Makanan untuk Panas Dalam dan Radang Tenggorokan yang Ampuh

makanan untuk panas dalam
Makanan untuk panas dalam. Foto: Istimewa

Mengkonsumsi makanan untuk panas dalam bisa menjadi pilihan terbaik mengatasi gangguan penyakit ini. Panas dalam maupun radang tenggorokan sangat umum dialami banyak orang. Gejala ini pun perlu segera diatasi.

Dunia medis ternyata tidak mengenal istilah panas dalam. Kondisi ini bukanlah penyakit melainkan gejala dari penyakit yang menyerang tenggorokan. Apalagi saat suhu tubuh diukur biasanya normal dan tidak naik.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya panas dalam. Konsumsi makanan panas, pedas dan dingin yang tidak seimbang bisa menyebabkan kondisi ini. Begitupun dengan lingkungan yang buruk, seperti cuaca terik dan polusi.

Selain makanan untuk panas dalam, juga terdapat makanan yang menjadi penyebab panas dalam. Makanan itu biasanya yang dimasak atau dibuat dengan suhu tinggi.

Seperti gorengan, daging bakar, makanan berbumbu pekat, makanan pedas, hingga durian atau cokelat.

Namun menurut kalangan medis, panas dalam merupakan gejala awal dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejala ini juga merupakan tanda melemahnya kekebalan tubuh.

Tetapi memilih mengkonsumsi makanan untuk panas dalam sangat dianjurkan guna menangkal timbulnya gejala tersebut.

Gejala panas dalam bisa berkaitan dengan beberapa penyakit, seperti iritasi tenggorokan, infeksi saluran napas atas (ISPA), ataupun karena naiknya asam lambung atau refluks asam lambung.

Makanan untuk Panas Dalam yang Direkomendasikan

Panas dalam bisa menimbulkan gangguan lain seperti sariawan, bibir pecah-pecah, batuk, sakit tenggorokan, sembelit dan lainnya. Berikut ini berbagai makanan untuk panas dalam yang direkomendasikan untuk mengatasinya.

Wortel

Wortel merupakan sayur untuk panas dalam yang sangat dianjurkan. Selain kaya dengan vitamin C, sayuran ini juga tinggi serat yang sangat efektif untuk mengatasi panas dalam dan radang tenggorokan.

Belimbing

Buah berbentuk bintang ini termasuk makanan untuk panas dalam karena kaya vitamin C. Untuk mengatasi panas dalam dan tenggorokan sakit makan langsung buah ini ataupun dibuat jus dengan menambahkan madu.

Jahe dan Madu

Rimpang yang multi guna ini bukan saja ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh, namun juga efektif mengusir virus atau bakteri yang menyerang tenggorokan. Minum jahe ditambah madu agar lebh efektif.

Yogurt

Yogurt juga merupakan makanan untuk panas dalam yang efektif karena mengandung anti oksidan dan kalsium yang ampuh menjaga pencernaan. Minuman ini juga efektif meredakan makanan penyebab panas dalam dan peradangan pada tenggorokan.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis ditambah madu juga merupakan minuman obat panas dalam yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Buah ini kaya vitamin C, mineral dan senyawa aktif yang ampuh mengatasi panas dalam, tenggorokan sakit dan batuk.

Sirsak

Buah sirsak diketahui juga kaya dengan vitamin C yang baik untuk mengatasi panas dalam dan sakit tenggorokan. Makanan untuk panas dalam ini enak dimakan langsung ataupun dibuat jus. Lakukan hingga gejala sakitnya hilang.

Apel

Buah apel yang mengandung vitamin C dan serat ampuh juga untuk meredakan panas dalam. Jika Anda mengalami panas dalam segera saja makan buah untuk panas dalam dan radang tenggorokan ini.

Jambu Monyet

Buah unik ini juga termasuk makanan untuk panas dalam yang cukup ampuh. Selain kaya dengan vitamin C, buah jambu monyet juga banyak mengandung serat yang baik mengatasi panas dalam dan radang tenggorokan.

Pisang

Pisang termasuk buah untuk panas dalam dan radang tenggorokan yang ampuh. Buah ini kaya vitamin C, B6, kalium yang sangat baik mengembalikan kekebalan tubuh sekaligus meredakan ketegangan tubuh akibat panas dalam.

Itulah berbagai pilihan makanan untuk panas dalam yang sangat direkomendasikan. Namun jika setelah mengonsumsi makanan ini panas dalam tidak kunjung reda segera periksakan ke dokter agar tidak makin parah. (R9/HR-Online)

Loading...