Makanan Penambah Nafsu Makan Ini Perlu Dicoba Agar Kembali Lahap

makanan penambah nafsu makan
Ilustrasi penambah nafsu makan. Foto: Istimewa

Tak sedikit orang tua yang bingung mencari makanan penambah nafsu makan untuk anaknya yang sering menolak makan. Problem nafsu makan memang sering dialami banyak orang. Khususnya anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Gangguan berkurangnya atau hilangnya nafsu makan umumnya dianggap sebagai hal yang lumrah. Meskipun makanan yang disajikan terbilang enak namun tak merangsang keinginan untuk melahapnya.

Memberikan makanan penambah nafsu makan merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan para orang tua. Mungkin Anda ingat bagaimana cara orang tua mencekoki kita saat kecil dengan jamu atau sayuran yang pahit.

Namun kondisi tidak nafsu makan utamanya yang dialami anak-anak perlu ditangani secepatnya. Hal ini untuk menghindari sejumlah dampak yang tidak baik, seperti kurang gizi, terganggunya pencernaan atau metabolisme hingga timbulnya penyakit.

Makanan Penambah Nafsu Makan Alami

Saat ini banyak beredar vitamin atau suplemen penambah nafsu makan yang dijual di pasaran, termasuk untuk anak-anak. Namun Anda tak perlu menggunakan produk pabrikan tersebut untuk meningkatkan nafsu makan. Lebih bijak pilih bahan alami yang tentu lebih baik untuk kesehatan. Berikut daftarnya.

Sup Sayuran

Gangguan nafsu makan akibat penyakit merupakan konsekuensi yang wajar. Untuk mengembalikan nafsu makan tentu saja Anda harus sembuh terlebih dahulu. Hal ini karena penyebabnya terletak pada penyakit yang menyerang tubuh.

Namun untuk meringankan pencernaan yang terganggu, Anda bisa makan sup sayuran yang bergizi. Selain untuk mendapatkan elektrolit dan mineral untuk mengembalikan kesehatan, sup juga penting untuk menghidrasi tubuh.

Buah Plum

Plum ternyata merupakan jenis buah penambah nafsu makan yang terkenal efektif. Rasanya yang khas dan kandungan nutrisinya sangat baik diberikan pada anak yang susah makan.

Air Lemon

Air lemon yang kaya vitamin C juga efektif dalam membersihkan lapisan langit-langit mulut yang menyebabkan nafsu makan menurun. Minum segelas air lemon juga bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Smoothie

Sejumlah gangguan kesehatan menyebabkan nafsu makan menurun. Smoothie merupakan makanan penambah nafsu makan yang sangat dianjurkan. Selain kaya serat, makanan ini juga kaya vitamin dan mineral yang penting untuk mengembalikan fungsi tubuh.

Jus Wortel

Wortel bukan saja kaya vitamin A dan C, namun juga mengandung serat dan mineral yang ampuh dalam melancarkan pencernaan. Minum jus wortel sebelum makan ampuh dalam meningkatkan nafsu makan.

Daun Pepaya atau Singkong

Sejumlah jenis sayuran yang dikenal pahit seperti daun pepaya atau daun singkong merupakan makanan penambah nafsu makan yang terkenal. Selain dengan dicekokkan, sayuran ini bisa dicampur dalam makanan bersantan agar enak rasanya.

Buah yang Kaya Vitamin C

Vitamin C bukan saja penting untuk melawan penyakit, namun juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan pepaya efektif mempercepat proses penyembuhan dan menambah nafsu makan.

Yogurt

Yogurt diketahui kaya dengan probiotik yang berguna untuk merangsang peningkatan jumlah sel pembunuh alami guna melawan penyakit. Probiotik juga berguna untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan penambah nafsu makan yang cukup efektif. Kandungan zinc dalam makanan ini ternyata berkhasiat dalam merangsang nafsu makan sehingga perlu dicoba.

Jahe

Jahe termasuk rempah yang kaya manfaat. Selain efektif untuk melindungi tubuh, minuman jahe yang ditambahkan susu berkhasiat dalam melancarkan pencernaan dan mengembalikan nafsu makan.

Kunyit

Kunyit juga diketahui merupakan rempah penambah nafsu makan yang sangat efektif. Herbal ini bukan saja ampuh mengatasi penyakit infeksi, namun juga berkhasiat melancarkan pencernaan.

Kayu Manis

Kayu manis mengandung hydroxychalcone yang diketahui efektif meningkatkan nafsu makan. Campurkan saja potongan kayu manis dalam makanan yang disukai anak agar nafsu makannya meningkat.

Itulah berbagai buah dan makanan penambah nafsu makan yang bisa diberikan untuk anak-anak atau anggota keluarga. Terganggunya nafsu makan yang menurun harus segera diatasi agar tidak berdampak negatif. (R9/HR-Online)