Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone, Anda?

Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone, Anda?
Ilustrasi malas ganti oli motor. Foto : istimewa

Berita Smartphone, (harapanrakyat.com).- Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone, anda bagaimana? Memiliki smartphone berspesifikasi terbaik pastinya jadi impian banyak orang.

Namun, secara tidak sadar ada kebiasaan buruk yang menyebabkan smartphonerusak. Dampaknya pun cukup besar bagi performa ponsel. Apa saja, berikut ini kebiasaan buruk yang menyebabkan smartphone menjadi rusak.

Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone

Smartphone Dipakai Tanpa Istirahat

Semenjak smartphone canggih muncul di pasaran, antusias masyarakat makin tinggi. Sehingga penggunaannya dalam satu hari bisa lebih dari durasi 8 jam.

Karena itulah, penggunaan smartphone berlebihan dan tidak ada waktu istirahat membuat sistem operasi dan juga perangkat hardware terasa panas.

Efek buruknya bisa menjalar ke bagian tertentu. Faktor penyebab utama seperti suhu panas pada baterai, dan penggunaan aplikasi berukuran besar dalam jangka lama, akan langsung berdampak pada penurunan performa ponsel.

Kebersihan Smartphone

Kebiasaan buruk pengguna smartphone selanjutnya adalah berkaitan dengan kebersihan. Soal kebersihan ponsel juga perlu dicermati. Akan lebih baik ketika Anda membersihkan bagian dalam ponsel ataupun luarnya secara berkala.

Bagian layar biasanya memperlihatkan tanda kurang bersih hingga tampilannya terlihat buram. Pemberian screenguard jadi solusi tepat, kemudian akan lebih baik jika gunakan pelindungan seperti softcase ataupun hardcase.

Ketersediaan hardcase dan softcase kini sudah memberi manfaat luas dari paparan debu. Harganya pun terjangkau, jadi dapat diandalkan untuk memproteksi ponsel dari debu ataupun kotoran.

Baca Juga: Biar Awet, Begini Cara Mengisi Daya Smartphone Baterai Tanam

Mengisi Daya Baterai Berlebihan

Kebiasaan buruk pengguna smartphone selanjutnya berkaitan dengan cara mengisi baterai. Pengisian baterai menjadi perhatian yang penting karena bisa membuat smartphone cepat rusak bila dilakukan berlebihan.

TCL

Durasi pengisian baterai, kemudian proses pengisian baterai pada posisi hidup ataupun digunakan untuk bermain game justru membuat dampak buruknya makin besar.

Tidak jarang brand ternama seperti Samsung dan lainnya menganjurkan proses pengisian daya baterai dilakukan pada kondisi ponsel keadaan mati.

Jadi efek buruknya tidak langsung terasa pada baterai dan bisa memperpanjang usia baterai ataupun menghindari ledakan akibat over chaging.

Baca Juga: Smartphone 5G Canggih Harga Terjangkau, Ini Daftarnya!

Bermain Game Dalam Durasi Lama

Tidak semua smartphone memiliki spesifikasi khusus untuk bermain game. Kebiasaan buruk pengguna smartphone berikutnya bisa terjadi akibat terlalu sering digunakan bermain game berukuran besar dengan durasi lama.

Kebutuhan bermain game memang bisa dipenuhi dari smartphone berspesifikasi tinggi. Akan tetapi lebih baik jika dimainkan pada perangkat ponsel khusus gaming.

Potensi bermain game dalam durasi lama justru membuat ponsel kurang optimal mengoperasikan semua sistemnya.

Apalagi tipe smartphone Anda tidak dirancang khusus untuk bermain game, sehingga ada baiknya gunakan tipe ponsel pintar khusus game agar performanya lebih stabil.

Beberapa kebiasaan buruk pengguna smartphone ini harus dihindari. Meskipun dilakukan secara tidak sadar, namun beberapa kebiasaan buruk harus dikurangi agar usia smartphone Anda bisa lebih lama. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...