Makanan Penyebab Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

Makanan Penyebab Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai
Beberapa makanan bisa menjadi pemicu tumbuhnya kanker otak, maka dari itu mulai saat ini hindari dan batasi konsumsi makanan penyebab kanker otak. Foto:Ist/Net

Makanan penyebab kanker otak mungkin belum banyak yang mengetahui. Padahal, sejumlah makanan yang kerap kita konsumsi, juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada otak.

Kasus kematian karena kanker otak di Indonesia cukup tinggi. Salah satu artis yang meninggal dunia karena kanker otak sebut saja Agung Hercules. Saat ini, kanker otak termasuk penyakit yang paling ditakuti karena berisiko fatal menimbulkan kecacatan hingga kematian.

Sebelum kita bahas makanan penyebab kanker otak, akan kita bahas dulu apa itu kanker otak. Dilansir dari laman Alodokter, kanker otak merupakan sebuah pertumbuhan sel tidak normal yang disebut tumor pada bagian otak yang sifatnya ganas. Sel kanker pada otak tersebut bisa menguasai dan mengambil ruang, darah, dan nutrisi dari sel-sel sehat pada tubuh.

Jenis Kanker atau Tumor Otak

Tumor otak sendiri terbagi kedalam dua jenis yakni tumor otak jinak dan ganas. Kanker atau tumor ganas pada otak cenderung lebih cepat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Walaupun sudah diangkat, namun tumor pada bagian otak bisa muncul kembali.

Kanker otak berasal dari sel otak itu sendiri, kerap disebut kanker otak primer. Sel kanker juga bisa berasal dari bagian tubuh lainnya, lalu menyebar hingga ke otak, kondisi seperti ini yang disebut dengan kanker otak sekunder.

Kanker otak bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur. Maka dari itu, selain harus rutin olahraga dan memeriksakan diri ke dokter, anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Bisa saja, apa yang anda mengonsumsi merupakan salah satu makanan penyebab kanker otak.

Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2018 lalu, kasus kanker di Indonesia mencapai hampir 350 ribu. Dari jumlah tersebut, kanker otak menempati urutan ke-17 dengan penderita mencapai sekitar 5000 orang.

Kanker otak terbagi kedalam 4 jika dilihat dari perkembangan dan penyebaran sel  tumor. Pada kasus kanker otak stadium 1, jika dilihat di bawah mikroskop, sel tumornya masih tampak normal tumbuh dengan lambat. Sama halnya dengan stadium 1, pada kasus kanker otak stadium 2 pertumbuhan sel tumor terbilang lambat, hanya saja sel tumornya mulai tampak tidak normal dan jika diangkat bisa saja tumbuh kembali.

Sementara pada stadium 3, sel tumor tidak nampak seperti sel normal dan perkembangannya pun sangat aktif. Sedangkan stadium 4, sel tumor tumbuh dengan cepat dan berbeda dengan sel normal.

Makanan Penyebab Kanker Otak

Walaupun kanker otak penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun pencegahan harus dilakukan sejak dini. Salah satu cara mencegah kanker otak, yakni menghindari atau membatasi konsumsi makanan penyebab kanker otak. Berikut kami rangkum makanan yang bisa menjadi penyebab kanker otak:

1. Makanan dan Minuman Berpemanis

Selain berpotensi menimbulkan penyakit diabetes, makanan dan minuman berpemanis beresiko memicu pertumbuhan sel kanker. Riset terbaru menyebut bahwa gula bisa memberikan “makanan” untuk pertumbuhan kanker atau tumor.

Untuk menghindari terkena kanker otak, muali saat ini berhenti konsumsi makanan penyebab kanker otak yang berbahan pemanis buatan seperti, aspartame, siklamat dan sakarin.

2. Daging Olahan

Mengonsumsi daging olahan seperti sosis, daging yang diawetkan, bacon dan peperoni, bisa meningkatkan resiko anda terkena kanker. Seperti dilansir Cancer Center, mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari akan meningkatkan seseorang terkena kanker kolorektal atau kanker kolon.

3. Olahan Serba Dibakar

Makanan penyebab kanker otak lainnya yakni bahan pangan yang diolah dengan suhu tinggi atau dibakar. Makanan yang melewati proses pembakaran ternyata bisa menjadi pemicu kanker. Saat bahan makanan dibakar, akan timbul zat karsinogenik atau sering disebut polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs).

Agar terhindar dari risiko timbulnya zat karsinogenik, ada baiknya jika anda masak makanan harus dengan suhu  rendah. Selain itu, batasi asupan makanan yang diolah dengan cara dibakar bara api langsung atau arang. Anda bisa memasak makanan dengan cara yang lebih sehat seperti mengukus, merebus ataupun memanggang makanan dengan suhu relatif rendah.

4. Produk Makanan Yang Terkontaminasi Pestisida

Makanan penyebab kanker otak lainnya yakni produk makanan yang terkena paparan zat kimia. Pun dengan buah dan sayuran yang terkontaminasi pestisida, ternyata bisa memicu tumbuhnya kanker otak. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan darimana asal buah dan sayur yang hendak dikonsumsi. Pastikan pula anda mencuci sayuran dan buah dengan bersih.

5. Alkohol

Seseorang yang secara rutin mengonsumsi minuman beralkohol sangat bereriko terkena kanker. Pecandu alkohol akan berpotensi terkena kanker tenggorokan, kanker payudara, kanker hati dan kanker kolon alias usus besar.

National Cancer Institute menyatakan semakin banyak volume alkohol yang dikonsumsi, akan meningkatkan resiko seseorang terkena kanker. Berdasarkan hasil studi, dari 600ribu pecandu alkohol di 19 negara maju di dunia, menyebut semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula seseorang berisiko terkena kanker yang berhubungan dengan pencernaan.

Nah, itulah beberapa makanan penyebab kanker otak yang perlu anda waspadai. Mulai saat ini kurangi konsumsi makanan tidak sehat, perbanyak olahraga dan konsumsi sayuran, buah dan makanan sehat tanpa pengawet. Terimakasih, semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...