Kampung Wisata Cisangkal Penghasil Buah Durian Terbanyak di Pangandaran

Kampung Wisata Cisangkal menjadi penghasil buah durian terbanyak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Kampung Wisata Cisangkal menjadi penghasil buah durian terbanyak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Madlani/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kampung Wisata Cisangkal menjadi penghasil buah durian terbanyak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Satu pohon durian bisa menghasilkan puluhan ribu buah dalam satu kali masa panen atau per tahun.

Kampung Wisata Cisangkal Kalimanggis di Dusun Mekarmulya, Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar memiliki lahan seluas 20 hektar yang ditumbuhi ribuan pohon durian, dan ada 40 pohon sebagai indukan durian lokal Cisangkal.

Salah seorang petani durian Cisangkal, Siti Marlina (30), mengatakan, di Kampung Wisata Cisangkal ini terdapat potensi durian lokal asli Cisangkal yang pohonnya berusia ratusan tahun.

“Satu pohon durian lokal bisa menghasilkan hingga puluhan ribu buah dalam sekali masa panen. Kami menjualnya dengan jaminan rasa yang khas, dan apabila ada yang busuk dan rasanya hambar, pembeli tidah usah membayar alias digratiskan. Itu sudah menjadi komitmen kami para petani Durian Cisangkal,” terangnya, kepada HR Online, Minggu (23/02/2020).

Lebih lanjut Siti Marlina mengatakan, ada sekitar 79 KK (Kepala Keluarga) yang tinggal di Kampung Wisata Cisangkal. Masing-masing KK rata-rata memiliki 10 pohon durian, bahkan ada juga yang lebih.

“Luas lahan tersebut oleh warga diberi nama Sirah Warang. Ada sekitar 20 hektar ditanami ribuan pohon durian, dan terdapat 40 indukan pohon durian di wilayah Cisangkal yang usianya sampai ratusan tahun, tapi masih tetap menghasilkan buah,” ungkapnya.

Siti Marlina yang merupakan generasi penerus pemilik pohon indukan durian lokal di wilayah Cisangkal, mengklaim satu petani atau per KK dari 10 pohon biasa atau bukan indukan, diestimasi minimal mampu menghasilkan sekitar 690 buah.

Pendapatan Masyarakat Cisangkal

Kampung Wisata Cisangkal menjadi penghasil buah durian terbanyak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.. Foto: Madlani/HR.

Jika diuangkan, jumlah sebanyak itu bisa mncapai Rp 16 juta. Namun, jumlah tersebut baru perkiraan, karena dari satu pohon indukan Cisangkal saja bisa menghasilkan buah durian sampai ribuan biji per tahunnya.

“Kalau kita hitung total buah Durian Cisangkal yang dihasilkan bisa mencapai puluhan ribu buah durian dalam satu masa panen,dan itu pun sisa dari hama seperti monyet yang merusak,” ujarnya.

Jika diestimasi, pendapatan masyarakat dari buah durian dalam satu tahun bisa mencapai Rp 10-16 juta. Bahkan, belum lama ini dirinya menghitung modal dari penjualan Durian Cisangkal sebesar Rp 150 juta yang dipasarkan ke luar daerah seperti Bandung, Tasikmalaya, Kota Banjar, Ciamis, dan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

“Untuk jenis Durian Cisangkal yang sudah diberi nama baru lima jenis dan masing-masing memiliki ciri khas berbeda berdasarkan rasa, bentuk dan macamnya,” kata Siti.

Adapun jenis Durian Cisangkal Banget baru ada lima nama yang sudah dipatenkan, yakni Durian Sitenggok, Durian Sipiit, Durian Sikerah, Durian Sikantong, dan Durian Sikunir. Masing-masing jenis durian tersebut juga memiliki sejarah serta asal-muasalnya.

Ke depan Kampung Wisata Cisangkal akan dikembangkan menjadi kampung digital menggunakan sistem e-Tourism, bekerjasama dengan dinas terkait dan Perguruan Tinggi.

Penelitian kampung wisata berbasis kemasyarakatan ini dilakukan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, UNPAD, dan ITB.

“Bahkan sudah ada dua dosen yang menetap selama 6 bulan di Kampung Wisata Cisangkal. Tugas mereka mengedukasi masyarakat,” pungkas Siti Marlina. (Madlani/R3/HR-Online)

Loading...