Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruIngin Ganteng? Makan Buah Semangka

Ingin Ganteng? Makan Buah Semangka

Siapa yang tidak doyan buah semangka? Buah yang rasanya manis ini sangat menggoda selera, apalagi di makan tengah hari saat cuaca panas. Semangka merupakan tanaman merambat yang tumbuh subur di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Semangka masih kerabatan dengan buah labu, melon dan ketimun. Semangka baik yang dagingnya berwarna merah ada kuning, sangat kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Namun percayakah kamu, jika makan buah semangka akan membuat kamu lebih ganteng? Jawabannya bisa. Semangka yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, lycopene, zat antioksidan, dan asam amino, ternyata mampu membuat kulit kamu kembali muda dan kencang.

Bagi kamu yang merasa kulit kamu sudah menua dan tidak kencang lagi, tidak usah pergi ke salon perawatan apalagi hingga melakukan operasi plastik. Untuk mengembalikan kegantengan wajah kamu, cobalah rajin mengonsumsi semangka.

Dilansir dari berbagai sumber, ahli kesehatan kulit di London, Inggris, Su-Man, menyebut, semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, terutama kesehatan kulit wajah.

Menurutnya, buah semangka mengandung 92 persen air dan mengandung banyak vitamin A, vitamin B6, vitamin C, lycopene, zat antioksidan, dan asam amino, yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kata dia, asam amino pada semangka berfungsi untuk melancarkan peredaran darah serta meremajakan kulit. Sedangkan zat lycopene berguna sebagai anti radang. Selain itu, vitamin A pada semangka, akan menjaga kulit dan batang rambut agar tetap lembab. Sementara kandungan antioksidan pada semangka, akan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Su-Man menyebut, buah semangka juga mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

“Mengonsumsi buah semangka sangat tepat bagi mereka yang meminimalisir efek penuaan dini pada kulit wajah,” ujar Su-Man.

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit

Selain pernyataan diatas, berikut kami rangkum berbagai manfaat semangka untuk kesehatan kulit:

1. Membersihkan wajah

Untuk membersihkan wajah, anda cukup membuat jus semangka. Jus tersebut lalu oleskan ke bagian wajah, lalu bersihkan dengan air setelah beberapa saat. Semangka ini dapat mengangkat kotoran yang menempel pada bagian wajah serta menghilangkan kulit kusam. Anda pun bisa meminum langsung jus semangka, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Menghilangkan kadar minyak berlebih

Buah semangka sangat baik untuk perawatan wajah salah satunya untuk menghilangkan kadar minyak berlebih. Anda hanya perlu mennggunakan buah semangka yang sudah dihaluskan dan jadikan masker.

3. Melembapkan Wajah

Semangka sangat ampuh untuk melembabkan kulit wajah. Kandungan 92 persen air dalam semangka sangat ampuh menjaga kelembapan kulit.

4. Meredakan jerawat

Jika kamu memiliki permasalahan dengan jerawat pada wajah, cobalah memanfaatkan buah semangka. Caranya, gunakan semangka yang sudah dihaluskan untuk masker wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air bersih. Masker buah semangka ini mampu mengobati peradangan pada jerawat.

5. Anti Aging

Kandungan lycopene, vitamin A, dan C pada semangka membantu kulit wajah terhindar dari paparan radikal bebas, sehingga mampu menjaga kulit terjangkit jerawat dan kerutan di kulit. Anda cukup mencampurkan air perasan semangka dengan madu, lalu oleskan pada wajah sebelu tidur. Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh sehat dan memiliki kulit wajah yang selalu terlihat muda, cobalah rujin makan buah semangka. Selain sehat, kamu juga bisa mendapati wajah yang lebih ganteng.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Jantung

Selain baik untuk kesehatan kulit wajah, semangka juga bermanfaat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Kandungan lycopene, citruline dan arginine, pada semangka sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dalam sebuah jurnal terbitan Amerika menyebut, arginine sangat baik untuk kesehatan aliran darah yang dipompa jantung. Arginine pun ternyata mampu mengurangi lemak berlebih pada tubuh. Lemak berlebih tersebut menimbulkan kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama serangan jantung mendadak.

Semangka juga mengenyangkan perut dan menghindari tubuh terkena dehidrasi. Hal tersebut karena buah semangka mengandung 92 persen air dan elektrolit yang baik untuk tubuh. Semangka pun mampu membuat suhu tubuh tetap stabil meski dalam cuaca panas menyengat.

Apa Itu Semangka?

Semangka atau tembikai dalam bahsa asingnya citrullus lanatus, diketahui merupakan buah yang berasal dari wilayah setengah gurun di Afrika selatan. Semangka merupakan tanaman merambat yang tumbuh subur di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jenis Semangka

Semangka Sweet Beauty

Semangka ini memiliki ciri-ciriny, kulit buahnya tebal, sehingga kebal terhadap tekanan. Untuk warna daging buah semangka jenis ini berwarna merah, kulitnya berwarna hijau.

Semangka New Dragon

Semangka ini bisa memiliki berat hingga 10 kilogram, berbentuk buat lonjong dan kulitnya berwarna hiju dan tebal. Sementara dagingnya berwarna merah dengan rasa sangat manis dan segar.

Semangka Yellow Baby

Sesuai namanya, buah semangka ini memiliki daging warna kuning kulitnya berwarna hijau muda. Semangka kuning ini paling banyak di budidayakan di Indonesia. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -