Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Asam Urat

Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan
Daun kersen. Foto: Net/Ist

Khasiat daun kersen untuk kesehatan ternyata tidak diragukan lagi untuk mengobati berbagai penyakit. Khasiat daun ini juga lebih besar daripada buahnya yang juga memiliki manfaat.

Sejak dulu, daun ini dikenal sebagai obat alami untuk asam urat maupun obat tidur alami. Bahkan, berbagai keluhan kesehatan bisa diobati dengan daun yang memiliki nama latin muntingia calabura ini.

Daun kersen juga biasa disebut talok, kersem, keres ataupun baleci. Tanaman tersebut juga dikenal sebagai Singapore Cherry.

Tanaman ini masuk kategori tanaman liar, sebab tumbuh bebas di mana saja dan tidak ada yang membudidayakannya. Biasanya tanaman ini kerap ditemukan di jalanan dan sebagai pohon peneduh.

Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan

Berbagai kandungan yang ada di dalam daun ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, atau bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan pengobatan secara alami.

Untuk itu, daun ini bisa Anda manfaatkan untuk mengobati berbagai keluhan yang Anda alami. Berikut beberapa manfaat daun kersen:

Mengobati Asam Urat

Kandungan senyawa aktif dalam daun ini dipercaya sangat bagus untuk mengobati jenis penyakit asam urat. Caranya pun mudah, hanya dengan merebus beberapa helai daun dan meminumnya secara rutin.

Obat Kanker

Khasiat daun kersen untuk kesehatanselanjutnya bisa mencegah dan mengobati penyakit jenis kanker. Kandungan flavonioda, saponin serta tannin menjadikan daun ini bersifat anti kanker. Anda bisa meminum rebusan daun ini agar terhindar dari kanker.

Obat infeksi dan luka

Kandungan alami daun kersen ini ternyata juga bisa dijadikan antiseptik yang mampu membunuh mikroba bakteri. Maka dari itu, ini sangat cocok untuk Anda yang terkena infeksi atau pun terluka.

Obat Penyakit yang Disebabkan Bakteri

Dengan meminum rebusan air dari daun ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tengah menjalani pengobatan karena penyakit yang disebabkan bakteri. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya ampuh untuk penyakit jenis ini.

Obat Flu dan Batuk

Penyakit jenis flu maupun batuk pada umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Khasiat daun kersen untuk kesehatan ini ternyata bisa mengobati penyakit jenis ini.

Caranya pun mudah, hanya dengan rutin mengkonsumsinya bisa mencegah maupun mengobati flu dan batuk.

Obat Insomnia

Bagi Anda yang memiliki riwayat insomnia atau susah tidur, tidak ada salahnya jika mencoba obat herbal ini untuk menyembuhkan penyakit ini. Meski rasanya agak pahit, rebusan daun ini ternyata memiliki kandungan yang bisa menyebabkan efek tenang pada tubuh.

Beberapa khasiat daun kersen untuk kesehatan di atas merupakan sebagian masalah yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi rebusan daun herbal ini. Meski baik untuk kesehatan, Anda dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...