Senin, Mei 16, 2022
BerandaArtikelKenapa Tak Ditemukan Fosil Dinosaurus di Indonesia? Simak Alasannya!

Kenapa Tak Ditemukan Fosil Dinosaurus di Indonesia? Simak Alasannya!

Jika melihat banyaknya temuan fosil dinosaurus di sejumlah negara, tak sedikit orang yang merasa heran kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus.

Apabila anda juga demikian, maka anda jangan sampai lewatkan ulasan yang kami bagikan di bawah ini. Anda bisa temukan alasannya secara detail di sini.

Penemuan Fosil Dinosaurus

Perlu untuk anda ketahui, temuan fosil dinosaurus untuk yang pertama kalinya terjadi pada tahun 1677. Saat itu, sang penemu, Robert Plot, menganggap bahwa temuan tersebut adalah tulang manusia raksasa.

Namun hal tersebut dibantah oleh Wiliam Buckland yang adalah profesor geologi dari Universitas Oxford. Wiliam Buckland menjelaskan bahwa fosil yang ditemukan ialah tulang milik kadal karnivora.

Dimana tulang ini berupa gigi, rahang, dan tungkai. Hingga pada akhirnya di tahun 1824, temuan tersebut diberi nama Megalosaurus.

Sejak saat itu, penelitian terkait fosil terus dilakukan, yang mana mengantarkan kita pada alasan kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus.

Istilah Dinosaurus

Untuk diketahui, istilah dinosaurus muncul setelah ilmuwan Inggris bernama Richard Owen mengelompokkan fosil kadal ke grup Dinosauria.

Hingga tahun 2015 sendiri telah tercatat ada lebih dari 1.600 genera yang sudah berhasil diidentifikasi. Dengan nama dinosaurus, sebagian besar fosil hewan purba yang sudah punah ditemukan di Benua Afrika.

Selain itu, beberapa fosil dinosaurus juga dijumpai di wilayah Serbia. Hal yang cukup mengejutkan, fosil dinosaurus juga pernah ditemukan di Benua Asia.

Dimana kawasan Benua Asia yang banyak ditemukan fosil dinosaurus ada di wilayah Gurun Gobi. Gurun ini terbentang luas dari sebelah barat daya Tiongkok sampai Iran.

Adapun salah satu fosil dinosaurus yang ditemukan di Benua Asia ini yaitu Dilong. Fosil hewan purba ini diperkirakan telah berusia 130 juta tahun.

Meski penemuan fosil dinosaurus juga ada di Benua Asia, namun hal tersebut tak dijumpai di Indonesia. Terkait hal tersebut, ada alasan tersendiri yang penting untuk anda tahu.

Kenapa di Indonesia Tidak Ditemukan Fosil Dinosaurus?

Seperti yang kita tahu, proses perkembangan Bumi terbagi menjadi beberapa zaman. Mulai dari zaman Arkeozoikum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum.

Hewan purba dinosaurus sendiri hidup di masa Mesozoikum, yakni sekitar 252 hingga 66 juta tahun silam. Dalam era tersebut, masa Mesozoikum masih dibagi lagi menjadi 3 periode. Sebut saja Triassic, Jurassic, dan Cretaceous.

Periode Triassic berlangsung sekitar 252 sampai 201 juta tahun lalu. Kemudian periode Jurassic sekitar 201 hingga 145 juta tahun silam. Lain halnya dengan periode Cretaceous yang berlangsung sekitar 145 sampai 66 juta tahun yang lalu.

Selama masa Mezosoikum ini, sebagian besar wilayah Indonesia masih ada di bawah lautan. Daratan Indonesia baru terbentuk sekitar 30 juta tahun silam.

Maka tak heran kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus. Sejauh ini, di Indonesia hanya ditemukan fosil reptil laut purba, seperti Globidens timorensis, Mixosaurus timorensis, dan Ichthtyosaurus ceramensis.

Itu pun bukan dari masa Mesozoikum, melainkan era Kenozoikum dan Kuarter. Untuk diketahui, dari semua wilayah di Indonesia, hanya Kalimantan saja yang sempat menjadi bagian Eurasia di era Mezosoikum.

Namun sayangnya, kondisi wilayahnya tak memungkinkan untuk menemukan fosil dinosaurus. Pasalnya, kondisi geologi pulau ini berupa lahan gambut.

Pencarian fosil dinosaurus membutuhkan usaha yang lebih keras. Tak hanya itu, biaya yang perlu dikucurkan juga tak sedikit. Oleh karenanya, ini juga menjadi alasan kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus.

Lebih lanjut, dinosaurus juga diperkirakan menghindari kawasan khatulistiwa atau ekuator pada era Mesozoikum silam. Adapun alasannya karena keadaan wilayahnya yang panas dan kering.

Bukan hanya itu, kawasan ini juga memiliki kandungan karbon dioksida yang tinggi. Dimana hal tersebut sering mengakibatkan kebakaran alami.

Penyebab Dinosaurus Punah

Sebagaimana penjelasan di atas, kepunahan dinosaurus sebelum daratan Indonesia terbentuk menjadi alasan kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus.

Lantas apa yang menyebabkan punahnya dinosaurus di masa silam? Perlu untuk anda ketahui, kepunahan dinosaurus ini disebabkan oleh hantaman asteroid.

Jatuhnya asteroid ke Bumi tersebut menimbulkan gempa bumi, tsunami, perubahan iklim, dan bencana lainnya yang mengerikan.

Populasi dinosaurus langsung menurun secara drastis. Sebagian besar dinosaurus langsung mati karena terkena bencananya, sementara sisanya tak bisa bertahan hidup dan beradaptasi dengan perubahan besar yang terjadi.

Dengan anda memahami penjelasan di atas, pastinya anda tak akan bertanya-tanya lagi kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus. (R10/HR-Online)

- Advertisment -