Ragam Model Kolam Ikan Minimalis Belakang Rumah yang Asri

kolam ikan minimalis
Ilustrasi kolam ikan minimalis. Foto: Istimewa

Keberadaan kolam ikan minimalis belakang rumah bisa menjadi harapan banyak orang. Selain untuk bersantai, adanya kolam ikan juga berguna untuk menyalurkan hobi maupun sebagai media relaksasi. Terdapat kolam ikan pun mempercantik taman belakang rumah.

Di tengah sulitnya memiliki rumah idaman dengan halaman yang cukup luas, alih-alih membangun taman kolam, untuk membeli rumah saja bukanlah hal yang mudah. Terlebih dengan melambungnya harga proporti saat ini.

Namun buat Anda yang memiliki rumah dengan lahan teras atau halaman yang terbatas tak perlu khawatir. Sebab Anda tetap bisa membuat sebuah taman kolam di belakang rumah dengan konsep minimalis.

Baca juga: Taman Rumah dengan Bonsai Cantik dan Indah Nan Unik

Ada banyak model kolam ikan minimalis yang bisa Anda bangun, tanpa perlu area yang luas dan biaya besar. Anda bisa memiliki kolam ikan belakang rumah untuk menyalurkan keinginan maupun hobi Anda.

Kolam ikan belakang rumah. Foto: Istimewa

Keberadaan taman kolam ikan saat ini memang dirasakan semakin penting. Selain memberikan sentuhan yang asri, kolam ikan juga sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan melepaskan stres setelah seharian bekerja.

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Belakang Rumah

Membangun sebuah taman dengan kolam ikan di teras atau belakang rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini beberapa ide desain kolam ikan belakang rumah yang semoga bisa menginspirasi.

Taman Kolam Ikan Batu Alam

Salah satu ide membuat taman kolam ikan dengan biaya yang lebih murah adalah dengan memanfaatkan batuan alam. Model kolam ikan semacam ini akan memberikan kesan yang lebih alami dan natural.

Desain kolam ikan minimalis batu alam bisa menggunakan batuan alami asli ataupun dengan semen yang dibentuk seperti batu alam. Anda tinggal menyesuaikan bentuknya dengan luasan lahan yang ada.

Kolam Ikan Kaca

Bentuk lain taman kolam ikan yang bisa dibuat adalah dengan membuat kolam ikan kaca. Penambahan kaca bisa dilakukan di bagian depan saja, pada beberapa sisi, atau bahkan di semua sisinya tergantung anggaran yang ada.

Desain kolam ikan kaca minimalis ini banyak keuntungannya. Anda bisa membuatnya di atas lantai teras yang ada dan tanpa harus repot mengeduk tanah. Model kolam ikan minimalis ini seperti akuarium namun dengan ukuran lebih besar.

Namun kolam model ini cocoknya untuk memelihara ikan hias yang cantik dan berwarna-warni. Sehingga dengan taman kolam bentuk ini anda bersama keluarga bisa menikmati keindahannya.

Kolam Ikan di Pojok Rumah

Posisi bagian sudut atau pojok rumah termasuk area yang bisa dimanfaatkan untuk membuat taman rumah. Dengan posisi sudut ini Anda bisa memanfaatkan batas halaman rumah sebagai tembok kolam.

Baca juga: Desain Taman Kering Minimalis, Inspirasi Untuk Hunian Nyaman

Membuat kolam ikan minimalis pada pojok rumah umum dilakukan pemilik rumah mungil dan minimalis. Dengan lahan yang terbatas, model kolam ini juga jauh lebih hemat dan lebih mudah dalam membuatnya.

Kolam Ikan Air Terjun Mini

Meskipun di lahan yang terbatas, Anda masih bisa berkreasi dengan membangun kolam ikan dengan sentuhan air terjun mini. Gemericik air yang jatuh dari atas ke bawah akan memberikan sensasi yang menyenangkan.

Untuk membuatnya Anda bisa memanfatkan batuan alam yang disusun bertingkat atau disemen seperti air terjun alami. Dengan bantuan pompa bertekanan kecil Anda bisa memiliki kolam ikan minimalis dengan air terjun yang asri.

Anda juga bisa membuat model kolam ikan dengan memanfaatkan dinding tembok yang ada. Dengan membangun kerangka dari paku dan kawat serta memolesnya dengan semen, Anda sudah bisa memilih kolam air terjun mungil.

Itulah beberapa ide desain kolam ikan minimalis di teras rumah atau di belakang rumah yang bisa dibuat dengan luasan yang seadanya dan dana yang tidak besar. Semoga ide ini bisa memberikan inspirasi yang bermanfaat. (R9/HR-Online)

Loading...