Interior Rumah Wabi-Sabi Ala Jepang, Keindahan yang Hampir Sempurna

interior rumah wabi sabi ala jepang
Salah satu contoh interior rumah wabi-sabi ala Jepang. Foto: Net/Ist

Interior rumah wabi-sabi ala Jepang bisa diterapkan di dalam rumah. Desain interior memang sangat penting. Apalagi untuk menunjang keindahan rumah.

Untuk itu, diperlukan sebuah desain interior yang unik dan menarik. Kini ada banyak desain interior yang bisa digunakan.

Kebanyakan memang sudah umum digunakan. Namun kali ini anda bisa menggunakan interior wabi-sabi ala Jepang. Desain interior seperti ini terbilang sangat unik.

Mengenal Interior Rumah Wabi-Sabi Ala Jepang

Desain interior yang ada saat ini memang beragam. Hal tersebut yang membuat banyak orang merasa kebingungan untuk memilih desain interior yang tepat.

Salah satu inspirasi interior yang direkomendasikan adalah wabi-sabi. Inspirasi ini mungkin sedikit asing dan tidak terlalu umum digunakan. Namun bagi orang yang sudah mengenal desain ini, maka akan terlintas kuno atau tradisional.

Interior rumah wabi-sabi ala Jepang merupakan hal yang unik. Mengapa dikatakan unik? Hal ini dikarenakan ada sebuah filosofi di dalam interior ini.

Hal yang paling identik dari desain interior wabi-sabi adalah ketidaksempurnaan pada keindahan. Lebih tepatnya adalah sebuah keindahan yang tidak sempurna.

Desain interior yang menggunakan wabi-sabi akan terlihat sedikit aneh. Sebab, ada beberapa hal yang belum selesai.

Padahal hal tersebut merupakan finishing. Namun ketidaksempurnaan ini menjadi hal yang paling menarik.

Interior rumah wabi-sabi ala Jepang ini memang jarang digunakan. Meskipun dikatakan unik, namun tidak semua orang paham akan maksud yang disampaikan.

Perlu diketahui bahwa konsep wabi-sabi memiliki arti yang berbeda. Wabi bermakna sebuah kesadaran untuk menemukan sesuatu di dalam ruangan. Sedangkan sabi lebih condong kepada keindahan yang bernilai rusak. Seperti retak dan karatan pada interior.

Penerapan Interior Rumah Wabi-Sabi Ala Jepang

Tampilan sebuah hunian sebenarnya dapat dinilai dari konsep dekorasi yang digunakan. Apabila konsep dekorasi yang digunakan tidak bagus, maka sama halnya dengan ruangan.

Konsep yang digunakan pada interior rumah sangat berpengaruh pada tampilan ruangan. Untuk itu, memberikan sentuhan desain atau gaya pada interior tidaklah mudah.

Penerapan interior rumah ala Jepang bisa diaplikasikan pada furnitur. Tidak hanya furnitur saja, tetapi juga bisa diaplikasikan pada komponen yang lainnya.

Pengaplikasian ini akan sangat cocok sekali dengan hunian yang dimiliki. Sebab, gaya wabi-sabi memang fleksibel. Sehingga bisa diaplikasikan pada desain rumah apa saja.

Penggunaan Material pada Interior Rumah Wabi-Sabi Ala Jepang

Selanjutnya adalah penggunaan material wabi-sabi ala Jepang. Tentunya material ini berkaitan dengan interior pada rumah.

Seperti yang diketahui bahwa interior yang ada di rumah bisa dipenuhi dengan beberapa komponen. Salah satunya adalah furnitur berupa meja dan kursi.

Bahkan ada beberapa laci atau rak serbaguna lainnya. Agar konsep wabi-sabi ini lebih terasa, maka material yang digunakan bisa diubah.

Interior rumah wabi-sabi bisa menggunakan material sederhana. Diantaranya adalah rangkaian rotan, kemudian sulaman rumput. Hingga interior yang menggunakan kayu kati.

Beberapa bahan material tersebut sangat identik dengan wabi-sabi ala Jepang. Lebih tepatnya adalah keindahan pada ketidaksempurnaan

Penataan Interior Rumah Wabi-Sabi Ala Jepang

Setelah mengaplikasikan konsep interior, maka langkah selanjutnya adalah menatanya. Meskipun konsep ini identik dengan ketidaksempurnaan, namun masih harus menonjolkan keindahan.

Ketidaksempurnaan tersebut bisa dilihat dari detail konsep. Berbeda dengan penataan yang harus dilakukan dengan benar.

Penataan ini bisa dilakukan pada peralatan rumah tangga. Kemudian beralih ke beberapa furnitur yang menggunakan konsep wabi-sabi.

Baca Juga: Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Untuk memperindah, maka anda bisa menggunakan desain yang tidak simetris. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan ketidaksempurnaan pada interior rumah.

Dalam hal penataan interior rumah wabi-sabi ala Jepang, anda bisa melakukan penambahan. Salah satu penambahan yang bisa dilakukan adalah pemberian unsur alam.

Ketidaksempurnaan pada interior rumah bisa diberi sentuhan keindahan. Salah satunya adalah unsur alam yang menggunakan tanaman hias di dalam ruangan.

Dengan begitu, ruangan tidak akan membosankan. Konsep wabi-sabi akan terlihat, begitupun dengan keindahan ruangannya.

Agar lebih menarik, maka bisa ditambah dengan penggunaan wallpaper dinding. Anda juga bisa menggunakan cat dinding yang berwarna natural, namun agak gelap.

Interior rumah wabi-sabi ala Jepang akan menghiasi ruangan anda. Pengaplikasian konsep ini sangat menarik. Untuk itu, anda bisa menerapkannya. (R10/HR-Online)