Jembatan Citanduy Penghubung Ciamis-Cilacap Segera Dibangun

jembatan citanduy
Kunjungan Kerja Bupati Ciamis, Jawa Barat, Herdiat Sunarya ke Kantor Setda Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Dok Humas Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pemkab Ciamis, Jawa Barat dan Pemkab Cilacap, Jawa Tengah sepakat untuk membangun Jembatan Citanduy penghubung Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, dengan Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Hal itu terungkap saat kunjungan kerja Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya ke Kantor Setda Kabupaten Cilacap, Selasa (25/2/2020).

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, menerima langsung kunjungan Herdiat Sunarya, yang juga sekaligus ajang silaturahmi dua bupati tersebut.

Herdiat mengatakan, pembangunan jembatan penghubung Desa Sidaharja, Lakbok, dan Desa Tarisi, Wanareja merupakan hasil kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten/Kota yang berada di wilayah perbatasan.

Pemkab maupun Pemkot yang terhimpun dalam Kunci Bersama tersebut terdiri dari 9 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Sebelumnya sudah diusulkan dalam Kopdar pertama tahun 2020 di Purwakarta, salah satu usulan strategisnya adalah pembangunan jembatan tersebut,” ungkap Herdiat, seperti dikutip HR Online dari realese Humas Ciamis, Selasa (25/2/2020).

Tujuan dari pembangunan Jembatan Citanduy penghubung dua desa di dua kabupaten tersebut, dikatakan Herdiat, untuk mengurangi kesenjangan di daerah perbatasan.

“Kami dari Pemkab Ciamis memberikan usulan strategis, salah satunya pembangunan jembatan penghubung yang nantinya akan menjadi prioritas pembangunan Provinsi Jawa Barat,” kata Herdiat.

Sementara itu, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, mengungkapkan, Kabupaten Cilacap sebelumnya telah mendapatkan alokasi pembangunan jembatan penghubung Jawa Barat-Jawa Tengah.

“Jembatan penghubung Jawa Barat-Jawa Tengah tersebut menghubungkan Kabupaten Cilacap dengan Desa Sukanagara, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran,” terangnya.

Sementara untuk anggaran pembangunan Jembatan Citanduy penghubung Sidaharja, Ciamis, dan Tarisi, Cilacap berasal dari sharing APBD Provinsi Jawa Barat dan APBD Provinsi Jawa Tengah.

“Nanti akan disepakati pembangunan Jembatan Sidaharja-Tarisi untuk mendapatkan alokasi dari sharing APBD Provinsi Jabar dan Jateng,” jelas Tatto. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...