Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Hati Ini Bisa Jadi Menu Pilihan

makanan untuk memperbaiki fungsi hati
Ilustrasi makanan untuk memperbaiki fungsi hati. Foto: Istimewa

Ada banyak pilihan makanan untuk memperbaiki fungsi hati. Terganggunya fungsi hati bukan saja berbahaya untuk tubuh, namun juga bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya lainnya yang patut diwaspadai. Hati merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi sangat vital.

Fungsi hati bukan hanya menyaring zat-zat yang masuk ke dalam tubuh, namun juga membuang racun dari dalam tubuh. Hati juga berperan dalam produksi protein dan energi tubuh.

Selain itu hati juga membuat darah yang dibutuhkan organ lainnya bersih, sehat dan bebas zat berbahaya. Sebaiknya, timbulnya gangguan fungsi hati justru bisa memicu berbagai risiko penyakit berbahaya.

Gangguan terhadap hati bisa disebabkan banyak faktor. Mulai dari gaya hidup tak sehat, asupan makanan tidak sehat, hingga lingkungan yang buruk. Sebaliknya, asupan makanan yang baik juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatannya.

Jenis Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Hati

Memilih makanan yang dikonsumsi merupakan tahapan penting untuk menjaga kesehatan hati dan tubuh. Asupan makanan yang kaya nutrisi serta dibutuhkan hati akan membuat fungsi hati lebih optimal dalam bekerja.

Begitu juga dengan makanan yang masuk ke tubuh yang mudah disaring dan dicerna juga akan membuat kerja hati semakin mudah. Kerja yang tidak memberatkan akan membuat hati mampu menjalankan fungsinya secara baik.

Karena itu sangat penting menjaga kesehatan dan fungsi hati. Salah satu caranya adalah dengan memilih asupan makanan. Berikut ini daftar selengkapnya.

Minyak Zaitun

Zat yang terkandung di dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menghilangkan zat kimia dalam tubuh secara alami. Minyak ini juga dapat membantu hati untuk menyerap racun dengan lebih baik.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam menu masakan sehat anda. Untuk menjaga kesehatan hati sebaiknya hindari minyak-minyak jenuh yang selama ini anda gunakan.

Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan makanan untuk memperbaiki fungsi hati karena banyak mengandung antioksidan. Bahkan sifat anti inflamasi rempah ini berguna untuk membantu mengeluarkan zat racun dari tubuh.

Untuk kesehatan hati sebaiknya gunakan minimal 4 siung bawang putih dalam masakan Anda setiap harinya. Selain akan menguatkan fungsi hati, bawang putih juga akan membuat makanan terasa lebih sehat dan sedap.

Minyak Sayur

Minyak sayur diketahui mengandung protein nabati yang dapat membantu fungsi hati dalam menangkal radikal bebas dan racun yang bisa mengganggu kerja menjadi berat. Selain itu minyak sayur lebih sehat untuk tubuh dan hati.

Brokoli

Brokoli juga termasuk makanan untuk memperbaiki fungsi hati yang sangat berguna. Selain kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan, sayuran ini efektif untuk menjaga kesehatan hati.

Untuk memperoleh manfaat brokoli yang optimal sebaiknya rebus sayuran ini dalam air garam sekitar 3 menit dan tinggal dikonsumsi. Anda juga bisa dengan mencelupkannya dalam mayonise.

Pepaya

Buah pepaya juga diketahui kaya dengan nutrisi yang berkhasiat dalam membuat pencernaan menjadi lancar. Hal ini tentunya akan membuat kerja hati menjadi ringan. Konsumsi rutin makanan yang baik untuk hati dan kesehatan tubuh.

Asparagus

Asparagus juga termasuk makanan untuk memperbaiki fungsi hati yang direkomendasikan. Di dalam sayuran ini terdapat zat yang mengandung fitokimia yang berfungsi membersihkan organ ginjal dan hati secara alami.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang berguna untuk memperbaiki fungsi hati dalam menyaring zat racun makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konon rasa pahit teh hijau itulah yang menjadi filter alami dalam proses penyaringan zat racun.

Untuk membuatnya, Anda bisa menyeduh teh hijau beberapa jumput ke dalam air panas. Kemudian nikmati secara perlahan agar proses pembersihannya dapat berjalan dengan baik.

Itulah berbagai jenis makanan untuk memperbaiki fungsi hati yang disarankan. Menjaga fungsi hati sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko terserang penyakit berbahaya. (R9/HR-Online)