HP Vivo V15 Pro Unggulkan Kamera 48 MP, Hasil Foto Makin Ciamik

HP Vivo V15 Pro hadir membawa layar Super AMOLED, dan kamera utama 48 MP.
HP Vivo V15 Pro hadir membawa layar Super AMOLED, dan kamera utama 48 MP. Photo: Net/Ist.

HP Vivo V15 Pro hadir membawa layar Super AMOLED, dan mengunggulkan kamera utama 48 MP. HP Vivo V15 Pro diluncurkan bulan Maret 2019 berbarengan dengan Vivo V15.

Vendor ponsel asal Tiongkok ini mengandalkan V15 Pro untuk merebut pasar smartphone kelas menengah.

Selain sektor kamera, perangkat tersebut juga mengunggulkan ruang penyimpanan berkapasitas ekstra besar.

Mengusung desain pop-up untuk kamera depan bersensor 32 MP dan trilpe kamera di belakang. Konfigurasi ini sama seperti yang dimiliki saudaranya, V15.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (24/02/2020), Vivo seri V15 Pro bersaing dengan Samsung Galaxy A50, Oppo Reno, Xiaomi Mi 9T dan Huawei Mate 20. Berikut ini ulasan spesifikasinya.

Spesifikasi HP Vivo V15 Pro

Layar

Perangkat ini dibekali layar penuh karena tidak ada notch atau poni di bagian atas layar berpanel Super AMOLED.

Sedangkan, bagian belakang bodi ponsel dibalut warna gradasi sehingga tampilannya terlihat memukau. Bagian belakang juga tersemat tiga kamera utama dilengkapi LED flash.

Di sisi kiri kanan bodi ponsel terdapat lengkungan untuk memudahkan pengguna menggenggam smartphone ini.

Tombol power dan volume diletakkan di bagian sisi kiri, sedangkan tombol Google Assistant dan slot untuk microSD berada di sisi kanan.

Kemudian, pada bagian bawah ponsel terdapat speaker dan port microUSB yang bisa menampung dua SIM, dan untuk port jack audio 3,5mm terdapat di bagian atas.

Di bagian layar Vivo V15 Pro tersimpan kamera pop-up. Untuk memunculkan kamera tersebut, pengguna cukup menyentuh tombol selfie yang ada di layar.

Begitu pula sebaliknya ketika ingin memasukkannya lagi, pengguna cukup menekan tombol tersebut.

Kamera

Di sektor fotografi, HP Vivo V15 Pro dibekali triple kamera belakang terdiri dari kamera utama 48 MP, depth sensor 5 MP, dan 8 MP l ultra-wide ditambah LED Flash.

Sementara, kamera pop-up untuk kebutuhan selfie bersensor 32 MP, dengan konfigurasi ini V15 Pro menjanjikan hasil foto berkualitas lebih baik.

Perlu diketahui pula bahwa, secara default kamera utama yang dimiliki perangkat ini mampu menghasilkan foto beresolusi 12 MP.

Jika pengguna ingin mengaktifkan kamera utama resolusi 48 MP, terlebih dahulu harus melakukan pengaturan di menu Setting.

Kamera utama dan kamera kedua milik V15 Pro mampu dengan mudah membuat foto bokeh. Sementara, untuk kamera ketiganya dapat menghasilkan foto ultrawide.

Selain itu, kamera HP Vivo V15 Pro tak cuma oke digunakan siang hari, tapi juga dapat diandalkan ketika dipakai saat malam hari atau dalam kondisi minim cahaya.

Hal itu berkat adanya dukungan fitur Night dan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang mampu menghasilkan kualitas foto tetap bagus, lebih jernih dan menarik.

Hardware

Untuk dapur pacunya, V15 Pro ditenagai chipset Snapdragon 675 Octa-core dari Qualcomm, dipadukan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang mendukung penggunaan microSD.

Dengan spek mumpuni itu membuat pengguna lebih leluasa melakukan aktivitas, baik bermain game berat seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, maupun menyimpan banyak foto beresolusi besar.

Pasalnya, chipset Snapdragon 675 dikenal efisien dan handal, baik digunakan untuk membuka banyak aplikasi, ataupun perpindahan antar aplikasi akan terasa lancar.

Kecanggihan Vivo V15 Pro semakin futuristik dengan adanya sensor fingerprint yang tersimpan di dalam layar.

Selain itu, dilengkapi pula fitur Face Unlock sehingga pengguna dapat membuka smartphone ini cukup menggunakan wajah.

Seperti halnya fitur fingerprint, Face Unlock juga bisa digunakan pengguna untuk membuka aplikasi-aplikasi yang dikunci.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V15 Pro

Kelebihannya

Tampilan layarnya tanpa notch (poni), berpanel Super AMOLED yang membuat layar smartphone canggih ini kaya akan visual.

Kelebihan lainnya, terdapat fitur-fitur penting seperti kamera depan pop-up serta fitur fingerprint yang tersimpan di dalam layar.

Kapasitas baterai 3.700 mAh yang diklaim awet, dan penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 675 yang handal dan efisien.

Kekurangannya

Vivo V15 Pro memiliki kekurangan pada segi kualitas audio ketika digunakan untuk merekam video.

Selain itu, fitur fast charging saat pengisian daya baterai juga masih terasa kurang kecepatannya.

Meski memiliki kekurangan, namun jika dibandingkan dengan Vivo V15, tentunya V15 Pro masih jauh lebih baik.

Hal tersebut berimbas pula terhadap harga yang ditawarkannya jauh lebih tinggi, yakni Rp 4,9 juta, sedangkan saudaranya, Vivo V15 dibandrol harga sekitar Rp 2,6 jutaan. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...