Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisKetua PWI: Pers di Ciamis, Banjar dan Pangandaran Berkontribusi Promosikan Potensi Daerah

Ketua PWI: Pers di Ciamis, Banjar dan Pangandaran Berkontribusi Promosikan Potensi Daerah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pers atau media sudah memberikan kontribusi nyata dalam mempromosikan berbagai potensi daerah yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Kontribusi pers ini pun sudah berdampak terhadap meningkatnya geliat investasi di tiga daerah tersebut.

Hal itu dikatakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, Subagja Hamara, saat memberikan sambutan pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, di halaman kantor PWI Kabupaten Ciamis, Senin (10/02/2020).

“Kami mengambil tema “Pers Menguatkan Promosi dan Investasi Daerah” pada Hari Pers Nasional tahun 2020 ini bukan tanpa alasan. Karena kami para jurnalis yang melakukan liputan di wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran selalu konsisten memberitakan berbagai potensi daerah mulai dari parawisata, agrobisnis, bisnis pelaku usaha dan potensi-potensi lainnya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Subagja pun menceritakan pengalamannya. Menurutnya, saat dirinya menghadiri sebuah acara launcing perumahan yang digelar salah satu perusahaan properti yang berbisnis di Kabupaten Ciamis, perusahaan tersebut menampilkan tayangan pemberitaan yang dimuat di sejumlah media online (salah satunya harapanrakyat.com).

“Pemberitaan yang dijadikan bahan presentasi itu mengenai kebijakan Perda RTRW serta RDTR Kabupaten Ciamis yang mengatur soal kawasan perumahan. Para investor ternyata mendapat informasi tersebut dari media. Dan informasi yang dirilis oleh media ini dijadikan bahan rujukan awal ketika mereka menanamkan inventasinya di Ciamis,” terang Pimpinan Redaksi harapanrakyat.com ini.

Selain itu, lanjut Bagja—sapaan akrab Subagja Hamara—, tidak sedikit pula objek wisata di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran menjadi populer dan banyak dikunjungi wisatawan setelah mendapat pemberitaan dari sejumlah media.

“Untuk di Ciamis saja, tidak sedikit objek wisata menjadi ramai pengunjung setelah mendapat pemberitaan masif dari sejumlah media. Begitu juga di Kota Banjar dan Pangandaran. Bahkan tidak sedikit pengelola wisatanya langsung yang meminta bantuan untuk ekspose pemberitaan,” katanya.

Dari sejumlah pengamalan tersebut, kata Bagja, sudah menjadi bukti bahwa pers sudah memberikan kontribusi nyata dalam mempromosikan berbagai potensi daerah yang ada di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

“Makanya dalam tema HPN pun ditegaskan bahwa Pers menguatkan promosi dan investasi daerah. Kata menguatkan memiliki arti bahwa kami sudah berkontribusi nyata atau bukan sekedar wacana,” tegasnya.    

Bagja pun mengatakan para jurnalis yang tergabung dalam organisasi PWI sudah sepakat untuk terus melakukan kontribusi nyata dalam membangun daerah.

“Selain berkontribusi dalam pemberitaan, kami pun sudah membentuk PWI Peduli. Program PWI Peduli ini merupakan intruksi dari PWI pusat yang meminta kami para jurnalis untuk ikut berperan dalam mengatasi permasalahan sosial di masyarakat,” ujarnya.

Menurut Bagja, dalam program PWI Peduli ini, pihaknya sudah melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari santunan kepada warga miskin, membantu warga yang terkena bencana dan bakti sosial pengobatan gratis.

“Pada rangkaian acara HPN tahun 2020 ini kami akan kembali menggelar dua kegiatan sosial, yaitu pengobatan gratis dan sunatan massal. Kami pun terbuka kepada siapapun atau dari pihak manapun untuk bekerjasama menggelar kegiatan sosial di masyarakat,” pungkasnya. (Fahmi/R2/HR-Online)

- Advertisment -