Makanan Penyebab Diabetes Ini Perlu Anda Waspadai

Makanan Penyebab Diabetes Ini Perlu Anda Waspadai
Makanan penyebab diabetes perlu anda waspadai sejak dini. Foto:Ist/Net

Makanan penyebab diabetes perlu anda waspadai sejak dini. Pasalnya, jika anda memiliki kecenderungan terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat dalam jangka waku yang lama, bisa saja anda menderita diabetes.

Mencegah diabetes lebih baik daripada mengobatinya. Untuk mencegah anda terkena diabetes, mulai sekarang rubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup sehat. Selain itu, anda pun harus membatasi mengonsumsi makanan dan minuman yang akan menimbulkan gula darah tinggi.

Makanan penyebab diabetes boleh anda konsumsi, hanya saja jangan berlebihan. Konsumsi makanan yang tidak sehat akan menimbulkan masalah penyakit lainya, tak hanya diabetes.

Selain makanan, agar anda tidak terkena penyakit diabetes tipe 2, anda harus merubah pola makan, mengatur stres dan rajin berolahraga. Hal tersebut disampaikan Kepala Amitabha Medical Clinic di California, Amerika Serikat, Dr. Isaac Eliaz, dalam sebuah laman berita kesehatan.

Lalu apa sajakah makanan penyebab diabetes yang harus anda waspadai? Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami uraikan makanan yang menyebabkan gula darah naik.

7 Makanan Penyebab Diabetes

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat yang berbahan dasar seperti tepung putih, nasi, dan gula putih menjadi salah satu makanan yang menyebabkan gula darah naik. Pada makanan-makanan tersebut yang lebih dominan bukan serat dan vitamin, melainkan kalori yang mengandung kadar gula tinggi.

Makanan-makanan tersebut ternyata sangat mudah dicerna tubuh, hal ini berakibat pada meningkatnya kadar gula darah dan insulin. Jika terus menerus dibiarkan, maka akan menjadi diabetes. Untuk itu, disarankan anda menghindari atau membatasi makanan penyebab diabetes, seperti roti, kerupuk, donat, muffin, kue dan pasta.

Selain itu, anda juga mesti membatasi konsumsi umbi-umbian yang menjalar, kacang polong dan jagung. Pasalnya, pada makanan tersebut, mengandung karbohidrat yang tinggi dan bisa saja menjadi penyebab naiknya kadar gula darah.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Makanan penyebab diabetes kedua yakni makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Kedua makanan tersebut sangat tidak sehat bagi tubuh, pasalnya makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans akan dengan cepat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga akan meningkatkan pula terkena risiko diabetes tipe 2.

Lemak jenuh dan trans terdapat pada daging olahan yang memiliki kadar nirites dan natrium tinggi. Adapun daging merah yang mengandung zat besi tinggi ternyata bisa merusak sel penghasil insulin. Hindari pula Makanan yang digoreng atau dipanggang, karena makanan yang diolah dengan cara tersebut banyak mengandung lemak trans. Agar anda terhindar dari diabetes, mulai saat ini batasi dan hindari makanan seperti daging yang berlemak, susu berlemak, mentega dan keju.

3. Manisan Buah Kering

Makanan penyebab diabetes ketiga yakni manisan buah kering. Kendati terbuat dari bahan dasar buah, manisan buah kering seperti kismis, akan menyebabkan gula darah naik dan tidak membuat perut kenyang.

Hal ini berbeda jika anda mengonsumsi buah secara langsung, anda akan merasa kenyang dan segar. Manisan buah kering pun kerap ditambahkan gula, pengawet, dan pewarna tambahan, sehingga rasanya akan bertahan lama dan warnanya lebih menarik. Faktanya, makanan tersebut tidak sehat dan bisa menyebabkan diabetes.

4. Minuman Bersoda

Makanan penyebab diabetes lainnya yakni minuman bersoda. Minuman bersoda adalah minuman urutan pertama pada daftar minuman penyebab gula darah naik. Bukan tanpa sebab, ternyata minuman bersoda mengandung tambahan gula. Ini akan menyebabkan bertambahnya berat badan dan merusak gigi anda. Agar terhindar dari risiko penyakit diabetes, anda jangan terlalu sering meminum minuman bersoda.

5. Minuman yang Dimaniskan dengan Gula

Minuman yang dimaniskan dengan gula ternyata berpengaruh terhadap tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Minuman yang dimaniskan dengan gula seperti seperti jus, kopi, teh, susu atau soda memang sehat, namun jika ditambahkan gula, maka minuman tersebut akan mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal ini akan membuat anda beresiko terkena diabetes dan berat badan naik.

6. Minuman Energi

Makanan penyebab diabetes lainnya yakni berbagai jenis minuman energi. Minuman energi diketahui mengandung kafein dan karbohidrat yang tinggi. Berbagai penelitian menyebut, sering konsumsi minuman energi tidak hanya menaikkan kadar gula darah, namun juga dapat menyebabkan resistensi insulin.

Hal ini tentu saja bisa meningkatkan risiko seseorang diabetes. Selain itu, terlalu banyak konsumsi minuman berkafein akan membuat insomnia dan tekanan darah dalam tubuh ikut naik.

7. Minuman Beralkohol

Makanan penyebab diabetes yang terakhir yakni minuman beralkohol. Sudah banyak orang yang sering mengaitkan tingginya gula darah karena faktor seseorang sering minum alkohol. Akan lebih parah lagi, jika seseorang yang sudah terkena diabetes namun masih mengonsumsi alkohol, hal tersebut akan membuat komplikasi diabetes.

Sejumlah studi menyebut, seorang pria yang sering mengonsumsi alkohol akan memiliki risiko besar terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

Agar badan anda tetap sehat dan terhindar dari diabetes, rubahlah gaya hidup dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, batasi penggunaan gula pada kopi, teh, jus, atau susu. Anda pun harus mencari makanan pengganti, seperti daging tanpa lemak, susu yang rendah lemak, serta memakan buah secara langsung bukan manisannya.

Itulah beberapa makanan penyebab diabetes yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Namun selain menghindari makanan dan minuman penyebab diabetes, anda juga harus rutin beolahraga dan  memeriksa kesehatan ke dokter dan mengecek tekanan gula darah. Tindakan ini harus anda lakukan untuk  mengetahui adanya risiko gula darah sejak dini. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...