IBI Ciamis Bertekad Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

IBI Ciamis Bertekad Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi
IBI Ciamis bertekad turunkan angka kematian ibu dan bayi. Foto:Ilustrasi/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Ikatan Bidan Indonesia atau IBI Kabupaten Ciamis, bertekad untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Pasalnya, saat ini angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Ciamis masih cukup tinggi.

Hal itu dikatakan Ketua IBI Ciamis Yussi Agustin, usai melaksanakan rapat di Opproom Setda Ciamis Jumat (28/2/2020) kemarin. Dalam rapat tersebut IBI menyampaikan beberapa program kerja kepengurusan IBI Ciamis tahun 2019-2023.

“Kita belum tahu pasti berapa angkanya, yang jelas angka kematian ibu dan bayi di Ciamis masih cukup tinggi. Sehingga program kerja pengurus baru IBI akan fokus pada penurunan angka kematian ibu dan bayi,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Ciamis, selama bulan Januari hingga Oktober tahun 2019, kasus angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Ciamis mencapai 13 kasus. Sedangkan angka kematian bayi (AKB) tercatat sebanyak 84 kasus.

“Program IBI lainnya, selain menekan angka kematian ibu dan anak, IBI juga akan fokus pada program penurunan angka stunting di Kabupaten Ciamis,” pungkas Yussi. (Jujang/R8/HR Online)