Komputer tidak Bisa Shut Down pada Windows 7, Ini Cara Mengatasinya

Komputer tidak Bisa Shut Down pada Windows 7
Pengguna Windows 7 mengeluh karena komputer tidak bisa shut down atau mati. Foto : net/ist

Sekarang ini tidak sedikit yang mengalami komputer tidak bisa shut down (mematikan komputer). Komputer yang tidak bisa shut down itu terjadi pada pengguna Windows 7, tidak tahu apakah bug itu berasal dari sistem atau virus.

Pengalaman dari pengguna yang menggunakan Windows 7, saat melakukan shut down pada komputer memang bisa mati, namun kembali menyala lagi seperti restart.

Tentu dengan kejadian tersebut membuat bingung pengguna Windows 7. Pasalnya, jika komputer tidak bisa shut down tentu akan terus nyala, dan tentunya biaya listrik akan bengkak.

Perlu diketahui, bahwa Windows yang merupakan buatan dari Microsoft ini sudah menghentikan dukungannya untuk Windows 7 pada pertengahan Januari 2020.

Sehingga dengan berakhirnya dukungan tersebut, maka sistem pada Windows 7 tidak lagi diperbaharui terutama keamanannya, sehingga tentu virus atau malware dan bug yang masuk tidak bisa dicegah.

Bug pada Windows 7 yang berakibat komputer tidak bisa shut down bukan kali ini terjadi. Di bulan Januari lalu, bug juga menyerang sistem operasi ini. Pada saat itu pengguna Windows 7 mengalami latar belakang (background) menjadi hitam.

Namun setelah itu, Microsoft sebagai pengembang Windows melalui Windows Central merilis patch untuk bug background itu.

Sementara mengutip dari CNN, pengguna komputer yang memakai jasa Windows 7 di seluruh dunia mencapai ratusan juta pengguna atau 1/3 pemakai komputer PC menggunakan sistem tersebut.

Selain Windows XP, untuk versi 7 juga sangat populer di kalangan pengguna komputer. Karena Windows 7 sudah diberhentikan perbaruannya, maka pengguna Windows 10 mengalami kenaikan.

Dari data Microsoft, untuk pengguna Windows 10 dipakai lebih dari 900 juta komputer di seluruh dunia.

Solusi Komputer tidak Bisa Shut Down di Windows 7

Hampir di seluruh dunia pengguna komputer yang memakai Windows 7 tidak bisa dimatikan. Tentu dengan kejadian tersebut membuat bingung para pencinta Windows 7, yang tidak ingin beralih ke Windows terbaru.

Melansir dari ZDNet, mereka yang mau mematikan atau merestart komputer mendapat pesan popup yang isinya “Anda tidak mempunyai ijin untuk mematikan komputer”.

Permasalahan komputer yang tidak bisa shut down itu sampai sekarang belum diketahui asal-usulnya. Apakah bug itu berasal dari pembaruan sistem atau ada virus yang masuk.

Lantas bagaimana cara mematikan komputer untuk yang menggunakan Windows 7 tersebut?. Ada salah satu pengguna Reddit yang menemukan solusinya dengan gampang serta bisa dilakukan oleh siapapun.

Dia menyarankan akan membuat akun admin baru. Kemudian melakukan login ke akun yang baru dibuat itu. Bisa juga login-nya dengan menggunakan akun admin lainnya yang telah ada di dalam sistem.

Setelah itu, kembali melakukan login dengan menggunakan akun admin default. Kemudian shut down atau restart perangkat PC itu seperti biasanya.

Meski cara mematikan komputer yang tidak bisa shut down itu sangalah gampang, akan tetapi, untuk pemakai Windows 7 yang sudah kena bug jika ingin mematikan komputer, harus melakukan langkah-langkah tersebut.

Lalu cara yang kedua adalah dengan masuk ke Task Manager dengan menekan CTRL + ALT + DELETE secara bersamaan. Setelah itu, ada tombol merah yang memiliki perintah shut down atau restart, yang letaknya berada di sudut sebelah kanan bawah.

Sama seperti cara pertama, untuk cara kedua ini juga pemakai Windows 7 yang sudah kena bug jika ingin mematikan komputer, harus melakukan langkah-langkah tersebut.

Cara Lain

Ada cara lainnya yang bisa mengatasi komputer tidak bisa shut down bagi pengguna Windows 7. Namun cara yang satu ini tidak resmi alias ilegal.

Cara yang di-sharekan oleh Quick Heal salah satu perusahaan dukungan IT serta pengguna Reddit ini, menurut pengguna yang mempraktekan dilaporkan berhasil mengatasi masalah itu.

Untuk langah pertama, tekan tombil Windows+R guna membuka jendela Run pada Windows. Kemudian di jendela Run itu ketik gpedit.msc setelah itu Enter.

Setelah masuk ke jendela Group Policy Editor, klik Computer Configuration, kemudian Windows Settings, lalu Security Settings, setelah itu klik Local Policies dan terakhir Security Options.

Pada Security Options, cari “User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode”, kemudian double klik. Pada jendela atau tab baru, kemudian klik Enable.  

Kembali membuka tab Run, kemudian ketik “gpupdate /force”, serta tekan Enter. Perintah itu bakal meng-update seluruh kebijakan grup. Setelah itu shut down komputer seperti biasa.

Apabila cara di atas ternyata tetap komputer tidak bisa shut down yang menggunakan PC, maka lakukan langkah manual yaitu dengan mencabut soket yang menghubungkan power suplly (PSU) dengan listrik.

Caranya, setelah menekan tombol shut down maka komputer akan mati seperti biasanya. Namun sebelum menyala kembali karena bug tersebut, maka Anda langsung mencabut soket antara PSU dengan listrik tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...