HP Samsung Galaxy Z Flip, Ponsel Layar Lipat Fitur Canggih, Ini Harganya di Indonesia

HP Samsung Galaxy Z Flip di indonesia
HP Samsung Galaxy Z Flip, ponsel layar lipat pertama dari Samsung. Foto : Samsung Indonesia

HP Samsung Galaxy Z Flip yang merupakan seri terbaru di smartphone flagship diperkenalkan di Amerika Serikat pekan lalu. Sedangkan di Tanah Air sendiri, HP Samsung Galaxy Z Flip bakal hadir dalam waktu dekat ini.

Kehadiran smartphone besutan raksasa ponsel asal Korea Selatan di Indonesia ini, dibuktikan dengan mulai dibukanya Pre Oder dari tanggal 12 sampai 23 Februari 2020.

Pihak Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan, bahwa ketersediaan Galaxy Z Flip di Indonesia dalam jumlah terbatas.

HP Samsung Galaxy Z Flip yang hadir dalam dua varian warna Mirror Black serta Mirror Purple ini, dalam prapemesanan di Indonesia akan dibanderol Rp. 21.888.000,-.

Sebagai jajaran ponsel premium tentu Samsung Galaxy Z Flip menawarkan desain yang begitu mempesona, dengan model layar lipat yang pastinya bakal memberikan pengalaman yang baru.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Z Flip

Head of Product Marketing, IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, mengatakan, bahwa pihaknya tidak hanya melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen hari ini, melainkan juga berinovasi menciptakan tren dengan teknologi terkini.

“Itulah kenapa Samsung menawaran pengalaman ponsel layar lipat. Smartphone itu tidak hanya canggih, namun juga stylish,” katanya seperti dalam rilis yang diterima HR Online.

Sebagai gadget pertama yang mengusung seri Z, hadirnya ponsel layar lipat HP Samsung Galaxy Z Flip mempertegas komitmen memimpin kategori smartphone. Itu terlihat dari spek yang dibawanya.

Layar dan Desain

Saat dibuka Galaxy Z Flip memiliki ukuran layar utama seluas 6,7 inci, dengan resolusi 2636 x 1080 (FHD+) dan aspek rasio 21.9:9. Panel layarnya Dynamic AMOLED.

HP Samsung Galaxy Z Flip merupakan layar kaca lipat pertama yang dibuat oleh Samsung, dengan cover display-nya berukuran 1,1 inci dan berpanel Super AMOLED.

Smartphone Samsung ini juga menampilkan Infinity Flex Display dengan UTG (Ultra Thin Glass) yang bisa ditekuk, sehingga menjadi ramping serta apik.

Meski ponsel ini bisa ditekuk, namun jangan khawatir karena lekukan di balik layarnya ini tak akan mengganggu, serta tetap memberikan kenyamanan saat menikmati konten atau sinematik dengan layar lebih luas.

Sebagai ponsel layar lipat, tentu untuk menekuk layarnya terdapat engsel. Tapi engsel pada HP Samsung Galaxy Z Flip tersembunyi.

Kemampuan itu didukung mekanisme dual CAM dengan ukuran kecil, tapi desainnya tetap elegan untuk memastikan saat membuka dan menutup tidak ada masalah dan tetap stabil.

Layaknya layar pada laptop, HP Samsung ini juga bisa dibuka di berbagai sudut. Sedangkan sistem engsel yang tersembunyi merupakan perpaduan teknologi pembersih paling baru dari Samsung.

Sistem engsel tersebut memakai serat nilon yang dibuat menggunakan teknologi pemotongan mikro, untuk membersihkan berbagai kotoran dan debu.

Galaxy Z Flip juga memiliki tampilan stylish dengan ukuran yang minimalis. Saat dilipat, HP ini tampil elok serta nyaman saat digenggam. Selain itu, mudah disimpan di saku atau tas kecil.

Perangkat Samsung terbaru ini memiliki palet warna yang mempesona. Sedangkan lekukannya terlihat ramping. Ponsel layar lipat ini juga dibalut dengan desain berbahan kaca ini.

Performa HP Samsung Galaxy Z Flip

Beralih ke bagian jantung pacu, Samsung Galaxy Flip Z dibekali dengan otak Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+, dengan fabrikasi 7 nm 64-bit, dan prosesor  Octa-Core Maximum Clock Speed 2.95 GHz.

