Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari!

Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).-Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari! Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam merawat hewan kesayangan anda, seperti halnya kucing.

Kucing dikenal sebagai pemakan yang lahap. Tapi perlu anda ketahui, meskipun begitu, ada beberapa makanan berbahayayang harus dihindari. Ini sesuatu hal yang penting bagi kesehatan hewan kesayangan Anda.

Makanan Berbahaya untuk Kucing

Tulang

Bila Anda sering memberikan tulang, entah itu tulang ayam atau tulang ikan, harus berhati-hati, karena kucing sebenarnya tidak dikhususkan untuk memakan tulang.

Tulang dapat membuat kucing tersedak walaupun tulang yang dimakan sudah hancur dan masuk ke dalam mulut. Tapi di dalam perut kucing, terutama di usus, tulang tersebut dapat merusak organ.

Bagian dalam organ kucing juga tidak ditentukan hanya untuk mengkonsumsi tulang, karena dinding ususnya tidak tebal dan lain sebagainya.

Selanjutnya, tulang yang tebal dan banyak dapat juga memicu rusaknya gigi kucing. Maka dari itu, anda yang memelihara kucing perlu berhati-hati dan tidak berlebihan memberi tulang pada kucing.

Telur Mentah

Makanan Berbahaya untuk Kucing selanjutnya adalah telur mentah. Telur mentah memang mengandung gizi, yaitu protein yang banyak, dan baik untuk pertumbuhan kucing Anda.

Tapi Anda juga harus mempertimbangkan zat lain yang ada pada telur mentah. Pertimbangan ini penting agar kucing kesayangan anda terhindar dari mengonsumsi makanan berbahaya.

Zat lain yang ada pada telur mentah adalah zat avidin, yaitu suatu enzim yang membuat kemampuan tubuh kucing Anda berkurang biotin atau vitamin B.

Akibatnya, bila hewan tersebut kekurangan vitamin B ini, akan berdampak kejang-kejang dan merusak jaringan otak.

Selain itu, di dalam telur mentah juga masih terdapat berbagai macam bakteria yang dapat memancing penyakit datang dan menyerang kucing anda.

Cokelat

Makanan Berbahaya untuk Kucing selanjutnya adalah cokelat. Cokelat mengandung kafein dan juga zat theobromin yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kucing peliharaan anda.

Jika memakannya, kesehatan kucing anda akan terganggu, mulai dari jantung, suhu tubuh menjadi tinggi atau demam, tremor otot, bahkan kejang-kejang.

Ikan Tuna

Makanan Berbahaya untuk Kucing selanjutnya adalah ikan tuna. Ikan tuna termasuk dalam makanan berbahaya.

Alasannya karena di dalam ikan tuna terdapat zat sejenis merkuri yang mudah terbakar dan membuat perut kucing mengalami kontraksi hebat.

Ikan Mentah

Makanan Berbahaya untuk Kucing selanjutnya adalah ikan mentah. Padahal, di film cerita fiksi, kucing terlihat begitu lahap saat diberi ikan.

Ternyata, pada kenyataannya, anda perlu berhati-hati saat memberi ikan mentah kepada kucing kesayangan yang anda pelihara.

Kandungan bakteri atau mikroba yang terdapat pada ikan mentah bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kerja otak kucing.

Itulah makan berbahaya untuk kucing kesayangan anda. Tidak ada salahnya untuk selalu waspada agar kucing kesayangan anda tetap sehat. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...