Interior Rumah Bergaya Belgian untuk Kesan Sederhana Nan Mewah

Interior Rumah Bergaya Belgian
Interior Rumah Bergaya Belgian. Foto: Istimewa

Interior rumah bergaya Belgian kini juga menarik perhatian banyak orang. Bahkan gaya Belgian ini sudah diterapkan di beberapa hunian. Gaya Belgian sendiri memang memiliki ciri khas.

Sehingga kesan dan nuansa yang dihadirkan sangat berbeda dengan gaya lain. Terutama dengan gaya Wabi-Sabi ala Jepang. Kedua gaya ini hampir tidak ada persamaan.

Gaya Belgian benar-benar mengutamakan kenyamanan, sedangkan Wabi-Sabi mengutamakan kesederhanaan dari ketidaksempurnaan.

Meskipun begitu, gaya Belgian bisa anda gunakan untuk mendesain interior hunian. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang berbeda.

Desain Interior Rumah Bergaya Belgian

Berbicara mengenai hunian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah desain interior dan juga eksterior. Kedua hal ini memang sangat berkaitan dengan hunian.

Interior rumah memiliki pengaruh penting pada tampilan rumah. Seperti yang diketahui jika interior tidak didesain dengan tepat maka hasilnya kurang memuaskan.

Baca juga: Interior Rumah Wabi-Sabi Ala Jepang, Keindahan yang Hampir Sempurna

Untuk itu, anda harus menggunakan beberapa gaya dalam mendesain interior rumah. Salah satunya adalah gaya Belgian. Gaya ini memiliki keunikan tersendiri. Interior rumah bergaya Belgian memang pilihan yang tepat.

Apalagi gaya ini memberikan kesan nyaman dan nuansa ramah. Hunian yang mengaplikasikan desain ini tentunya memiliki tampilan yang menarik.

Pengaplikasian desain interior dengan gaya Belgian tidaklah sulit. Sebab, anda bisa mengaplikasikannya pada fitur yang ada di rumah.

Konsep interior Belgian ini sebenarnya bisa diterapkan secara menyeluruh. Berikut ini beberapa ide yang bisa digunakan ketika menerapkan interior Belgian.

1. Menggunakan Furnitur yang Berukuran Besar

Salah satu ide yang bisa digunakan adalah melengkapi rumah dengan furnitur yang berukuran besar. Furnitur yang berukuran besar ini merupakan salah satu ciri khas dari konsep Belgian.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda menggunakan furnitur yang berukuran besar. Furnitur yang bisa anda gunakan dalam interior rumah bergaya Belgian adalah sofa yang berlapis kain linen.

Baca juga: Interior Rumah Warna Olive, Nuansa Alami dan Tidak Membosankan

Penggunaan furnitur yang berukuran besar ini bisa diletakkan pada ruangan yang tepat. Jika tidak diletakkan pada ruangan yang tepat, maka akan terkesan sempit.

Interior rumahini bisa diterapkan di ruang tamu. Ruang tamu yang memiliki sofa besar bisa digunakan untuk duduk tamu dalam jumlah yang banyak.

Desain ini bisa dibilang sangat sederhana. Penerapannya pun cukup mudah. Sehingga anda tidak akan merasa kesulitan.

2. Penggunaan Material yang Khas

Ide interior rumah bergaya Belgian selanjutnya adalah menggunakan material yang khas. Material khas yang dimaksud adalah material organik.

Seperti yang diketahui bahwa material organik masih sering digunakan. Bahkan telah digunakan secara keseluruhan.

Beberapa material organik yang bisa digunakan adalah batu, keramik, dan juga kayu. Salah satu material tersebut bisa anda gunakan pada lantai rumah.

Bahkan anda juga bisa menerapkannya pada dinding rumah. Tidak lupa untuk melakukan finishing. Tujuannya adalah agar konsep interior Belgian semakin sempurna.

3. Bahan Linen Pada Tirai

Hal yang tidak boleh terlewatkan adalah menggunakan bahan linen. Linen ini bisa anda aplikasikan pada sebuah tirai.

Interior rumahini akan semakin terlihat dari penggunaan linen ini. Penggunaan tirai yang berbahan linen memang sudah sering digunakan.

Baca juga: Interior Rumah di Tahun 2020, Inspirasi Hunian Kekinian

Alasannya adalah karena tirai linen ini memberikan kesan khusus. Meskipun sederhana, namun kesan yang diberikan begitu mewah.

4. Pengaplikasian Warna Netral

Ide terakhir yang bisa anda gunakan adalah mengaplikasikan warna netral. Seperti yang diketahui bahwa interior rumah bergaya Belgian sangat mengutamakan warna netral.

Bahkan bisa dibilang bahwa warna netral ini sangat identik dengan konsep Belgian. Warna netral bisa diaplikasikan pada furnitur atau interior yang lainnya.

Mengapa harus menggunakan warna netral? Karena warna netral memberikan kehangatan pada sebuah ruangan. Tidak hanya itu saja, warna netral juga memberikan kesan damai pada ruangan tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua rumah Belgian cocok menggunakan warna netral. Hal tersebut sesuai dengan desain interior yang dimiliki.

Jika tidak didesain dengan baik, maka hasilnya juga kurang baik. Meskipun penggunaan warna netral identik dengan Belgian, namun tidak harus mendominasi.

Untuk itu, anda harus mendesain interior rumah dengan benar. Penataan furnitur dan komposisi warnanya harus tepat. Desain interior rumah bergaya Belgian bisa menjadi solusi yang tepat. Terutama untuk mengubah tampilan rumah. (R10/HR-Online)

Loading...