Jembatan Cigunung Panawangan Ciamis Ambruk, Akses Warga Tiga Desa Terputus

Jembatan Cigunung Panawangan Ciamis Ambruk, Akses Warga Tiga Desa Terputus
Jembatan Cigunung, yang berada di Blok Nutug Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, ambruk dan putus diterjang banjir Rabu (19/2/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Jembatan Cigunung, yang berada di Blok Nutug Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk dan putus diterjang banjir Rabu (19/2/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Akibat ambruk dan putus, akses transportasi masyarakat sekitar lumpuh total hingga Kamis, (20/2/2020). 

Sekretaris Desa Nagarajaya, kecamatan Panawangan, Nani mengatakan, hujan deras yang terjadi pada Rabu sore kemarin, menyebabkan penopang jembatan Cigunung ambruk diterjang banjir.

“Sebenarnya kondisi jembatan  masih bagus, namun penopang jembatan tidak kuat menahan derasnya terjangan banjir,” ujar Nani kepada HR Online, Kamis (20/2/2020).

Nani menyebut, akibat ambruknya jembatan tersebut, akses jalan yang menghubungkan desa Sagalaherang, Nagarajati dan Desa Nagarapageuh lumpuh total.

“Jembatan tersebut juga merupakan satu-satunya jalan penghubung ketiga Desa tersebut. Sehingga kami berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis, dalam waktu dekat bisa membangun kembali jembatan yang ambruk, agar akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan masyarakat kembali normal,” jelasnya.

Salah satu perangkat Desa Nagarajati Jenal Muslih menambahkan, ambruknya jembatan Cigunung mengakibatkan akses perekonomian masyarakat terganggu.

Bahkan anak-anak yang bersekolah di SMA dan SMK di Desa Nagarajaya, terpaksa diliburkan, karena tidak ada akses jalan lain, ketika jembatan itu ambruk.

“Untuk masyarakat Desa Nagarajati yang mau bepergian, sementara ini harus melalui jalan desa Jagabaya yang jaraknya menjadi lebih jauh, sehingga biaya transportasi menjadi meningkat,” katanya. (Edji/R8/HR Online)