Ikan Paling Berbahaya di Dunia, Gigitan dan Racunnya Bisa Bikin Nyawa Melayang

Ikan Paling Berbahaya di Dunia
Ikan buntal dan black piranha yang merupakan ikan paling berbahaya di dunia. Foto : istimewa

Ikan paling berbahaya di dunia dengan gigitan bisa bikin nyawa melayang. Bukan hanya gigitannya saja, ikan paling berbahaya ini juga memiliki racun yang tidak kalah mmatikannya dengan hewan di darat, seperti ular atau laba-laba.

Jenis ikan mematikan itu tidak hanya terdapat di laut saja, melainkan ada beberapa jenis yang hidup di sungai.

Bagi Anda pecinta film tentu sering melihat hewan air yang berbahaya dan mematikan, seperti film Jaws tentang ikan hiu dan Piranha 3D.  

Memang benar kedua hewan air itu terbilang berbahaya. Namun masih ada beberapa jenis ikan paling berbahaya di dunia yang jarang dibuat filmnya. Sehingga, ikan mematikan itu tidak sepopuler hiu atau piranha.

Akan tetapi, dalam kenyataannya ikan tersebut bisa menjadi ‘mesin’ pembunuh bagi manusia. Karena hewan air ini juga sangat agresif, buas serta memiliki racun yang mematikan.

Penasaran apa saja saja hewan air yang paling berbahaya. Berikut ini jenis spesies ikan paling mematikan di dunia.

Ikan Paling Berbahaya di Dunia

1. Black Pirahna

Siapa sih yang tidak tahu ikan Piranha. Hewan air yang memiliki babitat asli di sungai di daerah Amazon, Brasil, ini terkenal karena berbahaya dan mematikan.

Menurut para ahli, sampai saat ini ikan Piranha ini berjumlah 20 jenis. Namun Black Piranha sendiri yang merupakan ikan paling berbahaya di dunia.

Melihat dari namanya, tentu ikan ini memiliki warna hitam. Mengutip dari berbagai sumber, Black Piranha ini memiliki panjang dari 20 cm hingga 37 cm.

Dengan gigi yang begitu tajam hampir sama dengan hiu itu, belum lagi otot rahangnya yang sangat kuat, maka gigitan Black Piranha bisa sampai 30 kali dari berat badan.

Untuk makanannya bukanlah manusia, melainkan dari hewan yang telah menjadi bangkai. Jadi, Piranha ini tidak seagresif menyerang manusia seperti di film-film, malah menghindari manusia yang sedang berenang.

Namun, jika manusia berenang di dekat tanaman air harap hati-hati. Sebab, piranha ini sering bertelur pada tanaman air. Jika mendekati tanaman air, maka oleh piranha bisa dianggap sebagai ancaman dan kemudian akan menyerang.

Selain itu, jika dalam keadaan berdarah sebaiknya hati-hati juga. Pasalnya, ikan paling berbahaya di dunia ini bisa mencium aroma darah lalu tertarik untuk memakannya.

2. Ikan Harimau

ikan harimau. foto: istimewa

Hewan air paling mematikannya lainnya adalah ikan Harimau atau nama lainnya Goliath Tigerfish. Hewan air ganas ini asalnya dari perairan tawar di Afrika.

Hewan air ini bisa dikatakan sebagai ikan paling berbahaya di dunia, karena memiliki kemampuan menyerang yang luar biasa. Belum lagi ikan harimau ini memiliki taring tajam, sehingga sangat gampang mengoyak apa saja.

Mengutip dari animalplanet, Goliath Tigerfish merupakan satu-satunya jenis ikan yang tidak takut pada buaya, walaupun tubuhnya berukuran lebih kecil dari buaya.

Menurut penduduk lokal yang menyaksikan keganasan ikan ini saat menyerang manusia, serangannya itu dapat menyebabkan pendarahan hebat, bahkan dapat berujung kematian.

Ikan Paling Berbahaya di Dunia Lainnya

3. Hiu putih

Sama seperti piranha, hiu juga sangat terkenal akan keganasannya. Untuk hiu putih ini mempunyai ukuran dan berat yang begitu besar. Selain itu, dengan predikat sebagai hewan air predator paling menakutkan, tentu hiu putih dibekali juga taring begitu tajam.

Bahkan, mengutip dari National Geographic, hiu putih sebagai ‘penyumbang’ tertinggi dari semua serangan ikan itu di seluruh dunia.

