Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisImbangi Permintaan Pasar, Poktan Taruna Karya 1 Ciamis Budidayakan Pisang Cavendish

Imbangi Permintaan Pasar, Poktan Taruna Karya 1 Ciamis Budidayakan Pisang Cavendish

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani (Poktan) Taruna Karya 1, Blok Pasirluhur, Dusun Sindanghhilir, Desa Citeureup, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, menanam ribuan pohon pisang Cavendish.

Penanaman itu menyusul banyaknya permintaan pasar dan upaya meningkatkan pendapatan petani.

Ketua Poktan Taruna Karya 1, Tatang, ketika ditemui Koran HR, Senin (27/01/2020), membenarkan, saat ini permintaan pasar akan buah pisang cukup banyak. Untuk itu, pihaknya memanfaatkan lahan tanah di blok Pasirluhur seluas 2 hektar untuk ditanami 1250 pohon pisang.

“Melihat banyaknya permintaan, kami berkonsentrasi untuk menanam pisang Cavendish,” katanya.

Menurut Tatang, tanaman pisang di desanya cukup banyak dan tumbuh subur. Namun jenis tanaman pisang yang ada kebanyakan jenis tanaman pisang yang proses pembuahannya memakan waktu cukup lama.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan para petani, kata Tatang,, maka Poktan Taruna Karya 1 membuat terobosan dengan mengembangkan usaha budidaya pisang Cavendish.

Tatang menjelaskan, benih pisang Cavendish yang ditanam merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis tahun 2019. Bantuan tersebut juga disertai dengan pupuk organik, NPK dan Handsprayer.

Meski lahan kebun pisang belum begitu luas, lanjut Tatang, pihaknya optimisi budidaya pisang cavendish akan meningkatkan pendapatan petani. Terlebih, permintaan pasar saat ini cukup tinggi.

“Dan pohon pisang yang kami tanam terlihat tumbuh subur,” katanya.

Andri, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat, menjelaskan, pisang Cavendish adalah jenis pisang ambon putih yang berasal dari Amerika. Namun pisang Cavendish dapat tumbuh subur di daerah tropis, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

“Dengan suhu optimum untuk pertumbuhannya 270 derajat celcius dan suhu maximum 380 derajat celcius. Serta dengan keasaman tanah (PH) 4,5- 7,5,” katanya.

Jika ilihat dari suhu maupun dari tingkat keasaman tanah, lanjut Andri, tanaman pisang Cavendish yang ditanam Poktan Taruna Karya 1 dapat dipastikan berhasil, asal pemeliharaannya dilakukan secara betul-betul.

Andri menambahkan, untuk tanaman pisang Cavendish, sinar matahari juga harus diperhatikan, dalam arti harus stabil. Sebab apabila sinar matahari yang mengenai pisang terlalu berlebihan, justru akan merusak batang pohon dan menyebabkan pohon mati.

“Terobosan Poktan Taruna Karya dalam mengembangkan usaha budidaya pisang Cavendish, dapat dipastikan sukses, terlebih pangsa pasarnya sudah jelas,” katanya. (Dji/Koran HR)

- Advertisment -