Sementara pendukung kinerja ponsel ini dipasang juga RAM berkapasitas 8 GB, yang sandingkan dengan penyimpanan internal 256 GB.

Sedangkan bagian daya dipasang baterai ganda berkapasitas 3.300 mAh plus fast charging kompatibel melalui kabel maupun nirkabel yang mampu mengisi baterai dengan cepat.

Tersedia juga Wireless PowerShare, yang memungkinkan pemakai untuk mencharger baterai terhadap Galaxy Watch, Galaxy Buds atau perangkat lainnya yang kompatibel secara nirkabel.

Kamera

Beralih ke sektor fotografi, HP Samsung Galaxy Z Flip dibekali dengan dual camera (dua kamera) di bagian belakang.

Kedua kamera itu antara lain 12 MP (ultra wide bukaan) dengan bukaan f/2.2, dan 12 MP aperture f/1.8 (wide-angle) yang sudah dibekali OIS for rear wide-angle camera (Optical Image Stabilization), dengan kemampuan Up to 8x digital zoom.

Sedagkan di bagian depan dipasang kamera berkonfigurasi 10 MP (f/2.4). Kamera selfie-nya ini memiliki fitur Quick Selfie, sehingga pengguna bisa menangkap foto selfie ketika dilipat, yaitu menggunakan navigasi tombol yang ada disamping ponsel tanpa harus membukanya.

Galaxy Z Flip bisa mengambil foto tanpa membutuhkan tripod, karena HP ini bisa berdiri sendiri dan bisa berkreasi dengan mengambil angle terbaik.

Kelebihan dari kameranya ini bisa memotret dengan pengaturan waktu, sampai mengambil gambar malam hari dengan jelas.

Selain itu, menciptakan video hyperlapse atau mengambil foto pada pencahayaan yang redup namun hasil tetap jelas dan bisa dilakukan dengan nyaman, yaitu cukup membuka smartphone lipat ini, lalu letakkan di atas meja.

Saat tertutup, menangkap selfie dengan kualitas tinggi bisa dengan mudah dilakukan hanya menggunakan satu tangan dengan cepat memakai kamera belakang, tanpa perlu ribet membuka HP.

HP Samsung Galaxy Z Flip. Foto : Samsung Indonesia

Fitur Lainnya

Meski dalam keadaan tertutup, namun cover display pada HP Samsung Galaxy Z Flip tetap bisa menampilkan notifikasi yang diperlukan, mulai dari informasi waktu, tanggal, status baterai, pesan dan panggilan masuk, sampai sebagai viewfinder saat digunakan untuk selfie.

Selain itu, HP layar lipat besutan Samsung ini juga bisa melakukan berbagai pekerjaan secara simultan menjadi lebih mudah. Hal itu berkat adanya fitur Multi-Active Window.

Fitur ini saat dibuka atau dijalankan bisa memilih dan menutup aplikasi yang ingin dipakai.

Sebagai bagian dari perangkat Galaxy, smartphone Samsung ini juga menghadirkan ekosistem Galaxy termutakhir. Seperti layanan premium, diantaranya Samsung Knox, Samsung Pay, Samsung Health dan masih banyak lagi.

Pengguna juga bisa menikmati pengalaman memakai kamera serba guna, yang mampu mengambil video 4K, rekaman Super Steady dan Live Focus.

Sementara di sektor keamanan untuk melindungi HP Samsung Galaxy Z Flip ini, dibekali chip sampai perangkat lunak terkini.

Mode keamanan yang ada di dalam perangkat ini antara lain, PIN, password, kemudian Biometric mode seperti Fingerprint sensor dan Face recognition.

Untuk mode keamanan dengan menggunakan Face recognition, hanya bisa dipakai dengan menggunakan kamera depan dan ketika lipatan dibuka.

Fitur lainnya, sistem operasi (OS) berbasis Android 10. Terdapat slot satu untuk SIM card jenis eSIM dan satu slot Nano SIM.

Sementara untuk warna HP Samsung Galaxy Z Flip di Indonesia tersedia dalam dua varian warna Mirror Black serta Mirror Purple. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...