Sementara makanan kesukaan dari ikan paling berbahaya di dunia ini adalah anjing laut. Lantas mengapa bisa menyerang manusia? Oleh hiu sendiri manusia dikiranya sebagai anjing laut.

4. Ikan buntal

Tidak seperti hewan air yang ada di atas, untuk senjata rahasia yang mematikan dari ikan buntal adalah pada bagian racunnya, yang ada di hampir semua tubuhnya.

Racun tersebut sangat berbahaya dan mematikan, bukan hanya pada makhluk hidup air, namun juga manusia. Sehingga tidak salah jika buntal ini dinoabtkan sebagai ikan paling berbahaya di dunia.

Untuk racunnya sendiri, kekuatannya bisa lebih dari 1200 kali dari racun sianida. Oleh karena itu, jangan sampai Anda berurusan dengan hewan air yang satu ini.

Meski berbahaya dan mematikan, akan tetapi ikan buntal sering diperdagangkan. Bahkan oleh koki profesional dijadikan makanan yang sangat terkenal.

5. Belut listrik

Ikan paling berbahaya di dunia lainnya yaitu jenis belut listrik. Menurut Scientific American, listrik yang dihasilkan oleh belut ini sangat besar. Sumbernya dari sistem saraf yang kompleks.

Namun listriknya itu tidak akan keluar apabila hewan air ini tidak dalam kondisi terdesak, hanya mengeluarkan dalam jumlah yang kecil untuk mengagetkan hewan di sekelilingnya.

Akan tetapi bila dalam kondisi terdesak, maka belut ini bakal mengeluarkan listrik dengan kekuatan yang besar. Bahkan, kekuatan listrik yang dimiliki oleh belut ini bisa membunuh buaya.

Ikan Paling Mematikan di Dunia

6. Ikan Batu

Ikan batu termasuk dalam ikan paling berbahaya di dunia. Foto : Reeflifesurvey.com

Ikan paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah ikan batu. Sesuai dengan namanya, hewan air ini berbentuk menyerupai batu karang. Bentuknya itu merupakan kamuflase saja, untuk melindungi diri dan mencari mangsa.

Hewan yang habitatnya di perairan laut tropis dangkal ini mempunyai ukuran panjang tuubhnya 30 cm sampai 40 cm. Dan ikan karnivora tersebut ‘rumahnya’ di dasar terumbu karang.

Lantas apa yang mematikan dari ikan batu ini? Bahwa ikan batu atau menurut wikipedia dalam bahasa latin Synanceia verrucosa ini mempunyai racun yang bisa menghilangkan nyawa.

Asal dari racunnya tersebut yaitu dari organ di luar tubuhnya, seperti di bagian duri serta kulitnya. Jika manusian terkena racun tersebut maka dampaknya sangat menyakitkan.

Karena ikan batu ini berbentuk seperti batu, maka tidak sedikit orang yang secara tak sengaja menginjaknya. Dan jika terkena racun maka bisa pingsan bahkan meninggal.

Selain itu, ikan paling berbahaya di dunia ini juga mempunyai tulang tajam yang letaknya di bawah matanya. Tulang tersebut bisa keluar mendadak untuk menusuk mangsa dari ikan batu. 

Meski berbahaya dan mematikan, ternyata ikan batu ini sangat bermanfaat di dunia kesehatan. Menurut Science Daily, racunnya itu bisa dikembangkan menjadi senyawa, yang sangat membantu manusia menjalani terapi transplantasi organ.

7. Candiru

Candiru termasuk ikan paling berbahaya di dunia karena bisa masuk ke lubang tubuh manusia, lalu menghisap darah layaknya lintah.

Ikan ini berbentuk kecil dengan ukuran antara 1 sampai 5 cm. Namun dengan bentuk yang kecil ini, maka candiru memiliki kelebihan yaitu menjadi parasit di dalam insang ikan besar di sungai Amazon.

Meski bisa dikatakan paling berbahaya, akan tetapi ikan candiru ini jarang menyerang manusia. Namun, untuk Anda yang menyelam atau berenang di sungai Amazon, sebaiknya hati-hati.

Dengan sifatnya sebagai parasit yang doyan menghisap darah serta selalu nempel di inangnya, maka tidak salah jika candaru ini dikatakan sebagai ikan paling berbahaya di dunia. (Adi/R5/HR-Online)