Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Jahe Merah yang Berkhasiat Atasi Pegal Linu Hingga Ejakulasi Dini

Manfaat Jahe Merah yang Berkhasiat Atasi Pegal Linu Hingga Ejakulasi Dini

Manfaat jahe merah tak sekedar untuk rempah bumbu masak atau seperti jahe pada umumnya. Jahe merah lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuatan minuman penghangat badan maupun untuk minuman herbal.

Selain di Indonesia, jahe yang berwarna merah ini juga populer di berbagai negara. Masyarakat di India, China, Jepang hingga Timur Tengah banyak memanfaatkan herbal ini untuk pengobatan tradisional.

Jenis jahe yang berwarna merah ini mempunyai aroma khas yang kuat dengan rasa lebih pedas serta lebih hangat dibandingkan jahe biasa. Saat ini sudah banyak ekstrak jahe merah yang dijual di pasaran.

Dibandingkan jahe biasa, manfaat jahe merah untuk kesehatan dan pengobatan juga lebih besar. Hal ini karena banyaknya kandungan gingero, shogaol dan zingeron.

Jahe merah juga diketahui mengandung berbagai senyawa kimia seperti capsaicin, cineole, farnesene, linolenic acid, caprylic acid, gingerdione dan aspartic. Dalam herbal ini juga ditemukan pati, serat resin, dan minyak atsiri.

Dalam minyak atsiri terkandung banyak senyawa penting, seperti linalool, borneol, zingiberene, methyl heptenone, geraniol, citral, cineol, chavicol dan acetates. Senyawa ini banyak digunakan dalam dunia farmasi.

Khasiat dan Manfaat Jahe Merah untuk Pengobatan

Tingginya permintaan pasar telah mendorong banyak petani menanam jenis temu-temuan yang satu ini. Berikut ini berbagai khasiat dan manfaat jahe merah untuk pengobatan dan kesehatan tubuh.

Meningkatkan Fungsi Hati

Fungsi hati bisa terganggu karena konsumsi makanan tak sehat, alkohol, obat-obatan, maupun karena racun, virus dan bakteri. Untuk mengembalikan fungsi hati sebaiknya minum jahe merah secara rutin.

Mengatasi Nyeri Lambung

Manfaat jahe merah untuk nyeri lambung juga efektif. Gangguan ini terutama disebabkan infeksi bakteri, merokok, konsumsi obat secara belebihan dan lainnya. Kandungan gingero dan zingeron herbal ini berkhasiat mengatasinya.

Merangsang Produksi Getah Bening

Penyakit kanker kelenjar getah bening termasuk sangat berbahaya. Penyebabnya bisa karena keturunan, radikal bebas, kurang istirahat, gaya hidup tidak sehat. Konsumsi jahe merah untuk mengatasinya.

Menghangatkan Tubuh dan Menguatkan Imunitas Tubuh

Dibandingkan jahe biasa, manfaat jahe merah jauh lebih besar dalam menghangatkan tubuh. Minum herbal ini secara rutin juga sangat baik untuk meningkakan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Mengobati Pegal Linu

Pegal linu yang ditandai dengan nyeri otot mudah menyerang pada semua orang yang sering berolahraga atau beraktivitas fisik. Untuk meredakannya sebaiknya konsumsi jahe merah yang kaya senyawa aktif yang berkhasiat.

Mengatasi Ejakulasi Dini dan Disfungsi Ereksi

Gangguan ejakulasi dini sering menjadi problem para suami. Senyawa aktifnya memberikan manfaat jahe merah untuk pria karena mampu merangsang hormon dan meningkatkan kemampuan ereksi sehingga bisa mengatasi ejakulasi dini.

Meredakan Nyeri Haid

Minum herbal jahe merah ternyata juga berkhasiat dalam meredakan nyeri haid. Kandungan minyak atsiri dan senyawa aktifnya mampu meredakan rasa sakit saat awal menstruasi yang dialami kaum wanita.

Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Penuaan Dini

Selain itu, manfaat jahe merah untuk wanita juga efektif dalam mencerahkan dan membuat kulit lebih sehat dan cantik. Nutrisi herbal ini penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit mati dan membuatnya lebih segar serta terhindar dari penuaan dini.

Menenangkan dan Menguatkan Saraf

Fungsi saraf sangatlah penting, utamanya buat Anda yang sering bekerja dalam tekanan. Banyaknya senyawa kimia dalam jahe merah sangat berkhasiat dalam menguatkan sekaligus membuat syaraf lebih rileks dan tenang.

Itulah beragam manfaat jahe merah untuk kesehatan pria dan wanita. Nutrisinya yang kaya senyawa aktif sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk mencegah penyakit dan membuat tubuh selalu sehat. (R9/HR-Online)