Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisKabel Listrik Tegangan Tinggi di Kawali Ciamis Putus Tertimpa Pohon

Kabel Listrik Tegangan Tinggi di Kawali Ciamis Putus Tertimpa Pohon

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kabel listrik bertegangan tinggi di Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus tertimpa pohon tumbang, Jum’at (07/02/2020).

Koyah, warga sekitar, mengatakan, putusnya kabel bertegangan tinggi milik PLN itu disebabkan oleh pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi wilayah Desa Sindangsari, dan mengakibatkan jaringan listrik padam.

Sementara itu, Diding, petugas PLN, mengatakan, saat musim penghujan, banyak masyarakat yang mengeluhkan gangguan listrik. Hal itu disebabkan banyaknya pohon tumbang atau dahan patah menimpa jaringan listrik.

“Kasus gangguan kelistrikan karena cuaca ekstrim sudah diantisipasi sejak jauh-jau hari, namun di lapangan ada saja pohon yang luput dari rabas jaringan,” terangnya, kepada HR Online.

Sebelum memasuki penghujan, lanjut Diding, PLN juga sudah melakukan upaya pemeliharaan jaringan. Hanya saja kendala di lapangan terkadang masyarakat tidak mengizinkan pohon-pohonnya ditebang, meski sangat membahayakan jaringan listrik.

Untuk itu, Diding mengimbau kepada masyarakat, sebaiknya jika ada pepohonan yang berdekatan dengan jaringan listrik, pemilik pohon tinggal menghubungi pihak PLN. Biar petugas PLN yang menebang atau memotongnya.

“Jangan sampai setelah tumbang baru melapor. Mengingat gangguan listrik rentan terjadi, diharapkan agar masyarakat yang memiliki pepohonan dan dianggap akan membahayakan jaringan listrik, melapor saja ke pihak PLN,” tandasnya. (Dji/R3/HR-Online)

- Advertisment -