide lengkap dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS).

Sedangkan, untuk kamera selfie yang didesain punch hole beresolusi 10 MP. Galaxy Z Flip juga telah medukung perekaman sampai 4K 60fbs pada kamera belakangnya, dan kamera depan 4K 30fbs.

Baterai

Kinerja HP layar lipat termurah dari Samsung ini disokong oleh baterai berkapasitas 3.300 mAh yang didukung Quick Charge 15W, dan dilengkapi pula Qi Wireless Charging 9W.

Sementara, untuk keamanan perangkat disematkan pemindai sidik jari di bagian sisi bodi perangkat.

Dapur Pacu

Galaxy Z Flip sebagai HP layar lipat termurah ditenagai chipset Snapdragon 855 Plus yang dipadukan dengan RAM 8GB dan memori penyimpanan 256GB, serta UfS 3.0.

Perangkat ini menjalankan sistem operasi Android 10, antarmuka One UI 2.0. Namun, perangkat layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip ini kabarnya tidak mendukung penggunaan microSD.

Motorola Razr

Motolora Razr. Photo: Net/Ist.

Motorola meluncurkan HP layar lipat bernama Motorola Razr. Perangkat ini diperkenalkan sejak 13 November 2019 lalu.

Tanpa Slot SIM

Motorola menjadi brand pertama yang tidak menyediakan slot SIM dan memori eksternal pada smartphone terbarunya.

Sebagai gantinya, HP layar lipat termurah yang satu ini menawarkan fitur dengan teknologi e-SIM. Fitur tersebut sudah diterapkan terlebih dahulu di beberapa iPhone.

Namun, penggunaan e-SIM mendapat banyak kekecewaan dari beberapa pihak karena teknologi tersebut masih baru, sehingga belum banyak pengguna yang mengetahuinya.

HP layar lipat Motorola Razr juga hanya dapat digunakan oleh Verizon, operator seluler asal Amerika Serikit.

Dapur Pacu

Meski punya teknologi layar lipat yang terbilang luar biasa, Motorola Razr hanya dibekali dapur pacu tingkat menengah dari Qualcomm, yakni Snapdragon 710 dengan fabrikasi 10nm.

Sebagai tambahan, Motorola Razr juga hanya dibekali satu pilihan RAM, yaitu 6GB dengan memori internal 128GB, dan menggunakan OS Android 9 Pie.

Layar

Motorola Razr memiliki dua layar yang bisa kamu nikmati. Kedua layar tersebut untuk mendukung teknologi HP layar lipat yang dihadirkan oleh vendoor ponsel tersebut.

Layar utamanya menggunakan panel foldable P-OLED seluas 6.2 inci beresolusi 2142 x 876, dan aspek rasio 21:9.

Untuk layar keduanya berukuran 2.7 inci dengan resolusi 800 x 600 pixel yang dapat digunakan sebagai layar preview saat selfie.

Kamera

HP layar lipat termurah milik Motorola ini dibekali satu kamera belakang dengan resolusi 16 MP, dan kamera depan beresolusi 5 MP. Kapasitas baterainya juga tergolong kecil, yakni hanya 2.510 mAh.

Baik Samsung Galaxy Z Flip maupun Motorola Razr sama-sama hadir dengan desain clamshell, yang smartphone terlipat secara vertikal. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...